Tuesday, December 17, 2013

CARA MENYUSUN SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) BAGI GURU MATA PELAJARAN/GURU KELAS DAN KEPALA SEKOLAH


Diberlakukannya PP No 46 Tahun 2011 dan Perka BKN No 1 Tahun 2013 mulai tanggal 1 Januari 2014 yang menitik beratkan tentang Penilaian  prestasi  kerja  PNS  terdiri dari  sasaran  kerja  pegawai  (SKP) dan  perilaku kerja PNS (PKP).
Penilaian  prestasi  kerja  PNS merupakan format penilaian baru atau sebagai pengganti Daftar  Penilaian  Pelaksanaan  Pekerjaan Pegawai  Negeri  Sipil atau yang kita sebut dengan istilah DP3.
Nilai Prestasi Kerja PNS ini dihitung dengan rumus = 60% dari Nilai SKP + 40% dari Nilai PKP. Adapun yang dimaksud Sasaran Kerja Pegawai (SKP) adalah adalah  rencana  kerja  dan  target  yang  akan  dicapai  oleh seorang PNS dibuat pada setiap awal bulan Januari.
Bila PNS yang tidak menyusun SKP berdasarkan PP No 46 Tahun 2011, sebagaimana dimaksud dalam Pasal  5  dijatuhi  hukuman  disiplin  sesuai  dengan  ketentuan peraturan  perundang-undangan  yang  mengatur  mengenai disiplin PNS.
Sedangkan yang dimaksud Perilaku  Kerja PNS (PKP) adalah  setiap  tingkah  laku,  sikap  atau tindakan yang dilakukan oleh PNS atau tidak melakukan sesuatu  yang  seharusnya  dilakukan  sesuai  dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Aspek perilaku yang dinilai mencakup 1) Orientasi Pelayanan ; 2) Integritas, 3) Komitmen 4) Disiplin; 5) Kerjasama; dan 6) Kepemimpinan.
Berikut ini saya share bagaimana menyusun SKP bagi guru mata pelajaran/guru kelas atau kepala sekolah. Dalam contoh SKP ini untuk Angka Kredit Guru ini diambil dari PERKA BKN No 1 Tahun 2013.

CONTOH SASARAN  KERJA PEGAWAI
GURU MATA PELAJARAN/GURU KELAS 























CONTOH  SASARAN  KERJA PEGAWAI
KEPALA SEKOLAH 

Demikian posting yang singkat ini ditulis semoga bermanfaat bagi para guru-guru yang seprofesi dengan saya, bila ada kurang mohon tinggalkan komentarnya.



22 comments :

  1. Apa gk over tuh pak nilainya. Asumsinya setahun loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya pada blog sederhana ini, apa yang saya tulis di SKP itu adalah rencana kerja selama satu tahun. pada akhir tahun nanti akan dinilai apakah sasaran yang disusun pada awal tahun tersebut terlaksana atau tidak. ada form penilaian capaian sasaran kerja PNS disana ada target sesuai dengan SKP yang disusun dan realisasinya berapa baik dari segi kuant/output, kual/mutu, waktu dan biaya. Lebih lengkapnya lihat contoh Penilaian Capaian Sasaran Kerja PNS. http://www.mediafire.com/view/1728b2wraf83ql8/Penilaian%20Capaian%20Sasaran%20Kerja%20PNS.xlsx

      Delete
    2. Halo mas ruslan, boleh minta contoh skp kepala sekolah ?

      Delete
    3. berhubung belum sempat posting contoh SKP Kepala Sekolah, pada reply ini saya hanya melampirkan link download Contoh SKP Kepsek..silahkan mas Arief download pada Link berikut.https://www.mediafire.com/?d5ah2d8sussv45b. semoga membantu dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
    4. Mas, dlm permenpan RB No.16 2009, Lampiran I, Rincian Kegiatan Guru & Angka Kredit.pd salah satu item kegiatan; Merencanakan & melaksanakan Pembelajaran. di kolom angka kredit tertulis PAKET, apa maksudnya. Tp di contoh SKP yg anda buat, ada angka kreditnya : Melaksanakan penyusunan prog. pengajaran (tiap semester AK 2,498) angka itu dimana didapat mas?

      Delete
    5. Kalau boleh sy minta no. HP mas ruslan

      Delete
    6. Memang betul di Lampiran I Permenpan RB No 2009 tidak ditulis AKnya karna penghitungannya sistem paket. Nilai AK itu saya berpedoman pada PERKA BKN No 1 Tahun 2013 di halaman 16. silahkan anda lihat. Semoga membantu terima kasih. Baca juga artikel tentang cara penghitungan PAK Guru/PK Guru.

      Delete
  2. aslm...maaf itu angka kreditnya ambil darimana? kok banyak banget ya setahun nya....terutama yang proses perencanaan sampai analisis penilaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai angka kreditnya berpedoman pada Peraturan Perka BKN No 1 Tahun 2013 Halaman 16 dan Permenneg Pan No 16 tahun 2009 lampiran I..
      Download Perka BKN 1 tahun 2013 https://www.mediafire.com/?fkvv4t7xyvl1wdr
      Download Permenneg Pan No 16 tahun 2009 https://www.mediafire.com/?r7lim7nfxplaqdo
      Semoga membantu.

      Delete
  3. boleh minta contoh file untuk kepala sekolah gak pak..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan download file contoh SKP Kepala sekolah pada link berikut......https://www.mediafire.com/?d5ah2d8sussv45b.

      Delete
  4. Trimakasih infonya pak. Sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya dan kunjungannya.

      Delete
  5. sangat membantu sekali. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kinerja PNS lebih baik dan lebih profesional.

      Delete
  6. aslmlkm pak, untuk menilai angka kreditnya apakah nilai dari kuantitas, kualitas, waktu dan biaya di gabung atau gimana? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai kuantitas, kualitas, wktu dan biaya pada SKP itu adalah nilai Capaian SKP yang kita susun tiap awal tahun dan akan nilai oleh tim penilai pada akhir tahun, mengenai nilai tergantung dari tim penilian, posting ini adalah contohnya, nilai-nilau tsb menggunakan rumus, sebagai panduan sobat bisa lihat pada PERKA BKN No 1 2013. Sedangkan nilai AK didapatkan dengan pedoman Permenpan no 16 tahun 2009 dan hasil PK Guru.

      Delete
  7. menyambung pertanyaannya mas arief, di Perka BKN hal 16 itukan untuk golongan IIIc. Apakah untuk golongan IIIa angka kredit Melaksanakan penyusunan prog. pengajaran tiap semester juga 2,498?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenjang sama pak....coba bpak lihat di Permepan tahun 2009 pada lampiran 1.

      Delete
  8. Sorry pak, mo komentar nich! klu buat contoh skp jangan pakai yang BKN buat, sebab AKnya tu dah gak laku tahun 1993 kok digunakan. Pakai yang baru Permenpan & RB No. 16 tahun 2009, palagi dalam buku BKN tuh hanya contoh n nilai AKnya klu satu tahun over pak! betul kata kata pak Mushlihin, buat AK paket seperti kata pak Ruslan aja. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas masukan dan sarannya

      Delete