Kunci Jawaban Soal 3.5 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag

Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

Pintar kemenag

Informasi Umum

Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.

Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :

  1. Konsep Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka
  2. Analisis CP, TP dan KKTP
  3. Strategi mendesain Model Pembelajaran Berbasis HOTS
  4. Teknik Penilaian Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka 
  5. Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

 

Setelah mendaftar, sila gabung ke grup diskusi Pelatihan Penilaian Pembelajaran berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dengan cara pindai ( scan ) QR Code atau klik link berikut : 

Link Group: tinyurl.com/TelegramPenilaianHOTS1

Persyaratan

  • PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag 
  • Pangkat/Golongan Ruang : Semua
  • Jenis Kelamin : Semua
  • Pendidikan Umum : Semua

Kunci Jawaban Soal Latihan 3.5 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

1 dari 10 soal

    Stimulus yang digunakan dalam soal HOTS adalah.

A Berbentuk teks bacaan

B  Berbentuk gambar

C  Berbentuk gambar dan teks

D Sesuai dengam pokok bahasan

E Menarik dan kontekstual

 

2 dari 10 soal

    Berikut ini adalah pernyataan yang berhubungan dengan penyusunan soal HOTS :

a. Menyusun kisi-kis soal
b. Memilih stimulus [Yang menarik dan kontekstual
c. Menulis butir soal sesuai dengan kisi-kisi soal
d. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban
e. Menganalisis tujuan pembelajaran yang dapat dibuat soal HOTS

    Urutan dari penyusunan soal HOTS adalah.

A d,e,a,b,c

B b,a,c,d,e

C c,d,e,a,b

D a,b,c,d,e

E e,a,b,c,d

 

3 dari 10 soal

    Berbagai permasalahan yang terjadi di daerah tersebut dapat diangkat sebagai stimulus kontekstual. Dengan demikian stimulus yang dipilih oleh guru dalam soal-soal HOTS menjadi sangat menarik karena dapat dilihat dan dirasakan secara langsung oleh peserta didik. merupakan peran soal HOTS dalam penilaian yaitu...

A Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

B  Memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kemajuan daerah

C  Mempersiapkan kompetensi peserta didik menyonsong abad 21

D Meningkatkan berpikir kritis

E Meningkatkan mutu penilaian

 

4 dari 10 soal

    Pelatihan soal-soal HOTS dalam Penilaian dapat melatih peserta didik untuk mengasah kemampuan dan keterampila sesuai dengan tuntutan komletensi abad 21 merupakan peran soal HOTS dalam penilaian yaitu...

A Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

B  Memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kemajuan daerah

C  Meningkatkan berpikir kritis

D Mempersiapkan kompetensi peserta didik menyonsong abad 21

E Meningkatkan mutu penilaian

 

5 dari 10 soal

    Salah satu karakteristik dari soal HOTS adalah mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jika kita menggunakan taksonomi bloom maka proses berpikir berikut ini adalah.

A Cl, C2 dan C3

B C2,C3 dan C4

C C5, C6danCl

D C3,C4,danC5

E C4,C5 dan C6

 

6 dari 10 soal

    Instrumen yang digunakan untuk melakukan penilaian berbasis HOTS adalah...

A Soal Pilihan Ganda Kompleks

B Soal Pilihan Ganda &

C Soal Uraian

D Soal Isian Singkat

E Soal HOTS

 

7 dari 10 soal

    Soal HOTS dapat melatih peserta didik dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari merupakan peran soal HOTS dalam penilaian yaitu...

A Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

B Meningkatkan berpikir kritis

C Meningkatkan mutu penilaian

D Mempersiapkan kompetensi peserta didik menyonsong abad 21

E Memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kemajuan daerah

 

8 dari 10 soal

    Peranan soal HOTS adalah...

A Meningkatkan hapalan peserta didik

B Menumbuhkan rasa cinta terhadap produk tertentu

C Memudahkan guru dalam mengambil data peserta didik

D Menyiapkan peserta didik untuk menghadapi ulangan harian

 

9 dari 10 soal

    Agar butir soal bisa dibuat menjadi soal HOTS maka diperlukan...

A Kunci Jawaban

B Stimulus

C Uraian singkat

D


10 dari 10 soal

    Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada soal HOTS mengukur...

A Memberikan contoh

B Berfikir Tingkat rendah

C Berfikir Tingkat menengah

D Berfikir Tingkat tinggi


*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.5 Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka | Pintar Kemenag"