Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GAMBAR ILUSTRASI


A.    Pengertian Gambar Ilustrasi
Sering kita dapati gambar yang sesuai dengan isi cerita. Dengan adanya gambar tersebut, dapat lebih jelas menerima maksud yang diceritakan pengarangnya. Jika para siswa memiliki angan-angan atau pengalaman yang mengesankan, ceritakan dalam bentuk tulisan dan ditambah dengan gambar. Cerita yang berasal dari angan-angan tersebut apabila disertai gambar yang sesuai teks akan lebih mudah diterima atau maksudnya oleh pembaca. Gambar yang demikian disebut gambar ilustrasi. "Ilustrasi gambar adalah gambaran singkat alur cerita suatu cerita guna lebih menjelaskan salah satu adegan" (Kusmiyati,1999:46). Secara umum ilustrasi selalu dikaitkan dengan menjelaskan sebuah cerita.
Gambar ilustrasi adalah gambar atau bentuk visual lain yang menyertai suatu teks, tujuan utama dari ilustrasi adalah memperjelas naskah atau tulisan dimana ilustrasi itu dikumpulkan (Ensiclopedia Americana,1990,No;14:787). Dengan demikian gambar ilustrasi adalah gambar yang dimanfaatkan untuk memberikan penjelasan atau pengertian. Namun, ada pula seni ilustrasi yang hanya sebagai lambang tertentu. Gambar ilustrasi bertujuan untuk mewujudkan gambaran yang ada dalam angan-angan atau isi hati (ide) sehingga memperoleh bentuk gambar yang nyata (visualisasi).
Gambar ilustrasi dimulai dengan adanya upaya untuk menggunakan grafis sebelum tulisan, yang ingin sekedar bernilai tanda atau untuk memenuhi kepuasan estetis, merupakan pengganti kata-kata dan pengesahan lisan. Dinding pada gua Lascaux, belum mengandung sandi yang membentuknya menjadi bahasa, tetapi sudah menunjukan sebuah pesan sehingga upaya untuk menorehkan gagasan-gagasan kepada mereka dalam gambar-gambar yang bersifat simbolik atau magis.
Prof. Wilbur Schram menyebutkan bahwa "We can not not communication” (Effendy,2000:1). Komunikasi adalah kebutuhan yang sangat fundamental bagi seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor untuk mempertahankan kelangsungan hidup adalah hal yang mendorong manusia untuk berkomunikasi. Gambar ilustrasi merupakan sebuah cara komunikasi antara komunikasi seseorang dengan orang lain, sekalipun di dalam masyarakat primitif yang berusaha mengungkapkan isi cerita melalui gambar.
Bukti kecakapan ini ditandai dengan ditemukannya tanah liat yang bertulis di Simeria dan Mesopotamia sekitar 4000 SM, kemudian berlanjut dengan ditemukannya berbagai tulisan dikulit binatang dan batu arca lalu berturut-turut dapat disebutkan pemakaian huruf di Mesir, alfhabet di Phunisia, huruf Yunani kuno, huruf latin, percetakan buku pertama di China, pemakaian tinta dan kertas di Persia dan Eropa sekitar abad 12.
Masa ini mencapai kejayaan ketika Guttenberg berkebangsaan Jerman berhasil menemukan mesin cetak pertama di dunia pada tahun1940. Sehingga penemuan ini dianggap awal revolusi komunikasi. Sehubungan dengan keterampilan mencetak ini terbuka kesempatan baru hingga manusia dapat untuk berkomunikasi dengan jumlah orang yang lebih banyak.
Pada masa kekaisaran Romawi, beberapa naskah romawi yang bertahan dari abad ke empat, menunjukan bahwa ilustrasi, gambaran lebih penting dari pada dekorasi. Lalu pada periode selanjutnya pengenalan percetakan pada abad ke XV mampu menjangkau pembaca-pembaca yang baru dan lebih luas yang sering memerlukan satu gambar untuk memperjelas teks.
Masa-masa Art Neveau dan Avant garde di Barat, adalah masa-masa ilustrasi berkembang pesat di tengah dunia industrialisasi hingga masa perang dunia II, kampanye-kampanye menghasilkan propaganda politik banyak ditemukan (Ensiclopedia Americana 1990,No;14:788)
Pada saat ini peranan ilustrasi sangat bermanfaat bagi perkembangan periklanaan khususnya pada media cetak dan televisi. Ilustrasi menjadi berkembang dan menjadi sebuah fenomena yang mewarnai dunia periklanan bersamaan dengan elemen-elemen lain seperti tipografi, layout, advertising dan lainnya.
Dalam proses belajar mengajar ilustrasi merupakan bagian yang paling menarik untuk belajar melalui gambar-gambar, dari hasil penelitian Seth Spaulding (Sudjana,2001:12). Menyimpulkan ilustrasi gambar sebagai berikut:
Ilustrasi gambar merupakan perangkat pelajaran yang sangat menarik minat belajar siswa
Ilustrasi gambar membantu siswa membaca dalam penafsiran dan mengingat isi materi teks yang menyertainya
Pada umumnya anak-anak lebih menyukai setengah atau sehalaman penuh bergambar disertai beberapa petunjuk yang jelas.
Ilustrasi gambar harus dikaitkan dengan kehidupan yang nyata, agar minat para siswa menjadi efektif
Ilustrasi gambar hendaknya ditata sedemikian rupa.
Ilustrasi sangat diperlukan dalam dunia ilmu pengetahuan karena sering juga gambar lebih jelas dari pada kata-kata. Oleh karena itu ada ungkapan “sebuah gambar lebih berarti dari pada seribu kata”.
Gambar ilustrasi termasuk seni terapan yang banyak dijumpai di buku, majalah, Koran, tabloid, media massa atau media cetak lainnya.
Gambar ilustrasi memiliki berbagai macam jenis, antara lain :
a.     Gambar realis, yaitu gambar yang menceritakan keadaan sebenarnya. Misalnya, gambar manusia dibuat seperti kenyataannya.
b.    Gambar kartun, yaitu gambar dengan penampilan lucu.
Berikut ini akan dikembangkan menggambar ilustrasi berdasarkan berbagai objek kesenian Nusantara (daerah setempat). Ada dua tugas dari menggambar ilustrasi, yaitu membuat gambar ilustrasi berdasar cerita Nusantara (daerah setempat siswa) dan membuat gambar ilustrasi berdasar keragaman karya seni Nusantara (daaerah setempat siswa).
Diperlukan pemahaman fungsi, syarat, tan teknik menggambar ilustrasi agar gambar yang dihasilkan baik. Kemudian, dilanjutkan dengan latihan-latihan menggambar ilustrasi dasar berupa tumbuh-tumbuhan, binatang, dan manusia.
B.    Fungsi Gambar Ilustrasi
Gambar ilustrasi berfungsi, antara lain sebagai berikut :
1.     Menarik perhatian orang sehingga pembaca tertarik membaca buku, majalah atau cerita yang disajikan.
2.     Memberikan gambaran sekilas tentang isi cerita atau karangan yang dimaksud.
3.     Memberikan tambahan pengalaman dan mengungkapkan pengalaman sendiri dengan melihat gambar ilustrasi yang disajikan.
4.     Melengkapi dan mempelajari jalan cerita yang diutarakan terutama cerita gambar bersambung (komik).
5.     Menyampaikan kritik, saran, atau sindiran dalam gambar (ilustrasi karikatur).
C.    Syarat Gambar Ilustrasi
Syarat gambar ilustrasi yang baik, antara lain sebagai berikut :
1.     Goresan garis atau sapuan berwarna tegas sehingga dapat memberikan gambar ilustrasi yang mudah ditangkap atau diterima maksudnya.
2.     Gambar ilustrasi dapat menarik perhatian, menyenangkan, dan mempermudah penerimaan maksud gambar.
3.     menonjolkan gambar yang penting untuk disampaikan kepada pembaca agar inti cerita muda dimengerti dan dapat diterima.
4.     gambar ilustrasi disesuiakan dengan isi cerita atau maksud tulisannya.
D.    Teknik Menggambar Ilustrasi
Teknik menggambar ilustrasi, antara lain sebagai berikut :
1.     Teknik arsir yaitu teknik berupa garis-garis, silang, atau menyilang
Gbr. Ilustrasi Teknik Arsir
2.     Teknik blok yaitu teknik gelap-terang warna atau tinta dengan blok
Gbr. Ilustrasi teknik blok
3.     Teknik blok dengan nuansa adalah teknik blok dicampur dengan nuansa atau tebal-tipis warna atau tinta (warna kelabu).
Gbr. Ilustrasi Teknik Blok Nuansa
4.    Teknik dusel adalah teknik warna yang digoreskan atau disapukan kemudian digosok dengan alat dusel.
Gbr.Ilustrasi teknik dusel
5.     Teknik Pointilis adalah teknik untuk memperoleh gelap-terang dengan menggunakan titik-titik.
Gbr. Tekknik Pointilis
6.     Teknik Transparan adalah teknik campuran warna tipis, tembus cahaya, atau warna permukaan kertas masih tampak.
7.    Teknik Plakat adalah teknik pewarnaan tebal atau warna kental, menutup warna dasar kertas.


Daftar Pustaka ;

*  Deri Robins. 2007. Menggambar dan Membuat Sketsa. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
*   Sukimin A.W, Edy Sutandur. 2007. Trampil Berkarya Seni Rupa 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
*      Id.wikipedia.com
*      khanzaku.wordpress.com
*      Google.com


Posting Komentar untuk "GAMBAR ILUSTRASI"