Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Celengan Unik dari Pelepah Pisang

Jumpa lagi di ruslanwahid.blog's, pada kesempatan ini kami akan share salah satu video cara membuat kerajinan yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari yaitu cara membuat celengan menggunakan kulit pelepah pisang kering.

Dalam video singkat ini ditanyangkan cara pembuatannya mulai dari persiapan bahan, alat dan proses pembuatannya.

Adapun  bahan dan alat digunakan sederhana sekali, mudah didapatkan bahkan bahan ini bisa dikatakan sampah yang tidak dimanfaatkan yaitu terdiri dari pelepah pisang kering, kertas karton atau kardus bekas, pipa bekas ukuran lubang 3 inchi, lem kastol atau lem rajawali kuning, dan gunting.

Sedangkan proses pembuatannya secara garis besar, pertama-tama potong pipa dengan tinggi kira-kira 16 - 18 cm, kemudian buatkan alas dan bagian atas celengan menggunakan kertas karton, untuk bagian atas buatkan lubang sebagai tempat penyimpanan uang.

Siapkan pelepah pisang kering sesuai ukuran celengan, kemudian berikan lem pada pelepah pisang dan pipa, begitu juga dengan alas dan bagian atas celengan. Tunggu beberapa menit sampai semuanya mengering.

Setelah semuanya siap kemudian tempelkan alas bawah dan bagian atas celengan, dilanjutkan dengan menempel pelepah pisang keseluruh pipa, rapikan atau gunting sisa pelepah pisang yang tidak digunakan.



Untuk lebih jelasnya simak tutorial proses pembuatan celengan ini pada video diatas. Demikian selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Celengan Unik dari Pelepah Pisang"