Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Konversi Nilai Ulangan Harian, UTS, UKK, UAS dll dengan Kalkulator di HP Android

Cara Sederhana Konversi Nilai Ulangan Harian, UTS, UKK, UAS dll dengan Kalkulator di HP Android- Umumnya dalam pengolahan nilai terutama konversi nilai hasil ulangan harian, mid atau UTS, UKK, UAS dan seterusnya selalu kita menggunakan aplikasi berbasis excel. 

Karna cara kerjanya memang sangat mudah dan cepat serta pengolahannya otomatis. Namun tidak selamanya kita memegang atau berhadapan dengan PC maupun laptop ketika mengolah nilai. Atau diantara sahabat guru belum menguasai bagaimana cara mengkonversi nilai bila menggunakan aplikasi berbasis excel.
 
Sementara salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh seorang guru adalah pengolahan nilai. Dalam pengolahan nilai ini beberapa Bapak Ibu guru termasuk penulis seringkali dihadapkan dengan masalah  banyak siswa yang memperoleh nilai ulangan jelek (dibawah KKM). 

Memang kewajiban guru untuk menuntaskan nilai dibawah KKM tersebut. Berbagai macam cara dilakukan dari mengulang pelajaran, mempermudah soal remidi, memberikan tugas, sampai harus mengkonversi hasil ulangan tersebut.  

Jeda waktu Ulangan Semester dengan penyerahan nilai rapor biasanya tidak kurang dari 5 hari, cukup pendek untuk pengolahan nilai, hal ini juga menjadi kendala bagi guru dalam pengolahan nilai.
 
Berangkat dari permasalahan diatas Berikut kami share tip sederhana mengkonversi nilai sehingga kita dengan cepat dapat mengubah nilai seperti yang kita inginkan. 

Tips Pengolahan konversi nilai ini mencoba menggunakan kalkulator hp android  atau sejenisnya. Penulis menggunakan Samsung Galaxy J5 Prime .
Tampilan kalkulator di HP Android Samsung Galaxy J5 Prime
 Rumus konversi nilai
x+(y-a)×b/c
 
Dimana:
x  = nilai konversi terendah yang kita inginkan, misal 70
y   = nilai asli yang akan dikonversi, misal nilai siswa 50
a   = nilai asli terendah, misal nilai terendah dari seluruh siswa 20
b   = rentang nilai konversi yang diinginkan (nilai tertinggi – nilai terendah), misal nilai konversi tertinggi 90, maka b-x jadi 90 – 70 = 20
c   = rentang nilai asli (nilai tertinggi – nilai terendah), misal nilai tertinggi dari seluruh siswa 88, maka c – a jadi 88 – 20 = 68
 
Mari kita coba praktikkan Rumus di atas pada kalkulator di HP android atau sejenisnya :
 
Misalkan:
1.      Jumlah siswa seluruhnya 150 anak
2.      Nilai asli tertinggi 88
3.      Nilai asli terendah 20
4.     Maka Rentang nilai asli = 88 – 20 = 68 (lihat rumus diatas)
 
Sedangkan kita akan menginginkan nilai yang akan dikonversi sebagai berikut :
1.      nilai terendah 70
2.      nilai tertinggi 90
3.      maka rentang nilai konversi = 90 – 70 = 20. (lihat rumus diatas)
 
Kita aplikasikan pada rumus menjadi :
x+(y-a)×b/c
70 + (50 – 20) × 20÷68 = 78.8
 
Dan ini hasilnya dengan hitungan kalkulator

Selanjutnya Anda tinggal mengganti nilai perolehan siswa tanpa menekan “ = “ seperti contoh gambar diatas.
 
Nah mudah kan ? Cara konversi nilai siswa hanya dengan Kalkulator HP Android Anda dapat menyelesaikan salah satu tugas Anda sebagai guru. Andapun dengan santai mengerjakannya, sambil duduk-duduk mengoreksi hasil ulangan siswa ditemani dengan telpon genggam pengolahan nilai jadi tuntas. 

Demikian postingan ini selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Konversi Nilai Ulangan Harian, UTS, UKK, UAS dll dengan Kalkulator di HP Android"