Kunci Jawaban Soal 3.2 Analisis CP, TP dan KKTP | Pintar Kemenag
Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Informasi Umum
Pelatihan
di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara
Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap
muka.
Peserta
wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri.
Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan
peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
- Analisis CP, TP dan KKTP
- Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS
- Teknik Penilaian Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
- Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Setelah mendaftar, sila gabung ke grup diskusi Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dengan cara pindai ( scan ) QR Code atau klik link berikut :
Link Group: tinyurl.com/TelegramPenilaianHOTS1
Persyaratan
- PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
- Pangkat/Golongan Ruang : Semua
- Jenis Kelamin : Semua
- Pendidikan Umum : Semua
Kunci Jawaban Soal Latihan 3.2 Analisis CP, TP dan KKTP
1 dari 10 soal
Dalam merumuskan
tujuan pembelajaran dari CP, guru dapat melakukannya dengan menggunakan cara
berikut, kecuali…
A. Menggunakan
KKO taksonomi Bloom
B. Memadukan
lintas elemen
C. Merumuskan
langsung dari CP
D. Mengidentifikasi
kompetensi dan materi dalam CP
2 dari 10 soal
Pernyataan yang
menyatakan pentingnya mempelajari suatu mata pelajaran bagi siswa tertuang
dalam komponen capaian pembelajaran adalah….
A. Capaian per
fase
B. Tujuan
C. Karakteristik
D. Rasional
3 dari 10 soal
Dalam kurikulum
merdeka capaian pembelajaran disusun berdasarkan fase bukan kelas. Pembagian
fase terdiri dari enam fase dimulai dari fase A hingga F. Berikut pernyataan
yang salah dalam pembagian fase per kelas adalah…
A. Fase C =
kelas 5 dan 6 SD/MI
B. Fase E
= kelas 10 dan 11 SMA/MA
C. Fase D =
kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTS
D. Fase A =
kelas 1 dan 2 SD/MI
4 dari 10 soal
Pada setiap mata
pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi
pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP
tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk
mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan
fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut,
kecuali ….
A. Memungkinkan
guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara flekesibel.
B. Mendorong
guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan
perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.
C. Memungkinkan
kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran ayng efektif
bagi peserta didik
D. Memberi
kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan
peserta didik.
5 dari 10 soal
Berdasarkan CP mata pelajaran Fiqh dibawah ini :
Jika Pak Dzikron ingin
merumuskan tujuan pembelajaran secara sederhana dan tepat, maka Pak Dzikron
dapat merumuskan tujuan pembelajarannya sebagai berikut ….
A. Menganalisis
ketentuan tata cara bersuci dari hadas dan najis
B. Menganalisis
tata cara bersuci dari hadas dan najis dan mengamalkannya dengan baik dalam
kehidupan sehari-hari
C. Menganalisis
ketentuan tata cara bersuci
D. Menganalisis
tata cara bersuci dari hadas dan najis
6 dari 10 soal
Dalam kurikulum
sebelumnya dikenal istilah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Dalam kurikulum
merdeka istilah tersebut berubah menjadi KKTP (kriterian ketercapaian tujuan
pembelajaran). Baik KKM maupun KKTP sebenarnya adalah cara untuk melihat apakah
tujuan pembelajaran tercapai atau tidak. Berikut ini adalah cara mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran berdasarkan KKTP, kecuali…
A. Rubrik
B. Interval
nilai
C. Standar
angka
D. Deskripsi
kriteria
7 dari 10 soal
Dibawah ini adalah
komponen-komponen dalam Capaian Pembelajaran, kecuali…
A. Mata
Pelajaran
B. Tujuan
C. Karakteristik
D. Rasional
8 dari 10 soal
Capaian pembelajaran
untuk mata pelajaran Fiqh pada madrasah tertuang dalam dalam surat keputusan…
A. Kepala BSKAP
No. 008 Tahun 2022
B. KMA No. 347
Tahun 2022
C. Dirjen
Pendis No. 3211 tahun 2022
D. Kepala BSKAP
No. 033 Tahun 2022
9 dari 10 soal
Capaian pembelajaran
untuk mata pelajaran matematika tertuang dalam dalam surat keputusan…
A. Kepala BSKAP
No. 008 Tahun 2022
B. Kepala BSKAP No. 033 Tahun 2022
C. Dirjen Pendis
No. 3211 tahun 2022
D. KMA No. 347
Tahun 2022
10 dari 10 soal
Perhatikan Tabel Capaian Pembelajaran berikut!
Pak Dzikron bermaksud
menyusun Tujuan Pembelajaran dari CP kedua elemen tersebut. Dalam menyusun
Tujuan Pembelajaran, Pak Dzikron bermaksud menerapkan teknik “lintas elemen”,
maka contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang dapat disusun Pak Dzikron adalah ….
A. Membaca,
menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi agar lebih
mudah bermasyarakat
B. Melafalkan,
membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi
kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits secara tekstual dan kontekstual
tentang kekuasaan dan rahmat Allah SWT.
C. Melafalkan,
menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan
ayat-ayat Al-Qur’an secara tekstual dan kontekstual tentang optimis dan sabar.
D. Melafalkan,
menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan
ayat-ayat Al-Qur’an secara tekstual dan kontekstual tentang optimis dan sabar.
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.2 Analisis CP, TP dan KKTP | Pintar Kemenag"
Posting Komentar