Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal : 4.22 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag

Jawaban Soal P5 PPRA pelatihan IKM pintar kemenag

Halo semuanya! Selamat datang kembali di blog kami. Hari ini, kami ingin berbagi dengan kalian kunci jawaban dari soal 4.22 mengenai proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) serta pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kemenag.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu mengenai P5 PPRA dan IKM. P5 PPRA adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta rahmatan lil'alamin. Sedangkan IKM merupakan pelatihan yang diberikan kepada para guru, guru pendamping, dan staf sekolah di Pintar Kemenag, yang bertujuan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka yang inovatif dan mencakup berbagai aspek pendidikan yang holistik.

Proyek ini sangat penting karena dengan memperkuat profil pelajar dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta rahmatan lil'alamin, kita dapat menciptakan generasi yang memiliki jati diri yang kuat, berakhlak mulia, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

Melalui pelatihan IKM, para guru dan staf sekolah di Pintar Kemenag akan diberikan pemahaman dan keterampilan yang mendalam mengenai kurikulum merdeka. Kurikulum ini memiliki pendekatan yang lebih holistik, di mana siswa tidak hanya belajar akademik, tetapi juga mengembangkan berbagai kompetensi lainnya, seperti kreativitas, keterampilan sosial, dan kesadaran lingkungan.

Dalam proyek ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk materi pembelajaran, metode pengajaran yang inovatif, dan penilaian yang berbasis kinerja. Semuanya ini akan membantu menciptakan proses belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi para pelajar.

Pada blog post kali ini, kami akan memberikan kunci jawaban dari soal 4.22 mengenai proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) serta pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kemenag. Dengan adanya kunci jawaban ini, diharapkan kalian dapat memahami materi dengan lebih baik dan siap menghadapi ujian atau tugas terkait.

Jadi, simak terus blog kami untuk mendapatkan kunci jawaban lengkapnya. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk meningkatkan pemahaman kalian mengenai proyek ini. Dan ingat, selalu berbagi pengetahuan dengan teman-teman yang lain agar kita semua dapat tumbuh dan berkembang bersama. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di blog kami berikutnya!

Kunci Jawaban Soal : 4.22 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)

1 dari 10 soal

Merujuk pada struktur kurikulum MTs pada KMA No. 347/2022, total jam pelajaran semua mata pelajaran pada kelas VII MTS Al Husna adalah 1440JP. Sebagai ciri khas madrasah, pada kelas VII MTS Al Husna menambahkan 2 mata pelajaran dengan alokasi waktu masing-masing 2JP setiap minggu. Berdasarkan hasil musyawarah Tim Fasilitator Projek, disepakati bahwa pelaksanaan P5-PPRA pada tahun pelajaran 2023/2024 dialokasikan sebesar 20%. Dengan demikian, alokasi waktu yang tersedia untuk pelaksanaan P5-PPRA pada kelas VII MTS Al Husna adalah sekitar...JP.

A. 303

B. 288

C. 317

D. 316

 

2 dari 10 soal

Dalam 1 tahun pelajaran, Projek Penguatan Profil pada kelas X Madrasah Aliyah dilakukan sekurang-kurangnya:

A. 1s.d. 2 projek profil dengan tema berbeda

B. 3 s.d. 4 projek profil dengan tema berbeda

C. 2 s.d.3 projek profil dengan tema berbeda

D. 2 s.d.3 projek profil dengan tema berbeda

 

3 dari 10 soal

Strategi pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamain di madrasah dapat dilaksanakan secara terpisah melalui kegiatan ko-kurikuler maupun diintergrasikan pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Terkait pelaksanaan proyek profil pelajar tersebut, apabila pendidik bermaksud melaksanakan proyek secara integratif dengan pembelajaran intrakurikuler, maka terdapat tiga tahapan penting yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh pendidik, kecuali...

A.  Menyusun perencanaan pembelajaran dengan cara memetakan dimensi, elemen, sub elemen Profil Pelajar Pancasila dengan nilai, sub nilai, dan sub nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin secara terpadu dengan capaian pembelajaran (CP)

B. Melakukan asesmen terhadap perkembangan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang telah dicapai oleh peserta didik.

C. Melaksanakan pembelajaran melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dan pembelajaran langsung (direct teaching) dalam rangkaian pembelajaran yang telah dirancang/direncanakan sebelumnya

D. Melakukan asesmen terhadap capaian pembelajaran (CP) maupun perkembangan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin secara terpisah


4 dari 10 soal

Perhatikan beberapa tahapan berikut!

1. Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah

2. Membentuk tim fasilitator projek

3. Menyusun modul projek

4. Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu

5. Merancang strategi pelaporan projek

Urutan tahapan yang benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah.....

A. 4, 3, 2, 1, 5

B. 2,1,4,3,5

C. 1, 2, 4, 3, 5

D.1, 2, 3, 4, 5


5 dari 10 soal

Elemen penting dalam rapor P5-PPRA adalah....

A. nama madrasah, nama siswa, kelas, semester, dimensi PPRA, dan deskripsi nilai.

B. nama madrasah, nama siswa, tema, kelas, semester, dimensi P5, dan nilai.

C. nama madrasah, nama siswa, kelas, semester, dimensi P5-PPRA, nilai, dan deskripsi capaian.

D. nama madrasah, nama siswa, tema, kelas, semester, dimensi, nilai, dan deskripsi capaian.

 

6 dari 10 soal

Projek Penguatan Profil merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang diorientasikan untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar peserta didik. Projek Penguatan Profil di madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu: 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar di madrasah tersebut, pernyataan berikut yang tidak tepat adalah...

A. Projek Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki asesmen masing-masing.

B. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dijalankan dalam bentuk kokurikuler, namun dapat juga intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

C. Madrasah dapat memilih mana yang harus dijalankan dahulu antara Projek Profil Pelajar Pancasila atau Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.

D. Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki dimensi, elemen, dan sub-elemen. Sedangkan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin memiliki nilai, sub-nilai, dan indikator.

 

7 dari 10 soal

Tujuan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamiin adalah...

A. Untuk mewujudkan kehidupan berbbangsa dan bernegara yang moderat dan penguasaan kompetensi abad 21.

B. Penguatan identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter pelajar Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks perkembangan Abad 21.

C. Sebagai acuan utama untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.

D. Agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai- nilai Pancasila.

 

8 dari 10 soal

Perhatikan tema-tema dalam P5-PPRA berikut!

1. Hidup Berkelanjutan

2. Aku sayang Bumi

3. Kearifan Lokal

4. Bhinneka Tunggal Ika

5. Aku Cinta Indonesia

6. Bangunlah Jiwa dan Raganya

Tema-tema P5-PPRA yang dapat digunakan untuk jejang MI, MTS, MA, dan MAK adalah...

A. 1, 3, 4, dan 6

B. 1, 2, 3, dan 4

C. 1,3,4, dan 5

D. 1, 2, 3, dan 5

 

9 dari 10 soal

Manusia diciptakan oleh Allah SWT. berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Sekalipun demikian, hal ini tidak berimplikasi terhadap perlakuan yang berbeda. Di hadapan Allah, yang manusia manusia satu dengan yang lain hanyalah ketaqwaannya semata. Konsep inilah yang diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui nilai .....

A. Berimbang (tawazun)

B. Kesetaraan (musawah)

C. Berkeadaban (ta addub)

D.Keteladanan (qudwah)

 

10 dari 10 soal

Di sebuah MTs, Tim Fasilitator Projek menemukan bahwa mayoritas peserta didik cenderung mengabaikan kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah. Pada berbagai sudut madrasah banyak dijumpai sampah bertebaran mengganggu pemandangan. Tak hanya itu, lingkungan madrasah juga terlihat gersang, hanya sedikit tanaman yang tumbuh dalam kondisi tidak terawat. Bermula dari kondisi tersebut, Tim Fasilitator Projek memutuskan untuk mendesain projek yang diorientasikan untuk menumbuhkembangkan kepedulian peserta didik terhadap madrasah dan mencari solusi atas permasalahan yang ada. Berdasarkan konteks permasalahan tersebut, tema yang dapat diangkat dalam projek adalah...

A. Bhinneka Tunggal Ika

B. Bangunlah Jiwa dan Raganya

C. Demokrasi

D. Hidup Berkelanjutan

 

*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.22 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"