Kunci Jawaban Soal : 4.22 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag
Halo semuanya! Selamat datang kembali di blog kami. Hari ini, kami ingin berbagi dengan kalian kunci jawaban dari soal 4.22 mengenai proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) serta pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kemenag.
Kunci Jawaban Soal : 4.22 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)
1 dari 10 soal
Merujuk pada struktur
kurikulum MTs pada KMA No. 347/2022, total jam pelajaran semua mata pelajaran
pada kelas VII MTS Al Husna adalah 1440JP. Sebagai ciri khas madrasah, pada
kelas VII MTS Al Husna menambahkan 2 mata pelajaran dengan alokasi waktu masing-masing
2JP setiap minggu. Berdasarkan hasil musyawarah Tim Fasilitator Projek,
disepakati bahwa pelaksanaan P5-PPRA pada tahun pelajaran 2023/2024
dialokasikan sebesar 20%. Dengan demikian, alokasi waktu yang tersedia untuk
pelaksanaan P5-PPRA pada kelas VII MTS Al Husna adalah sekitar...JP.
A. 303
B. 288
C. 317
D. 316
2 dari 10 soal
Dalam 1 tahun
pelajaran, Projek Penguatan Profil pada kelas X Madrasah Aliyah dilakukan
sekurang-kurangnya:
A. 1s.d. 2 projek
profil dengan tema berbeda
B. 3 s.d.
4 projek profil dengan tema berbeda
C. 2 s.d.3 projek
profil dengan tema berbeda
D. 2 s.d.3 projek
profil dengan tema berbeda
3 dari 10 soal
Strategi pelaksanaan
Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamain di
madrasah dapat dilaksanakan secara terpisah melalui kegiatan ko-kurikuler
maupun diintergrasikan pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler maupun
ekstrakurikuler. Terkait pelaksanaan proyek profil pelajar tersebut, apabila
pendidik bermaksud melaksanakan proyek secara integratif dengan pembelajaran
intrakurikuler, maka terdapat tiga tahapan penting yang harus diperhatikan dan
dilakukan oleh pendidik, kecuali...
A. Menyusun perencanaan pembelajaran dengan cara
memetakan dimensi, elemen, sub elemen Profil Pelajar Pancasila dengan nilai,
sub nilai, dan sub nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin secara terpadu
dengan capaian pembelajaran (CP)
B. Melakukan
asesmen terhadap perkembangan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin yang telah dicapai oleh peserta didik.
C. Melaksanakan
pembelajaran melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dan
pembelajaran langsung (direct teaching) dalam rangkaian pembelajaran yang telah
dirancang/direncanakan sebelumnya
D. Melakukan asesmen
terhadap capaian pembelajaran (CP) maupun perkembangan Profil Pelajar Pancasila
dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin secara terpisah
4 dari 10 soal
Perhatikan beberapa
tahapan berikut!
1. Mengidentifikasi
tingkat kesiapan madrasah
2. Membentuk tim
fasilitator projek
3. Menyusun modul
projek
4. Merancang dimensi,
tema, dan alokasi waktu
5. Merancang strategi
pelaporan projek
Urutan tahapan yang
benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah.....
A. 4, 3, 2, 1, 5
B. 2,1,4,3,5
C. 1, 2, 4, 3, 5
D.1, 2, 3, 4, 5
5 dari 10 soal
Elemen penting dalam
rapor P5-PPRA adalah....
A. nama madrasah, nama
siswa, kelas, semester, dimensi PPRA, dan deskripsi nilai.
B. nama madrasah, nama
siswa, tema, kelas, semester, dimensi P5, dan nilai.
C. nama
madrasah, nama siswa, kelas, semester, dimensi P5-PPRA, nilai, dan deskripsi
capaian.
D. nama madrasah, nama
siswa, tema, kelas, semester, dimensi, nilai, dan deskripsi capaian.
6 dari 10 soal
Projek Penguatan
Profil merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang diorientasikan untuk
mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar
peserta didik. Projek Penguatan Profil di madrasah diproyeksikan pada 2 (dua)
aspek yaitu: 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil
alamin. Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar di madrasah tersebut,
pernyataan berikut yang tidak tepat adalah...
A. Projek
Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki
asesmen masing-masing.
B. Projek penguatan
profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dijalankan dalam bentuk
kokurikuler, namun dapat juga intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
C. Madrasah dapat
memilih mana yang harus dijalankan dahulu antara Projek Profil Pelajar
Pancasila atau Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.
D. Projek penguatan
profil pelajar Pancasila memiliki dimensi, elemen, dan sub-elemen. Sedangkan
Profil Pelajar Rahmatan lil alamin memiliki nilai, sub-nilai, dan indikator.
7 dari 10 soal
Tujuan Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamiin
adalah...
A. Untuk mewujudkan
kehidupan berbbangsa dan bernegara yang moderat dan penguasaan kompetensi abad
21.
B. Penguatan
identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter
pelajar Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks
perkembangan Abad 21.
C. Sebagai acuan utama
untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.
D. Agar setiap
individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan
berperilaku sesuai nilai- nilai Pancasila.
8 dari 10 soal
Perhatikan tema-tema
dalam P5-PPRA berikut!
1. Hidup Berkelanjutan
2. Aku sayang Bumi
3. Kearifan Lokal
4. Bhinneka Tunggal
Ika
5. Aku Cinta Indonesia
6. Bangunlah Jiwa dan
Raganya
Tema-tema P5-PPRA yang
dapat digunakan untuk jejang MI, MTS, MA, dan MAK adalah...
A. 1, 3,
4, dan 6
B. 1, 2, 3, dan 4
C. 1,3,4, dan 5
D. 1, 2, 3, dan 5
9 dari 10 soal
Manusia diciptakan
oleh Allah SWT. berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Sekalipun demikian, hal ini
tidak berimplikasi terhadap perlakuan yang berbeda. Di hadapan Allah, yang
manusia manusia satu dengan yang lain hanyalah ketaqwaannya semata. Konsep
inilah yang diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan profil pelajar
Rahmatan Lil Alamin melalui nilai .....
A. Berimbang (tawazun)
B. Kesetaraan
(musawah)
C. Berkeadaban (ta
addub)
D.Keteladanan (qudwah)
10 dari 10 soal
Di sebuah MTs, Tim
Fasilitator Projek menemukan bahwa mayoritas peserta didik cenderung
mengabaikan kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah. Pada berbagai sudut
madrasah banyak dijumpai sampah bertebaran mengganggu pemandangan. Tak hanya
itu, lingkungan madrasah juga terlihat gersang, hanya sedikit tanaman yang
tumbuh dalam kondisi tidak terawat. Bermula dari kondisi tersebut, Tim
Fasilitator Projek memutuskan untuk mendesain projek yang diorientasikan untuk
menumbuhkembangkan kepedulian peserta didik terhadap madrasah dan mencari
solusi atas permasalahan yang ada. Berdasarkan konteks permasalahan tersebut,
tema yang dapat diangkat dalam projek adalah...
A. Bhinneka Tunggal
Ika
B. Bangunlah Jiwa dan
Raganya
C. Demokrasi
D. Hidup
Berkelanjutan
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak
sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi.
Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.22 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"