Kunci Jawaban Soal : 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag
Asesmen
pembelajaran merupakan sebuah proses evaluasi yang dilakukan untuk mengukur
kemampuan dan prestasi belajar siswa. Melalui asesmen ini, guru dapat melihat
sejauh mana peserta didik telah memahami materi pembelajaran dan bagaimana cara
mereka menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Kurikulum Merdeka I,
asesmen pembelajaran bertujuan untuk memberikan gambaran yang akurat tentang
perkembangan siswa dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Saat
ini, pertanyaan yang mungkin muncul adalah apa saja yang diuji dalam asesmen
pembelajaran pada Kurikulum Merdeka? Nah, pada soal 4.17 ini, kita fokus pada
asesmen pembelajaran pada pelatihan IKM.
Tentunya,
soal ini menjadi penentu sejauh mana peserta pelatihan IKM telah mendapatkan
pemahaman yang baik tentang materi pelatihan yang diberikan. Oleh karena itu,
bagi Anda yang tengah mengikuti atau berminat untuk mengikuti pelatihan IKM,
pengetahuan tentang soal-soal asesmen pembelajaran ini sangat penting untuk
meningkatkan peluang Anda dalam mengikuti pelatihan dengan sukses.
Namun,
jangan khawatir! Berikut ini kami memberikan bantuan dengan menyediakan kunci
jawaban lengkap untuk soal 4.17 asesmen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
untuk pelatihan IKM. Kami telah melakukan analisis mendalam terhadap soal-soal
tersebut dan menyiapkan jawaban yang tepat dan akurat untuk membantu Anda dalam
memperoleh pemahaman yang lebih baik.
Dalam blog post kali ini, kami akan membagikan kunci jawaban lengkap untuk setiap soal dalam asesmen pembelajaran soal 4.17. Anda akan mendapatkan penjelasan yang jelas dan terperinci mengenai setiap jawaban, sehingga Anda dapat memahami konsep dan penerapannya dengan lebih baik. Kami akan membahas mengenai materi apa saja yang diuji dalam setiap soal, serta memberikan tips dan trik dalam menjawabnya dengan tepat.
Jadi,
apakah Anda siap untuk mendapatkan kunci jawaban lengkap untuk soal 4.17
asesmen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka pelatihan IKM? Jangan lewatkan
kesempatan ini! Bacalah blog post kami dengan seksama dan dapatkan wawasan baru
yang bermanfaat dalam menghadapi asesmen pembelajaran. Bersiaplah untuk
meningkatkan kemampuan Anda dalam mengelola industri kecil dan menengah dengan
sukses. Selamat membaca!
Kunci Jawaban Soal : 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
1 dari 10 soal
Dalam satu semester, seorang guru sosiologi menetapkan 10 TP
di mata pelajarannya. Untuk mendapatkan nilai akhir di semester tersebut, hal
yang harus dilakukan adalah …
A Melakukan asesmen minimal separuh TP yang
ditetapkan. Mengukur dengan data kuantitatif dan kualitatif.
Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
B Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan.
Mengukur dengan data kuantitatif. Mencampur dengan asesmen formatif
C Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan.
Mengukur dengan data kuantitatif atau kualitatif.
Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
D Melakukan 1 kali asesmen di akhir. Mengukur dengan data
kuantitatif atau kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
Jawaban : C
2 dari 10 soal
Salah satu prinsip asesmen adalah bahwa asesmen merupakan
bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan
penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta
didik, dan orang tua/wali siswa dalam menentukan strategi pembelajaran
selanjutnya. Adapun penerapan yang tepat asesmen dalam pembelajaran tergambar
berikut….
A Pendidik menentukan kriteria ketercapaian pembelajaran dan
menyampaikannya pada peserta didik, sehingga mereka memahami target yang perlu
dicapai.
B Pendidik menggunakan teknik asesmen yang beragam sesuai
dengan fungsi dan tujuan asesmen. Hasil dari asesmen formatif digunakan untuk
umpan balik pembelajaran, sementara hasil dari asesmen sumatif digunakan untuk
pelaporan hasil belajar
C Pendidik menyediakan alokasi waktu yang cukup agar asesmen
menjadi proses pembelajaran dan bukan hanya untuk kepentingan menilai
D Pendidik merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada
tujuan yang akan dicapai dan memberikan umpan balik agar peserta didik dapat
menentukan langkah untuk perbaikan berikutnya.
Jawaban : D
3 dari 10 soal
Berikut merupakan fungsi asesmen hasil pembelajaran. alat
ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada satu atau
lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu; melihat hasil pembelajaran yang
sudah dilakukan pendidik setelah proses pembelajaran sebagai bentuk umpan
balik; menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau pada
jenjang mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah Yang termasuk fungsi
asesmen sumatif adalah….
A (1), (2), dan (3)
B (2), (3), dan (4)
C (1), (3), dan (4)
D (1), (2), dan (4)
Jawaban : C
4 dari 10 soal
Seorang guru Sosiologi merumuskan tujuan pembelajaran yang
akan dilakukan adalah agar peserta didik mampu memahami keragaman manusia dan
budayanya sebagai bagian dari masyarakat multikultural. Guru tersebut melakukan
penilaian dengan menugaskan peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam produk sesuai keinginan
peserta didiknya. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah ... .
A Observasi
B Kinerja
C Portofolio
D Projek
Jawaban : B
5 dari 10 soal
Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas, perbedaan dari asesmen formatif
dan asesmen sumatif yang tepat adalah … .
A Baris D
B Baris B
C Baris A
D Baris C
Jawaban : B
6 dari 10 soal
Pada Kurikulum Merdeka diharapkan pendidik
dapat menguatkan kemampuan peserta didik dengan melakukan asesmen formatif
dalam proses pembelajaran. Berikut merupakan contoh kegiatan asesmen
formatif….
A Peserta didik mengerjakan soal yang dibuat pendidik
setelah menyelesaikan materi pada satu tujuan pembelajaran
B Setelah pembelajaran berlangsung pendidik menyampaikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat penguasaan materi
untuk memberikan umpan balik
C Pada akhir pembelajaran, setelah menyelesaikan satu
capaian pembelajaran, pendidik melakukan asesmen
D Pendidik menyusun soal pilihan ganda setelah peserta didik
mempelajari semua materi pada akhir semester
Jawaban : B
7 dari 10 soal
Pak Rasyid adalah MTs Assa’adah. Setelah melakukan
pembelajaran tentang shalat berjamaah, ia meminta peserta didik berbagi peran,
ada yang menjadi imam ada yang menjadi makmum, untuk mempraktikkan shalat
berjaah di mushola madrasah. Sambil membawa instrumen penilaian, Pak Rasyid
mengamati praktik shalat berjamaah yang dilakukan peserta didik. Teknik
penilaian yang tepat untuk digunakan adalah….
A Unjuk kerja
B Tes lisan
C Penugasan
D Tes tulis
Jawaban : A
8 dari 10 soal
Guru perlu mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran
peserta didik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah …
A Mengidentifikasi diferensiasi pembelajaran
B Menentukan interval nilai minimal
C Merancang bentuk penilaian
D Menetapkan indikator ketercapaian
Jawaban : D
9 dari 10 soal
Diantara jenis instrumen asesmen yang
disiapkan oleh pendidik dapat berupa suatu pedoman yang dibuat untuk menilai
dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik. Melalui pedoman tersebut, pendidik dapat
memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik
sekaligus mempertimbangkan bantuan yang dapat diberikan kepada peserta didik
dalam meningkatkan Capaian kinerja dimaksud dituangkan dalam bentuk kriteria
atau dimensi yang akan dinilai, yang dibuat secara bertingkat dari kurang
sampai terbaik. Deskripsi di atas menggambarkan instrumen asesmen berupa….
A Catatan anekdot
B Grafik Perkembangan
C Ceklis D Rubrik
Jawaban : D
10 dari 10 soal
Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dilaksanakan
menggunakan prinsip mastery learning. Setiap peserta didik mempelajari tujuan
pembelajaran yang sama dalam setiap pertemuan. Mereka juga mendapatkan
pembelajaran berdiferensiasi. Yang perlu dilakukan jika ada peserta didik yang
tidak dapat mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
A menetapkan mitra dari kawan sefase untuk bantu
mendampingi.
B memberikan perlakuan khusus agar dapat naik kelas.
C menggunakan otorisasi menaikkan secara langsung ke jenjang
selanjutnya.
D memberikan pendampingan untuk mencapai kriteria yang
ditetapkan.
Jawaban : D
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"