Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Membuat Papan Nama/Plank Tanpa Sablon atau Percetakan

Kesempatan ini kami share bagaimana cara membuat papan nama yang disebut juga Plank tanpa menggunakan sablon dan percetakan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa papan nama dalam istilah seni rupa disebut name board yaitu merupakan salah satu bentuk iklan atau reklame berupa tulisan dan gambar yang dibuat menggunakan papan atau plat besi.

Papan Nama atau plank dibuat untuk memperkenalkan sebuah organisasi, instansi, perkantoran, pertokoan, gedung, pasar dan sebagainya.

Dengan adanya papan nama maka sebuah organisasi dan seterusnya orang mengetahuinya dan mengenalnya.

Namun seiring perkembangan teknologi dan informasi pembuatan papan nama yang dulunya dibuat secara manual, sekarang pembuatannya banyak didominasi dengan mesin percetakan atau sablon karna pengerjaannya cepat dan hasilnya pun bagus dipandang mata.

Walaupun demikian tidak jarang yang masih menggunakan secara manual karna beberapa kendala dan alasan diantaranya jauhnya tempat pembuatan secara sablon atau percetakan, mungkin daerah organisasi dan seterusnya berada dipedesaan. Hasilnya pun tidak kalah bagusnya dari hasil sablon.

Nah berikut ini kami mencoba memberikan tips cara membuat papan nama atau plank secara manual tanpa sablon sesuai pengalaman kami ketika mengerjakan plang beberapa hari yang lalu.

Cara Sederhana Membuat Papan Nama atau Plank Tanpa Sablon

A. Peralatan dan bahan yang dipersiapkan sebagai berikut;

- Kertas tebal seperti karton, Bufallo atau sejenisnya
- Silet atau cutter
- Gunting
- Isolasi kertas
- Cat kayu atau besi
- Thinner atau apduner
- Spon
- Lap/serbet
- Lem kayu
- Garisan besi
- Kuas lukis

B. Langkah-langkah pengerjaan

1. Buat desain tulisan dan gambar sesuai ukuran plank menggunakan komputer atau laptop, kemudian print menggunakan kertas karton atau buffalo. Bila tulisan banyak atau panjang hingga menghabiskan beberapa lembar kertas setelah diprint, sambung satu persatu menggunakan lem kayu.


2. Setelah desain atau mal plank selesai dikerjakan, selanjutnya lubangi tulisan dan gambar plank tersebut menggunakan silet atau cutter. Ketika melubangi usahakan huruf tidak terputus.


3. Berikut ini adalah contoh hasil mal plank yang telah selesai dilubangi.


4. Tempelkan mal di atas papan atau plat plank sambil mengatur jarak dan posisi mal. Kemudian siapkan cat sesuai warna diinginkan, selain cat siapkan juga spon. Spon dibentuk menyerupai bola, pada bagian bawahnya diikat dengan tali atau karet sebagai pegangan. Celupkan spon ke dalam cat, kemudian capkan diatas mal sedikit demi sedikit hingga merata.


5. Buka mal plank yang telah dicap secara merata. Lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.


6. Langkah selanjutnya melakukan finishing yaitu mengecat tulisan atau gambar yang masih terlihat putus seperti Anda lihat pada gambar diatas. Pada langkah ini Anda mengecat tulisan yang terlihat putus tersebut menggunakan kuas lukis. Lakukan secara bertahap hingga tulisan atau gambar plank sempurna.

Inilah contoh hasil papan nama/plank yang kami buat secara manual tanpa sablon dan percetakan. Bagaimana menurut Anda ? Hasilnya tidak kalah dengan cara cetak mesin..hehehe promo kali, ada minat buat plank hubungi aja langsung ke nomor kontak yang ada diprofil.


Nah itulah tips cara sederhana membuat papan nama atau plank tanpa sablon atau percetakan kami share kepada Anda. Mudah kan ! Tanpa susah-susah Anda dapat membuat plank dengan mudah walaupun secara manual. Selamat mencoba dan lihat juga video tutorialnya berikut ini.

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Membuat Papan Nama/Plank Tanpa Sablon atau Percetakan "