Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal : 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag

Jawaban Soal 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kunci jawaban soal penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) untuk materi pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kementerian Agama (Kemenag). Dalam blog post kali ini, saya akan membantu Anda memahami konsep dan pentingnya penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Materi pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kemenag merupakan sebuah program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Dalam materi pelatihan ini, peserta akan diajarkan bagaimana menyusun kurikulum operasional madrasah (KOM) yang efektif dan relevan dengan perkembangan pendidikan saat ini.

Penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) merupakan langkah awal yang krusial dalam melaksanakan program IKM. KOM merupakan rencana kegiatan dan pembelajaran yang spesifik yang harus dilakukan oleh setiap madrasah dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Tanpa adanya KOM yang baik dan terstruktur, implementasi kurikulum merdeka (IKM) di madrasah tidak akan efektif dan tidak akan memberikan hasil yang diharapkan.

Melalui blog post ini, kami akan menyediakan kunci jawaban untuk soal nomor 4.27 yang berkaitan dengan penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) dalam pelatihan IKM di Pintar Kemenag. Jawaban-jawaban yang kami berikan akan mengungkapkan konsep dan prinsip dasar dalam penyusunan KOM yang efektif dan menarik.

Kami percaya bahwa dengan memahami dan menerapkan kunci jawaban ini, madrasah-madrasah di seluruh Indonesia akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Kurikulum operasional madrasah (KOM) yang baik akan memberikan pedoman yang jelas dalam melaksanakan kurikulum merdeka (IKM) di tingkat madrasah. Dengan adanya KOM yang terstruktur dengan baik, madrasah dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dalam IKM.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari kunci jawaban soal penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) untuk materi pelatihan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Pintar Kemenag yang kami sajikan dalam blog post ini. Di sini, Anda akan menemukan informasi yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan langsung dalam mengembangkan kurikulum operasional madrasah (KOM) yang berkualitas. Teruslah membaca dan selamat menimba ilmu!

Kunci Jawaban Soal : 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)

1 dari 10 soal

Dalam ruang lingkup madrasah, perumusan dan penyusunan alur dan tujuan pembelajaran berfungsi mengarahkan madrasah dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, dan terukur. Dalam KOM hal ini dimaknai sebagai .....

A. Modul ajar

B. Perencanaan dalam ruang lingkup kelas

C. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

D. Perencanaan dalam ruang lingkup madrasah

 

2 dari 10 soal

Madrasah Al-Kautsar saat menyusun Kurikulum Oprasional Madrasah (KOM) mengadakan diskusi dengan para sesepuh sekitar dan beberapa lulusan madrasah yang dianggap berhasil. Kepala madrasah meminta masukan pada diskusi tersebut, hal ini sesuai dengan prinsip penyusunan KOM pada komponen....

A. Esensial

B. Kontekstual

C. Berpusat pada peserta didik

D. Akuntabel

 

3 dari 10 soal

Pengetahuan yang akan dipelajari harus masuk akal bagi peserta didik (konsep yang dipelajari dan aktivitas yang dilakukan dapat dihubungkan dengan kondisi nyata, termasuk menunjukkan permasalahan nyata yang harus dipecahkan/diselesaikan) merupakan prinsip dari...

A. pembelajaran yang bermakna

B. pembelajaran tematik

c. pembelajaran sistem blok

D. kegiatan berpusat pada guru

 

4 dari 10 soal

Struktur kurikulum yang memuat kegiatan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran merupakan...

A. Pencapaian Profil Pelajar Pancasila

B. Pembelajaran Intrakurikuler

C. Pembelajaran Kokurikuler

D. Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

 

5 dari 10 soal

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin dilakukan pada MTs yang memiliki intrakurikuler dengan alokasi waktu 1500 JP pertahun, jika pelaksanaan P5 dan PPRA sebanyak 20% MTS memilih 3 proyek, maka alokasi waktu setiap proyek adalah...

A. Alokasi Proyek 1 = 120 JP; Alokasi Proyek 1 = 120 JP; Alokasi Proyek 1 = 120 JP

B. Alokasi Proyek 1 = 90 JP; Alokasi Proyek 1= 100 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP

C. Alokasi Proyek 1= 110 JP; Alokasi Proyek 1= 90 JP; Alokasi Proyek 1 = 120 JP

D. Alokasi Proyek 1 = 120 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP


6 dari 10 soal

Pada saat madrasah melakukan identifikasi kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan, maka madrasah sedang menyusun KOM pada komponen...

A. Visi, Misi, dan Tujuan

B. Perencanaan Pembelajaran

C. Pengorganisasian Pembelajaran

D. Analisis Karakteristik Madrasah

 

7 dari 10 soal

Salah satu dari nilai-nilai madrasah sebagai dasar Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) adalah...

A. Pemerataan mutu sesuai madrasah

B. Akhlak di atas ilmu pengetahuan

C. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan

D. Melibatkan perwakilan warga madrasah

 

8 dari 10 soal

Salah satu cara pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan cara konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata pelajaran diajarkan secara kolaboratif (team teaching) serta pendidik berkolaborasi sedemikian rupa untuk merencanakan, melaksanakan dan melakukan asesmen untuk suatu pembelajaran yang terpadu. Pendekatan ini disebut....

A. Pendekatan mata pelajaran

B. Pendekatan tematik

C. Pendekatan secara terintegrasi

D. Pendekatan dalam blok

 

9 dari 10 soal

Agar penyusunan KOM tidak terjebak pada pemenuhan kebutuhan adminitratif, namun secara kepentingan lebih besar, maka kepala madrasah perlu memahami...

A. Karakteristik peserta didik

B. Budaya lokal

C. Substansi diferensiasi madrasah

D. Kemampuan warga madrasah

 

10 dari 10 soal

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan lil Alamin secara muatan, projek profil harus mengacu pada....

A. Capaian visi, misi dan tujuan satuan

B. Capaian profil pelajar sesuai dengan fase peserta didik

C. Capaian pembelajaran pada mata pelajaran

D. Capaian tujuan dari setiap mata pelajaran


*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.27 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"