Menggambar Flora, Fauna dan Alam Benda
Gambar merupakan bahasa yang universal yang dikenal jauh sebelm manusia
mengenal tulisan. Gamabar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Gambar
merupakan aktifitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan
tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dengan
perasaan melalui gambar, pensil, balpoin, krayon, dan alat lain yang dapat
digunakan untuk menulis.
Menggamabr dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang
melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan
memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
2. Objek Menggambar.
Menggambar tidak
terpaku pada satu macam objek saja tetapi bias mengambil dan menyusun
objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan . Objek gambar bias diambil
dari alam seperti flora(tumbuhan) fauna(hewan) dan bentuk-bentuk yang dibuat
manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam seperti batu, air dan awan.
3. Komposisi
Penempatan objek gambar
sebenarnya dapat disusun sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang peserta
didik memiliki. Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya peserta didik harus
menentukan jenis benda yang kan di gambar. Benda yang lebih besar tidak boleh
menutupi benda yang lebih kecil.
Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua bentuk, yaitu: simetris dan asimetris. Komposisi simetris yaitu objek gambar yang memiliki proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama persis. Sedangkan komposisi asimetris yaitu objek gambar yang memiliki proporsi bentuk yang sama, tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan keindahan.
4. Teknik
Proses
menggambar yang sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan cara yang
sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah
sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan
keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat
menggambar sebagai berikut.
1.
Mengetahui
bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
2.
Mengetahui
bagian-bagian dari objek gambar,
3.
Menyusun
atau menyambung bagian-perbagian menjadi gambar yang utuh.
4.
Memberi
dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
5.
Memberi
kesan untuk latar belakang
Pertama kali menggambar sebaiknya
tidak perlu tergesa-gesa untuk memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan
objek yang di gambar. Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai
menguasai betul dasar bagian-bagian dari objek yang digambar. Mulailah berlatih
dari bentuk flora, fauna, dan benda buatan manusia yang paling sederhana dan
bias di gambar.
Flora (tumbuhan) memiliki banyak
bentuk dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan sebagai objek gambar seperti
gambar bentuk daun, bunga, dan buah. Bagian flora seperti daun, menjadi satu
rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman keanekaragaman bentuk
dan jenis flora yang ada disekitarmu sehingga peserta didik bisa menjaga
sekaligus melestarikannya
a. Teknik Menggambar Flora (Tumbuhan)
Flora (tumbuhan) memiliki banyak bentuk dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan sebagai objek gambar seperti bentuk daun, bunga, dan buah. Bagian flora seperti daun,bunga, dan buah dapat juga digambar terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman bentuk dan jenis florayang ada di sekitarmu sehingga peserta didik bisa menjaga sekaligus melestarikannya.Contoh menggambar bunga mawar dan kamboja Jepang
Flora (tumbuhan) memiliki banyak bentuk dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan sebagai objek gambar seperti bentuk daun, bunga, dan buah. Bagian flora seperti daun,bunga, dan buah dapat juga digambar terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman bentuk dan jenis florayang ada di sekitarmu sehingga peserta didik bisa menjaga sekaligus melestarikannya.Contoh menggambar bunga mawar dan kamboja Jepang
b. Teknik Menggambar Fauna.
Fauna (hewan) memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki 4, seperti
sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek. Ada hewan yang hidup di
air dan didarat. Hewan juga ada yang bersifat galak dan jinak. Setiap hewan
memiliki bentuk badan yang berbeda-beda. Peserta didik bisa menggambar hewan
mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya.
Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar hewan agar lebih
mudah darn bentuknya di awali dengan sketsa
Contoh menggambar itik |
c. Menggambar Alam Benda.
Menggambar alam benda disebut juga menggambar bentuk. Alam benda terdiri atas
buatan manusia dan benda sudah terbentuk dari alam. Alam benda buatan manusia
dapat berupa kendi, piring, mangkok, gelas dan beberapa beraneka ragam
bentuknya. Alam benda yang terdapat di alam seperti batu, batang kayu, air, dan
juga awan.
Pada saat menggambar bentuk, sebaiknya peserta didik memperhatikan beberapa hal
berikut:
1.
Proporsi bentuk
benda yang akan di gambar.
2.
Komposisi
dalam meletakkan benda.
3.
Cahaya yang
menyinari objek gambar dan akan membentuk bayangan.
4.
Penggunaan
arsiran atau warna yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi.
5. Alat Dan Media Gambar
Sebagai sarana belajar menggambar
alat dan media yang memiliki banyak fariasi dan macamnya. pesertA didik bisa
mengguna pensil dengan bahan grafik, pinsil warna bolpoin dan crayon. Setiap
alat dan media tersebut memiliki karakter yang berdeda.Beberapa macam alat dan media
gambar sebagai beikut:
a. Pensil
dibedakan menjadi dua jenis.Pertama jenis pensil dengan tanda “H” memiliki
tingkat kehitaman yang tipis, kedua jenis pinsil dengan tanda “B”
memiliki tingkat kehitaman yang tipis
b. Pensil Warna
Pensil warna memiliki variasi warna yang cukup banyak.
Pensil warna dapat menghasilkan warna yang lembut. Peserta didik bisa
menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi, yaitu
pemberian warna dari arah yang gelap berlanjut ke arah yang lebih terang atau
sebaliknya.
c.
Krayon
Bentuk krayon ada dua jenis yaitu dalam bentuk pensil
dan batangan. Kedua jenis bentuk krayon ada yang berbahan lunak dan keras.
Krayon dengan bahan lunak tidak banyak mengandung minyak sehingga dapat
dibaurkan dengan menggunakan tangan. Kesan warna yang dihasilkan dari kedua
jenis krayon ini dapat menimbulkan kesan lembut maupun cerah.
d. Balpoin
Selain digunakan untuk menulis bolpoin juga dapat
digunakan untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat
dan umumnya berupa arsiran.
e. Kertas
Gambar
Menggambar
sebenarnya tidak membutuhkan kertas khusus. Pada umumnya, kertas yang digunakan
berwarna putih meskipun ada juga yang menggunakan kertas berwarna cokelat dan
hitam.Kertas gambar juga memiliki tekstur yang berbeda. Ada kertas yang
bertekstur halus dan kasar. Selain menggunakan kertas, menggambar juga dapat
dilakukan dengan bahan tekstil seperti kain sutra, kain blacu, dan kain mori.
Untuk materi berupa power point (Media Pembelajaran intraktif/MPI) bisa anda download disini. Demikian posting bahan ajar Seni Budaya untuk kelas VII kurikulum 2013 ini semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Menggambar Flora, Fauna dan Alam Benda"