Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kreasi Daur Ulang Membuat Rak Serba Guna dari Koran Bekas

Sahabat blog's ruslanwahid pasti di rumah Anda banyak koran langganan yang menumpuk tidak terpakai lagi ? Bukan di rumah saja bahkan di Kantor tempat kerja atau di sekolah-sekolah tempat mengajar banyak kita jumpai koran yang tidak dimanfaatkan. Kadang usai dibaca koran tersebut dibuang begitu saja di bak sampah. Syukur-syukur kalau dikumpulkan dan dijual untuk didaur ulang. Lumayan kan per kilo gram 1.000 rupiah di kali sekian kilo... wah bermanfaat !!!.

Pada kesempatan ini saya akan share bagaimana menyulap atau daur ulang koran bekas menjadi Rak Serba Guna yang dapat dimanfaatkan untuk tempat aksesoris, perlengkapan makeup, perlengkapan bayi, tempat menyimpan mainan anak-anak dan masih banyak lagi manfaatnya yang tidak bisa disebutkan. Intinya sesuai kegunaan. Singkatnya berikut cara-cara pembuatannya.

Cara Membuat Rak Serba Guna dari Koran Bekas

>> Alat dan bahan
1. Koran bekas
2. Lem kayu
3. Lem tembak
4. Kardus bekas dan kertas gelombang
5. Cutter
6. Garisan
7. Kertas kado atau kertas karton
8. Pensil
9. Lidi
10. Alat dan bahan pendukung lainnya

>> Cara Membuat

  1. Potong kardus sesuai ukuran yang diinginkan sebanyak 3 buah (di tutorial ini saya gunakan ukuran 34 x 20 cm)
  2. Kardus dipotong dengan bentuk melengkung. Dibentuk dengan bantuan tutup panci atau alat lainnya yang berbentuk lingkaran.
  3. Bungkus kardus yang telah dipotong menggunakan kertas kado atau kertas karton ( pada tutorial ini saya gunakan kertas asturo warna hitam). Cara membungkusnya secara bolak balik bagian atas dan bagian bawah.
  4. Potong kertas koran menjadi 4 bagian. Kemudian dipilin menggunakan bantuan lidi. Buat sesuai kebutuhan.
  5. Pilinan koran diratakan dengan bantuan ujung pegangan gunting atau cutter.
  6. Potong kertas gelombang atau kertas lainnya denga lebar masing-masing 5 cm. Kemudian tempel pada kardus yang telah dipotong pada langkah 1. Hasilnya akan menjadi alas atau tatakan atau susunan rak.
  7. Tutup masing-masing tatakan rak menggunakan pilinan koran yang telah diratakan.
  8. Buat anyaman dengan pilinan koran lainnya sebanyak 8 - 9 jajar. Buat sebanyak 2 buah. Jangan lupa untuk memberikan lem pada tiap ujung pilinan serta gunting sisa dari pilinan koran.
  9. Lengkungkan anyaman koran tersebut dengan menggunakan pipa ukuran sedang (bisa juga menggunakan alat lainnya)
  10. Susun dan tempel susunan rak pada anyaman koran yang telah dibuat. Gunakan lem tembak agar cepat kering dan melekat.
  11. Tambahkan kaki rak dengan tutup botol minuman bekas
  12. Rak dari Koran Bekas telah jadi. Dan siap dicoba dengan meletakkan aksesoris atau perlengkapan makeup daan lain-lain.


Langkah-langkah pembuatan rak dari koran bekas ini juga Anda dapat melihat video tutorialnya berikut ini.

Posting Komentar untuk "Kreasi Daur Ulang Membuat Rak Serba Guna dari Koran Bekas "