Kunci Jawaban Soal 3.5 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag
Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Informasi Umum
Pelatihan
di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara
Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap
muka.
Peserta
wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri.
Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan
peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
- Analisis CP, TP dan KKTP
- Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS
- Teknik Penilaian Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
- Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
Setelah mendaftar, sila gabung ke grup diskusi Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dengan cara pindai ( scan ) QR Code atau klik link berikut :
Link Group: tinyurl.com/TelegramPenilaianHOTS1
Persyaratan
- PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
- Pangkat/Golongan Ruang : Semua
- Jenis Kelamin : Semua
- Pendidikan Umum : Semua
Kunci Jawaban Soal Latihan 3.5 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
1 dari 10 soal
A Berbentuk
teks bacaan
B
Berbentuk gambar
C
Berbentuk gambar dan teks
D Sesuai
dengam pokok bahasan
E Menarik dan kontekstual
2 dari 10 soal
Berikut
ini adalah pernyataan yang berhubungan dengan penyusunan soal HOTS :
a. Menyusun kisi-kis soalb. Memilih stimulus [Yang menarik dan kontekstual
c. Menulis butir soal sesuai dengan kisi-kisi soal
d. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban
e. Menganalisis tujuan pembelajaran yang dapat dibuat soal HOTS
Urutan dari penyusunan soal HOTS adalah.
A d,e,a,b,c
B b,a,c,d,e
C c,d,e,a,b
D a,b,c,d,e
E e,a,b,c,d
3 dari 10 soal
Berbagai
permasalahan yang terjadi di daerah tersebut dapat diangkat sebagai stimulus
kontekstual. Dengan demikian stimulus yang dipilih oleh guru dalam soal-soal
HOTS menjadi sangat menarik karena dapat dilihat dan dirasakan secara langsung
oleh peserta didik. merupakan peran soal HOTS dalam penilaian yaitu...
A Meningkatkan motivasi belajar peserta didik
B
Memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kemajuan daerah
C
Mempersiapkan kompetensi peserta didik menyonsong abad 21
D Meningkatkan
berpikir kritis
E Meningkatkan
mutu penilaian
4 dari 10 soal
Pelatihan
soal-soal HOTS dalam Penilaian dapat melatih peserta didik untuk mengasah
kemampuan dan keterampila sesuai dengan tuntutan komletensi abad 21 merupakan
peran soal HOTS dalam penilaian yaitu...
A Meningkatkan
motivasi belajar peserta didik
B
Memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kemajuan daerah
C
Meningkatkan berpikir kritis
D Mempersiapkan kompetensi peserta didik menyonsong abad 21
E Meningkatkan
mutu penilaian
5 dari 10 soal
Salah
satu karakteristik dari soal HOTS adalah mampu mengukur kemampuan berpikir
tingkat tinggi. Jika kita menggunakan taksonomi bloom maka proses berpikir
berikut ini adalah.
A Cl, C2 dan
C3
B C2,C3 dan C4
C C5, C6danCl
D C3,C4,danC5
E C4,C5 dan C6
6 dari 10 soal
Instrumen
yang digunakan untuk melakukan penilaian berbasis HOTS adalah...
A Soal Pilihan
Ganda Kompleks
B Soal Pilihan
Ganda &
C Soal Uraian
D Soal Isian
Singkat
E Soal HOTS
7 dari 10 soal
Soal HOTS dapat melatih peserta didik dalam
memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari merupakan peran soal HOTS
dalam penilaian yaitu...
A Meningkatkan
motivasi belajar peserta didik
B Meningkatkan berpikir kritis
C Meningkatkan
mutu penilaian
D
Mempersiapkan kompetensi peserta didik menyonsong abad 21
E Memupuk rasa
cinta dan peduli terhadap kemajuan daerah
8 dari 10 soal
Peranan soal HOTS adalah...
A Meningkatkan
hapalan peserta didik
B
Menumbuhkan rasa cinta terhadap produk tertentu
C
Memudahkan guru dalam mengambil data peserta didik
D
Menyiapkan peserta didik untuk menghadapi ulangan harian
9 dari 10 soal
Agar butir soal
bisa dibuat menjadi soal HOTS maka diperlukan...
A Kunci
Jawaban
B Stimulus
C Uraian
singkat
D
10 dari 10 soal
Kemampuan
berpikir tingkat tinggi pada soal HOTS mengukur...
A
Memberikan contoh
B Berfikir Tingkat
rendah
C Berfikir Tingkat
menengah
D Berfikir Tingkat tinggi
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.5 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag"
Posting Komentar