Kunci Jawaban Soal 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag

Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

Pintar Kemenag

Informasi Umum

Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.

Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :

  1. Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
  2. Analisis CP, TP dan KKTP
  3. Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS
  4. Teknik Penilaian Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka 
  5. Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

Setelah mendaftar, sila gabung ke grup diskusi Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dengan cara pindai ( scan ) QR Code atau klik link berikut : 

Link Group: tinyurl.com/TelegramPenilaianHOTS1

Persyaratan

  • PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag 
  • Pangkat/Golongan Ruang : Semua
  • Jenis Kelamin : Semua
  • Pendidikan Umum : Semua

Kunci Jawaban Soal Latihan 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

1 dari 10 soal

Keterampilan berpikir tingkat tinggi menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang......

A Taksonomi Bloom

B  Taksonomi Marzano

C  Aspek pemahaman Tighe dan Wiggins

D  Taksonomi Wiggins

 

2 dari 10 soal

 Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah...

A Proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar

B  Proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar

C  Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar

D  Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar

 

3 dari 10 soal

Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom merupakan......

A Segala aktivitas pembelajaran menjadi 4 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi

B Segala aktivitas pembelajaran menjadi 5 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi

C Segala aktivitas pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi

D Segala aktivitas pembelajaran menjadi 7 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi

 

4 dari 10 soal

Ranah kognitif meliputi kemampuan...

A Mengembangkan konsep/prinsip dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.

B Mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.

C Menciptakan konsep/prinsip yang telah Jipetojori dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.

D Menguasai konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran.

 

5 dari 10 soal

 Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai...

A Higher Order Think Skill (HOTS)

B Higher Open Thinking Skill (HOTS)

C Higher Order Thinking Skill (HOTS)

D High Order Thinking Skill (HOTS)

 

6 dari 10 soal

Keterampilan proses psikomotor terdiri dari...

A Imitasi, manipulasi, penilaian, artikulasi, dan karakterisasi

B Imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi

C Imitasi, penerimaan, presisi, artikulasi, dan naturalisasi

D Imitasi, menanggapai, artikulasi, dan karakterasasi

 

7 dari 10 soal

Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah.......

A Kognitif dan aofektif

B  Kognitif dan psikomotor

C Kognitif, afektif, dan psikomotor

D  Afektif dan psikomotor

 

8 dari 10 soal

Yang termasuk area HOTS dalam dimensi proses berpikir.

A Mengingat, menganalisis, dan mengevaluasi

B Mengingat, menganalisis, dan mencipta

C Menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta

D Memahami, menganalisis, dan mengevaluasi

 

9 dari 10 soal

Kombinasi dimensi pengetahuan terdiri dari

A Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan metakognitif

B  Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan mencipta

C  Pengetahuan mengingat, konseptual, prosedur, dan metakogpnitif

D Pengetahuan factual, konseptual, menganalisis, dan metakognitif

 

10 dari 10 soal

Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian, yaitu........

A Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), menerapkan (applying), dan mengevaluasi (evaluating), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan memahami (understanding), menganalisis (analysing), dan mencipta (creating)

B  Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu memahami (understanding), mengingat (remembering), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)

C  Pertama adalah keterampilan tingkat sedang yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)

D Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)


*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.1 Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag"