Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS
dalam Kurikulum Merdeka
Informasi Umum
Pelatihan
di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara
Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap
muka.
Peserta
wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri.
Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan
peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS
dalam Kurikulum Merdeka
- Analisis CP, TP dan KKTP
- Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis
HOTS
- Teknik Penilaian Berbasis HOTS dalam Kurikulum
Merdeka
- Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran
Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Setelah mendaftar, sila gabung ke grup diskusi
Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dengan
cara pindai ( scan ) QR Code atau klik link berikut :
Link Group: tinyurl.com/TelegramPenilaianHOTS1
Persyaratan
- PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
- Pangkat/Golongan Ruang : Semua
- Jenis Kelamin : Semua
- Pendidikan Umum : Semua
Kunci Jawaban Soal
Latihan 3.3 Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS
1 dari 10 soal
Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah…….
A. siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B. kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
C. siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)
D. kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
2 dari 10 soal
Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah …
A. menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
B. menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
C. menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
D. mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
3 dari 10 soal
Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah….
A. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
B. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
C. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
D. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
4 dari 10 soal
Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat….
A. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
B. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
C. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
D. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
5 dari 10 soal
Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ….
A. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
B. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
C. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
D. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
6 dari 10 soal
Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks…….
A. memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
B. pertanyaan mendasar
C. menyusun jadwal pembuatan
D. mendesain perencanaan produk
7 dari 10 soal
Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawli dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu meberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah…….
A. Discovery Learning
B. Inquiry Learning
C. Problem based Learning
D. Project Based Learning
8 dari 10 soal
Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah…….
A. Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul, selama penyelesaian proyek dengan guru.
B. Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
C. Membahas kelayakan proyek yang sudah dibuat dan membuat laporan produk /karya untuk dipaparkan kepada orang lain
D. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
9 dari 10 soal
Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Leraning yang....
A. Pembuktian (Verification)
B. Pengolahan Data (Data Processing)
C. Pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statement)
D. Pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statement)
10 dari 10 soal
Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
A. Mencatat hasil pengamatan cuaca
B. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
C. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
D. Melihat video tentang cuaca
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.3 Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS | Pintar Kemenag"