Kunci Jawaban Soal 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag
Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Informasi Umum
Pelatihan
di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara
Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap
muka.
Peserta
wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri.
Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan
peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
- Analisis CP, TP dan KKTP
- Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS
- Teknik Penilaian Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
- Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Setelah mendaftar, sila gabung ke grup diskusi Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dengan cara pindai ( scan ) QR Code atau klik link berikut :
Link Group: tinyurl.com/TelegramPenilaianHOTS1
Persyaratan
- PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
- Pangkat/Golongan Ruang : Semua
- Jenis Kelamin : Semua
- Pendidikan Umum : Semua
Kunci Jawaban Soal Latihan 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
1 dari 10 soal
Keterampilan berpikir tingkat tinggi
menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang......
A Taksonomi Bloom
B
Taksonomi Marzano
C Aspek
pemahaman Tighe dan Wiggins
D
Taksonomi Wiggins
2 dari 10 soal
Keterampilan berpikir tingkat tinggi
adalah...
A Proses
berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun
representasi, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang
paling dasar
B Proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat
kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan
melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
C Proses
berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi,
menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang
paling dasar
D Proses
berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi,
menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang
paling dasar
3 dari 10 soal
Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif
menurut Bloom merupakan......
A Segala
aktivitas pembelajaran menjadi 4 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah
sampai tertinggi
B Segala
aktivitas pembelajaran menjadi 5 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah
sampai tertinggi
C Segala aktivitas pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan
jenjang terendah sampai tertinggi
D Segala
aktivitas pembelajaran menjadi 7 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah
sampai tertinggi
4 dari 10 soal
Ranah kognitif meliputi kemampuan...
A
Mengembangkan konsep/prinsip dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
B Mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah
dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
C Menciptakan
konsep/prinsip yang telah Jipetojori dalam proses pembelajaran yang telah
didapatnya.
D Menguasai
konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran.
5 dari 10 soal
Keterampilan berpikir tingkat tinggi
yang dalam bahasa umum dikenal sebagai...
A Higher Order
Think Skill (HOTS)
B Higher Open
Thinking Skill (HOTS)
C Higher Order Thinking Skill (HOTS)
D High Order
Thinking Skill (HOTS)
6 dari 10 soal
Keterampilan proses psikomotor terdiri dari...
A Imitasi,
manipulasi, penilaian, artikulasi, dan karakterisasi
B Imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi
C Imitasi,
penerimaan, presisi, artikulasi, dan naturalisasi
D Imitasi,
menanggapai, artikulasi, dan karakterasasi
7 dari 10 soal
Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat
kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah.......
A Kognitif dan
aofektif
B
Kognitif dan psikomotor
C Kognitif, afektif, dan psikomotor
D
Afektif dan psikomotor
8 dari 10 soal
Yang termasuk area HOTS dalam dimensi proses
berpikir.
A Mengingat,
menganalisis, dan mengevaluasi
B Mengingat,
menganalisis, dan mencipta
C Menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta
D Memahami,
menganalisis, dan mengevaluasi
9 dari 10 soal
Kombinasi dimensi pengetahuan terdiri dari
A Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan metakognitif
B
Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan mencipta
C
Pengetahuan mengingat, konseptual, prosedur, dan metakogpnitif
D Pengetahuan
factual, konseptual, menganalisis, dan metakognitif
10 dari 10 soal
Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua
bagian, yaitu........
A Pertama
adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran,
yaitu mengingat (remembering), menerapkan (applying), dan mengevaluasi
(evaluating), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan
berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan memahami (understanding),
menganalisis (analysing), dan mencipta (creating)
B
Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses
pembelajaran, yaitu memahami (understanding), mengingat (remembering), dan
menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam
keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis
(analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
C
Pertama adalah keterampilan tingkat sedang yang penting dalam proses
pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan
menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam
keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis
(analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
D Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam
proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding),
dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam
keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis
(analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag"
Posting Komentar