Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kerajinan Khas Lombok


Kerajinan Khas Lombok. Berikut beberapa kerajinan khas Lombok yang terkenal sampai ke mancanegara.
      1.       Gerabah dari tanah liat

Banyak ditemukan di daerah Desa Banyumulek Lombok Barat, Penujak Lombok Tengah dan Masbagek di Lombok Timur. Masing-masing daerah mempunyai kekhasan sendiri dalam produksi gerabah.


      2.       Tenun Songket


Terletak di Desa Sukarere Lombok Tengah salah satu kampung penghasil Tenun tradisional dengan motif dn corak yang indah, menarik serta menjadi bah bibir.
      



      3.       Cukli

Kerajinan yang satu ini terbuat dari kayu kemudian ditambahkan hiasan menggunakan potongan-potongan mutiara. Kerajinan cukli ini banyak ditemukan di Desa Rungkang dan Lendang Re  Sayang-sayang Kota Mataram.
     


      4.       Berbagai macam ukiran kayu


Kerajinan ini tertelah di Labuapi Lombok barat. Ukiran kayu ini beraneka ragam bentuk diantaranya topeng, baki telinga, lemari katalog, gitar dan hiasan interior lainnya.
      


      5.       Kerajinan Rotan


Banyak ditemukan di Beleka Lombok Tengah
      




      6.       Kerajinan Bambu



Kerajinan bambu dijumpai di Loyok Kecamatan Sikur Selong Lombok Timur. Kerajinan bambu banyak menghasilkan tas, hiasan dinding, tatakan gelas, piring, asbak, hiasan lampu dan sebagainya
      



      7.       Kerajinan Ingke

Kerajinan ini disebut juga dengan piring lidi. Pada masa sekarang ingke banyak digunakan untuk hidangan resepsi karna penggunaannya praktis dibanding penggunaan piring. Kerajinan ingke dijumpai di Medana kecamatan tanjung Lombok Utara.
      

      8.       Mutiara



Kerajinan mutiara terkenal banyak dijumpai di Sekarbela dan Karang Genteng Kota Mataram

Posting Komentar untuk "Inilah Kerajinan Khas Lombok"