Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Musik, Bernyanyi Lagu Modern Materi Kelas IX SMP/MTs

Halo sahabat blog ruslanwahid. Sesuai judul diatas pada pertemuan kali ini kita akan membahas materi seni musik untuk kelas IX SMP/MTs Semester genap. Adapun materinya adalah bernyanyi lagu modern.

Dalam materi ini kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta didik adalah menyanyikan teknik bernyanyi musik modern dan menyanyikan musik modern sederhana secara perorangan atau berkelompok. 

Untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi Bernyanyi Lagu Modern, simaklah uraian materi di bawah ini dengan seksama dan cermatilah kata-kata yang penting. 

PENGERTIAN SENI MUSIK


Seni musik adalah suatu cabang seni Yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengung-kapkan ekspresi pembuatnya. Sedangkan musik adalah 'seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama., Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurutAristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif, dan menumbuhkan jiwa patriotisme. 

JENIS LAGU MODERN


Gaya bernyanyi merupakan suatu cara yang menjadi ciri seseorang dalam membawakan sebuah lagu sesuai dengan jenis lagunya. Pada dasarnya yang menunjang gaya bernyanyi menjadi lebih baik adalah kedisiplinan seorang penyanyi tersebut terhadap teknik vokal dasar dan penguasaan lagu. Yang membedakan gaya adalah dari jenis musik lagu yang akan dibawakan. Untuk dapat menambah perbendaharaan gaya dalam bernyanyi hendaknya kamu banyak mendengarkan jenis lagu yang variatif. 

Lagu yang berkembang saat ini sangat variatif. Hal ini dipengaruhi juga oleh perkembangan alat musik yang semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi. Penggunaan teknologi dalam bidang musik ini menjadikan lagu-lagu yang beredar sekarang terdengar lebih modern, karena sudah banyak sekali alat musik yang memiliki fasilitas dan perangkat yang' beragam dan mudah digunakan dalam membuat lebih bagus sebuah lagu. Berikut ini beberapa jenis lagu modern yang berkembang sesuai aliran musiknya. 

Adapun jenis-jenis lagu modern adalah sebagai berikut;

1. Lagu Pop 

Musik pop
jalantikus.com
Jenis Iagu pop merupakan jenis lagu yang memiliki banyak pendengar. Dalam arti jenis lagu ini sangat mudah diterima oleh masyarakat luas pada umumnya. Lagu-lagu pop yang berkembang saat ini bersifat komersial dan berkeinginan untuk Memiliki daya tarik massa. Lagu pop di Indonesia banyak disajikan oleh penyanyi solo, grup band dan girl band atau boy band.

Tema lagu pop biasanyamembahas kejadian kehidupan sehari-hari yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau easy listening. Dalam menciptakan lagu pop, biasanya pencipta lagu akan tertarik mengangkat tema-tema yang sedang menjadi topik pembicaraan oleh masyarakat luas sehingga diharapkan nanti karya lagunya mudah melejit. 

2. Lagu Jazz 

Lagu jazz
antarapoto.com
Jenis musik jazz ini merupakan jenis musik yang juga berkembang di Indonesia walaupun pendengarnya tidak terlalu banyak. Kebanyakan pendengarnya dari kalangan ekonomi menengah ke atas, mungkin haI ini disebabkan karena lagu-lagu jazz ini senang dimainkan di caffe atau tempat makan menengah ke atas.

Yang mudah ditangkap ketika mendengarkan lagu jazz ini adalah vokal yang sering menirukan suara instrumen, suara penyanyinya biasanya mempunyai karakter vokal yang berat, harmonisasinya terdengar rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi atau perpindahan tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki kecenderungan sering berimprovisasi. 

3. Lagu Rock 

Lagu rock
populermusik.com
Jenis lagu rock ini identik dengan suara yang kencang dengan permainan efek gitar yang menggelegar, bass drum yang dimainkan dengan tempo yang cepat dan massa pendengarnya yang ekspresif. Lirik lagu yang disampaikan lagu jenis rock ini adalah ekspresif dan mengajak pendengarnya selalu bersemangat. 

4. Lagu Dangdut

Lagu dangdut
viva.co.id
Musik dangdut merupakan musik yang pendengarnya berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia. Lagu dangdut yang biasanya diiringi kendang dan seruling terdengar mengalun dan mengajak orang yang mendengarnya ikut bergoyang. Setiap penyanyi dangdut juga mempunyai ciri pada gaya jogetnya. 

GAYA BERNYANYI LAGU MODERN 


Menyanyikan lagu modern dapat dikatakan memiliki keluwesan gaya dibandingkan menyanyi lagu tradisi. Gaya bernyanyi musik modern pada dasarnya tidak terlalu banyak aturannya, hanya sebatas pada penguasaan teknik vokal dan pembiasaan mengikuti irama lagunya. Sering mendengarkan dan menikmati irama dari jenis lagu yang akan dibawakan akan membuat penyanyi mudah menguasai lagu yang akan dinyanyikan.

Seseorang yang jarang mendengarkan lagu dangdut, tentu akan kesulitan untuk menyanyikan lagu dangdut dengan cengkok yang baik. Tapi bagi seseorang yang sejak kecil terbiasa mendengarkan irama dan lagu dangdut, biasanya lebih mudah mengikuti cengkok dengan baik. , 

Begitupun dengan jenis lagu modern lain, misalnya lagu jazz yang akan mudah diikuti apabila telinga penyanyinya terbiasa mendengarkan irama dan harmoni lagu-lagu jazz. Untuk jenis lagu rock sang penyanyi haruslah powerfull dan ekspresif karena kebanyakan lagu rock memiliki irama musik yang bersemangat. 

Satu lagi jenis musik modern yaitu lagu pop biasanya dinyanyikan dengan lebih santai dan tidak menonjol, penyanyi pop pun biasanya tampil dengan gaya yang disesuaikan dengan tema lagu dan tidak berlebihan. Bernyanyi iagu jenis apa pun haruslah menampilkan mimik muka dan ekspresi yang sesuai dan mewakili makna lirik lagu yang dibawakan. 

LATIHAN BERNYANYI LAGU MODERN DENGAN GAYA YANG TEPAT


Sebelum memulai latihan benyanyi Iagu modern dengan gaya yang tepat, marilah kita latihan pemanasan vokal terlebih dahulu: 
  1. Berdiri dengan rileks, kedua kaki dibuka selebar bahu kemudian berat badan bertumpu seimbang dikedua kaki kita. 
  2. Lakukan peiemasan badan sebisanya, sampai badan terasa lebih rileks lagi. 
  3. Ambil nafas dari hidung kemudian tahan selama 5 detik lalu keluarkan nafas dengan suara seperti desis ular ‘shss... lakukan berulang selama 3 kali putaran. 
  4. Lanjutkan dengan vokalisi atau pemanasan vokal. 
  5. Barulah mulai untuk membedah I'agu yang telah kita pilih. Sesuaikan gaya bernyanyi dengan makna lagu, suasana lagu dan iramanya. 

CONTOH TUGAS LATIHAN MANDIRI


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
  1. Apakah yang dimaksud dengan gaya bernyanyi ?
  2. Apakah pengaruh perkembangan teknologi terhadap jenis lagu ?
  3. Sebutkan 4 jenis lagu modern ?
  4. Apakah jenis lagu modern yang memiliki paling banyak penggemar ?
  5. Jelaskan ciri-ciri khas dari lagu dangdut!

CONTOH TUGAS BERKELOMPOK


Lakukan tugas berikut dengan kelompokmu! 
  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari atas 3-5 siswa! 
  2. Kumpulkanlah 10 lagu popular yang berbeda-beda! 
  3. Perhatikan aliran musiknya, termasuk jenis lagu popuer apakah lagu tersebut? 
  4. Terjemahkan lirik lagu-lagu yang telah kalian kumpulkan ke dalam bahasa Indonesia! 
  5. Sebagai alat bantu, gunakan kamus atau ensiklopedia yang sesuai!
  6. Setelah kalian terjemahkan, jelaskan makna, nilai-nilai, dan pesan yang terdapat dalam lirik lagu tersebut 
  7. Presentasikan di depan kelas satu minggu kemudian! 
Demikian pembahasan materi tentang bernyanyi lagu modern yang dapat Kami informasikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda ..

Posting Komentar untuk "Seni Musik, Bernyanyi Lagu Modern Materi Kelas IX SMP/MTs"