Kunci Jawaban Soal : 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag
Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kunci jawaban soal penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) untuk materi pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kementerian Agama (Kemenag). Dalam blog post kali ini, saya akan membantu Anda memahami konsep dan pentingnya penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kunci Jawaban Soal : 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
1 dari 10 soal
Dalam ruang lingkup
madrasah, perumusan dan penyusunan alur dan tujuan pembelajaran berfungsi
mengarahkan madrasah dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi
pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara
sistematis, konsisten, dan terukur. Dalam KOM hal ini dimaknai sebagai .....
A. Modul ajar
B. Perencanaan dalam
ruang lingkup kelas
C. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
D. Perencanaan
dalam ruang lingkup madrasah
2 dari 10 soal
Madrasah Al-Kautsar
saat menyusun Kurikulum Oprasional Madrasah (KOM) mengadakan diskusi dengan
para sesepuh sekitar dan beberapa lulusan madrasah yang dianggap berhasil.
Kepala madrasah meminta masukan pada diskusi tersebut, hal ini sesuai dengan
prinsip penyusunan KOM pada komponen....
A. Esensial
B. Kontekstual
C. Berpusat pada
peserta didik
D. Akuntabel
3 dari 10 soal
Pengetahuan yang akan
dipelajari harus masuk akal bagi peserta didik (konsep yang dipelajari dan
aktivitas yang dilakukan dapat dihubungkan dengan kondisi nyata, termasuk
menunjukkan permasalahan nyata yang harus dipecahkan/diselesaikan) merupakan
prinsip dari...
A. pembelajaran
yang bermakna
B. pembelajaran
tematik
c. pembelajaran sistem
blok
D. kegiatan berpusat
pada guru
4 dari 10 soal
Struktur kurikulum
yang memuat kegiatan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran
merupakan...
A. Pencapaian Profil
Pelajar Pancasila
B. Pembelajaran
Intrakurikuler
C. Pembelajaran
Kokurikuler
D. Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin
5 dari 10 soal
Pelaksanaan projek
penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin
dilakukan pada MTs yang memiliki intrakurikuler dengan alokasi waktu 1500 JP
pertahun, jika pelaksanaan P5 dan PPRA sebanyak 20% MTS memilih 3 proyek, maka
alokasi waktu setiap proyek adalah...
A. Alokasi Proyek 1 =
120 JP; Alokasi Proyek 1 = 120 JP; Alokasi Proyek 1 = 120 JP
B. Alokasi Proyek 1 =
90 JP; Alokasi Proyek 1= 100 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP
C. Alokasi Proyek 1=
110 JP; Alokasi Proyek 1= 90 JP; Alokasi Proyek 1 = 120 JP
D. Alokasi
Proyek 1 = 120 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP
6 dari 10 soal
Pada saat madrasah
melakukan identifikasi kekhasan daerah setempat yang penting untuk
dilestarikan, maka madrasah sedang menyusun KOM pada komponen...
A. Visi, Misi, dan
Tujuan
B. Perencanaan
Pembelajaran
C. Pengorganisasian
Pembelajaran
D. Analisis
Karakteristik Madrasah
7 dari 10 soal
Salah satu dari
nilai-nilai madrasah sebagai dasar Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah
(KOM) adalah...
A. Pemerataan mutu
sesuai madrasah
B. Akhlak
di atas ilmu pengetahuan
C. Melibatkan berbagai
pemangku kepentingan
D. Melibatkan
perwakilan warga madrasah
8 dari 10 soal
Salah satu cara
pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan cara konsep-konsep dan
keterampilan tertentu dari mata pelajaran diajarkan secara kolaboratif (team
teaching) serta pendidik berkolaborasi sedemikian rupa untuk merencanakan,
melaksanakan dan melakukan asesmen untuk suatu pembelajaran yang terpadu.
Pendekatan ini disebut....
A. Pendekatan mata
pelajaran
B. Pendekatan tematik
C. Pendekatan
secara terintegrasi
D. Pendekatan dalam
blok
9 dari 10 soal
Agar penyusunan KOM
tidak terjebak pada pemenuhan kebutuhan adminitratif, namun secara kepentingan
lebih besar, maka kepala madrasah perlu memahami...
A. Karakteristik
peserta didik
B. Budaya lokal
C. Substansi
diferensiasi madrasah
D. Kemampuan warga
madrasah
10 dari 10 soal
Pelaksanaan projek
penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan lil Alamin
secara muatan, projek profil harus mengacu pada....
A. Capaian visi, misi
dan tujuan satuan
B. Capaian
profil pelajar sesuai dengan fase peserta didik
C. Capaian
pembelajaran pada mata pelajaran
D. Capaian tujuan dari
setiap mata pelajaran
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak
sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi.
Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"