Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Tisu ini Terbuat dari Lamtoro atau Petai Cina ! Begini Cara Pembuatannya....

Tempat Tisu dari Lamtoro ! Begini Cara Pembuatannya - Salam kreatif dan selamat beraktifitas untuk sahabat setia blog ruslanwahid. Pada kesempatan ini kembali saya akan share bagaimana cara membuat salah satu kerajinan tempat yang terbuat dari Petai cina atau lamtoro.

Sebagaimana diketahui Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerikatropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang.

Tanaman ini memiliki buah polong berbentuk pita lurus, pipih dan tipis, 14–26 cm × 2 cm, dengan sekat-sekat di antara biji, hijau dan akhirnya coklat kehijauan atau coklat tua apabila kering jika masak, memecah sendiri sepanjang kampuhnya. Buah lamtoro mengandung 15-30 biji yang terletak melintang dalam polongan, berbentuk bulat telur sungsang atau bundar telur terbalik, dengan warna coklat tua mengkilap yang berukuran 6–10 mm × 3-4,5 mm. Bijinya mirip petai, namun berukuran lebih kecil dan berpenampang lebih kecil.

Lamtoro memiliki banyak manfaat dari pohonnya hingga daun dan bijinya. Selain menjadi pohon peneduh, pencegah erosi, sumber kayu bakar dan pakan ternak, lamtoro dapat dimanfaatkan menjadi obat-obatan. Selain itu dapat pula dimanfaatkan menjadi benda kerajinan sebagaimana dicontohkan pada video tutorial berikut ini.



Nah itulah cara membuat tempat tisu dengan memanfaatkan lamtoro atau petai cina yang tampak unik. Demikian tutorial ini kami sajikan semoga memberikan manfaat bagi sahabat semua. Selamat mencoba dan Salam kreatif !!!

Posting Komentar untuk "Tempat Tisu ini Terbuat dari Lamtoro atau Petai Cina ! Begini Cara Pembuatannya...."