Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Figura atau Bingkai Poto dari Pensil Warna Bekas

ruslanwahid.blog - Assalamu'alaikum wr.wb. salam sejahtera untuk kita semua serta selamat beraktifitas.


Jumpa lagi pada kesempatan ini saya akan share cara membuat figura atau bingkai poto dari barang bekas yakni pensil warna.

Pasti kalian terutama adik-adik pelajar memiliki pensil warna berbagai merek harganya juga bermacam-macam dari yang paling murah hingga yang mahal.

Namun kadang usai belajar atau tamat sekolah pensil pun masih tersimpan atau juga berpikir "Ini pensil begitu banyaknya mau diapain yaa..?,". Dibuang sia-sia juga dibeli mahal-mahal.

Nah berikut ini saya akan coba memberikan alternatif atau ide bagaimana menyulap pensil bekas menjadi kerajinan yang bermanfaat. Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Figura atau Bingkai Poto dari Pensil Warna

Bekas Bahan dan alat :
 
• Pensil warna yang tidak dipakai
• Kertas karton atau kardus bekas
• Lem uhu
• Garisan besi
• Gergaji triplek
• Pensil
• Cutter/silet

Cara membuat :
 
1. Pensil dipotong sesuai ukuran yang diinginkan menggunakan gergaji, pada tutorial ini saya berikan contoh ukuran 3,5 cm sebanyak yang dibutuhkan.
 
2. Siapkan karton atau kardus bekas ukuran 26 cm x 21 cm sebanyak 2 buah, ukuran 1,5 x 26 cm sebanyak 2 buah, ukuran 1,5 × 15 cm 1 buah dan 17 x 7 cm sebanyak 1 buah.
 
3. Ambil 1 buah karton yang ukuran 26 x 21 cm, kemudian ukur sesuai ukuran poto yang diinginkan.
 
4. Potong karton atau kardus yang telah diukur menggunakan garisan besi dan cutter hingga menjadi frame atau bingkai.
 
5. Berikan lem pada bingkai poto, kemudian tempel potongan-potongan pensil warna tersebut.
 
6. Balik bingkai poto yang telah ditempeli potongan pensil, kemudian tempel karton ukuran 26 x 1,5 cm dan ukuran 15 x 1,5 cm serta tempel juga karton yang tersisa (ukuran 26 x 21 cm).
 
7. Pasangkan penyangga bingkai dengan karton ukuran 17 x 7 cm. Pasang juga poto yang telah disiapkan.

Itulah cara membuat bingkai poto dari pensil bekas. Untuk lebih lengkapnya cara pembuatannya step by step silahkan tonton pada video berikut ini. 



Dibawah ini juga saya bagikan beberapa contoh kerajinan terbuat dari pensil bekas yang bisa anda jadikan inspirasi dalam berkarya.
Nah demikan cara membuat kerajinan dari pensil warna bekas dan contoh kerajinan lainnya yang dapat saya informasikan. Selamat mencoba dan salam kreatif !!!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Figura atau Bingkai Poto dari Pensil Warna Bekas "