Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alhamdulillah ! Ini Gaji Pertama dari Google Adsense, Sebuah Pengalaman Pribadi....

Bahagia campur senang, itulah yang terasa pada diri saya setelah lama menanti pembayaran dari googleadsense dari pendapatan sebagai youtuber pemula.

Dengan Channel Ruslan Wahid yang saya buat pada tahun 2012, namun saya mencoba daftarkan ke googleadsense pada tahun 2016 dan beberapa kali dibanned oleh pihak youtube karna beberapa kesalahan yang tidak sengaja kita lakukan sendiri.
Contoh Surat PIN dari Google Adsense 2017
Tapi walaupun begitu saya tidak menyerah dan melakukan banding berkali-kali dan akhir diterima juga dan channelsayapun aktif kembali. Pada saat akun channeldibanned ternyata penghasilan yang telah kita dapatkan tetap seperti sediakala bahkan bertambah setelah aktif kembali.

Tepatnya pada tanggal 18 September 2017 saya coba iseng-iseng buka akun Google Adsense ternyata ada 3 notifikasi tertera pada dashboard, yang pertama notifikasi untuk verifikasi metode pembayaran, kedua notifikasi bahwa pembayaran sudah diambang batas perlu melakukan verifikasi alamat rumah, dan ketiga ternyata pihak googleadsense telah mengirimkan pin ke alamat pada saat kita daftar pertama kali sekitar pertengahan april 2016...udah lama juga yaaa...

Akhirnya pada saat itu juga sayapun segera melakukan verifikasi cara pembayaran saya pilih melalui rekening bank karna menurut pengalaman para youtuber senior sangat cepat dan aman. Setelah verifikasi rekening saya lanjutkan memperbarui alamat rumah, nama penerima dll dan langsung mengajukan permintaan PIN BARU.

Esoknya tanggal 19 September 2017 saya buka kembali akun adense untuk verifikasi ulang rekening dengan memasukkan nominal yang ditransfer pihak adesensedibawah 1000 rupiah ke rekening yang kita telah daftarkan. Selain itu ada pemberitahuan yang muncul yang dapat kita bahwa pengiriman PIN telah dilakukan pada 19 September 2017. PIN akan nyampe ke alamat rumah sekitar 3-4 minggu.

Dalam proses menunggu surat cinta dari googleadsense saya lakukan aktivitas sehari-hari mengajar di tempat tugas, bila ada waktu luang membuat video dan artikel untuk blog pribadi saya ruslanwahid.blogspot.com dan blog-blog lainnya termasuk blog sekolah mtsn1lobar.blogspot.com.

Tidak terasa 4 minggu atau 1 bulan lamanya menunggu sambil harap-harap cemas PIN tak kunjung datang juga. Saya coba berinisiatif pergi ke kantor pos pada Kamis 19 Oktober 2017 sesuai saran dan pengalaman dari para youtuber barangkali surat cinta tersebut masih parkir disana..😆😆😆.

Tepat sekitar jam 13.00 wita sampai di kantor pos, langsung tanya bla...bla...bla.... pada petugas pos, eh... malah ditanya mana nomer resinya, sayapun bingung dan saya jelasin bahwa kiriman google itu tidak pake resi itu hanya berupa kartu pos. Saya tunjukkan pula poto contoh suratnya.

Dicari-cari oleh petugas penerimaan barang dan jasa, dikatakan tidak ada atau belum nyampe. Tapi ada baiknya sikap petugas pos dia minta saya untuk tinggalkan nohp. Setelah tulis nohpsayapun pamit dengan tangan hampa sambil bergumam dalam hati mudahan segera nyampe dan tidak terjadi kegagalan kedua kalinya.

Nah ... pada Selasa malam menjelang Subuh 25 Oktober 2017, pukul 03.00 wita saya bangun sesaat dan tidur kembali. Kok saya mimpi PIN googleadsense datang dan ada didepan mata, sayapun terbangun...ah itu hanya mimpi, tidur lagi mimpi lagi dengan kejadian serupa. Saya putuskan untuk ambil air wudu untuk tunaikan sholat subuh dan berdoa mudahan mimpi ini jadi kenyataan.

Esok harinya sekitar jam 10.00 siang pada saat jam istirahat mengajar saya tiba-tiba berdering telpon dengan nomor tidak dikenal, dengan ragu-ragu saya angkat dan ternyata itu telpon dari kantor pos memberitahukan bahwa kiriman dari google sudah sampai dan bisa diambil, disampaikan pula sudah 4 kali datang kerumah namun selalu sepi. Dalam hati tak henti-henti mengucap syukur kepada Allah SWT telah memberikan petunjuk yang terbukti menjadi kenyataan.

Pada jam 12.00 siang saat jam mengajar lagi kosong saya langsung meluncur ke kantor pos kecamatan Gunungsari Lombok Barat. Dengan senang hati campur haru saya menerima surat berharga dari googleadsense yang sudah lama ditunggu hampir 1 bulan lebih (19 september-25 oktober 2017) dari petugas pos.
Sesampai sekolah saya langsung buka suratnya dan melakukan verifikasi alamat rumah...jrennnnng...nunggu beberapa menit akhirnya notifikasi yang berwarna merah hilang.

Dan alhamdulillah pada tanggal yang sama juga dapat kiriman email pemberitahuan telah dilakukan pembayaran ke rekening bank yang telah didaftarkan. Kemudian sayapun cek mutasi rekening melalui internet banking namun ada sedikit kecewa ternyata uangnya belum masuk. Tapi tenang tidak perlu khawatir uangnya tidak akan kemana-mana google sudah menjamin bila tidak masuk sampai 5 hari kerja kita diminta untuk menghubungi pihak bank.

Bukti tanda terima pembayaran yang bisa dicek di Akun Adsense
Belum 5 hari kerja esok harinya sekitar jam 10.00 siang saya cek kembali ternyata uangnya sudah masuk direkening. Alhamdulillah ternyata google butuh waktu untuk mentransfer uang kepada mitra publisheradsense tanpa mengurangi sedikitpun dari hasil pendapatan masing-masing.

Itulah sekelumit pengalaman saya dalam menanti pembayaran pendapatan dari googleadsense yang dapat saya sharing pada sahabat setia blogruslanwahid. Mohon maaf kalau ada kata yang tidak cocok atau mungkin kata-kata yang bertele-tele. Memang itulah kenyataan yang saya alami dan mudahan pengalaman bisa bisa memberikan manfaat bagi sahabat pencari penghasilan sampingan. Salam sukses !!!

1 komentar untuk "Alhamdulillah ! Ini Gaji Pertama dari Google Adsense, Sebuah Pengalaman Pribadi...."