Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal : 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag

Kunci jawaban Pelatihan IKM Pintar Kemenag

Selamat datang di blog kami yang membahas tentang kunci jawaban soal 4.5 perubahan paradigma pendidikan madrasah dan pelatihan IKM di Pintar Kemenag. Pendidikan madrasah sudah lama menjadi topik yang menarik dalam konteks pendidikan di Indonesia. Namun, saat ini terdapat perubahan paradigma yang sedang berlangsung di bidang ini, dengan fokus pada pelatihan IKM. Di artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang perubahan-perubahan ini dan bagaimana hal itu dapat memberikan dampak positif pada pendidikan madrasah.

Pada era globalisasi yang semakin pesat ini, pendidikan menjadi salah satu faktor kunci dalam menghadapi tantangan serta mempersiapkan generasi muda untuk sukses di masa depan. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Agama, telah mengambil langkah-langkah progresif untuk mengubah paradigma pendidikan madrasah agar sesuai dengan kebutuhan zaman.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggabungkan pendidikan madrasah dengan pelatihan IKM. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan praktis kepada guru madrasah agar siap menghadapi dunia pendidikan yang terus berkembang. Dalam dunia pendidikan yang semakin terhubung dan bersaing ini, memiliki keterampilan yang relevan dan up-to-date sangatlah penting.

Dalam artikel ini, kami akan membahas kunci jawaban soal 4.5, yang merupakan informasi yang sangat dibutuhkan bagi siswa madrasah yang sedang mempelajari topik ini.

Jadi, mari kita eksplorasi bersama perubahan paradigma pendidikan madrasah dan pelatihan IKM di Pintar Kemenag. Bagaimana perubahan ini dapat membantu mempersiapkan siswa madrasah menjadi individu yang sukses dan memberikan dampak positif pada pengembangan ekonomi lokal. Mari kita jelajahi kunci jawaban soal 4.5 dan pelajari lebih lanjut tentang topik yang menarik ini.

Kunci Jawaban Soal : 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah

1 dari 10 soal

Perspektif ibadah dalam muatan kurikulum merdeka di madrasah adalah ….

A menekankan pentingnya fokus pada aspek akademis dalam Pendidikan

B memisahkan pendidikan dari nilai-nilai agama dan ibadah

C mengintegrasikan nilai-nilai agama dan ibadah dalam semua aspek pembelajaran

D mengabaikan aspek spiritual dalam Pendidikan

Jawaban : C

 

2 dari 10 soal

Keterampilan untuk mengelola, mengolah, memilih dan menyingkapi dengan bijak sebuah informasi agar tidak terjebak pada informasi yang merugikan dirinya sendiri adalah.…

A Communication

B Critical Thinking

C Information Literacy

D Technology Literacy

Jawaban : C

 

3 dari 10 soal 

Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah ….

A Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif

B Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum

C Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi

D Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peserta didik

Jawaban : B

 

4 dari 10 soal

Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah ….

A Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik

B Mengikuti perkembangan tantangan zaman

C Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan

D Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat

Jawaban : B

 

5 dari 10 soal

 ÙˆَالَّØ°ِÙŠْÙ†َ اٰÙ…َÙ†ُÙˆْا ÙˆَاتَّبَعَتْÙ‡ُÙ…ْ Ø°ُرِّÙŠَّتُÙ‡ُÙ…ْ بِاِÙŠْÙ…َانٍ اَÙ„ْØ­َÙ‚ْÙ†َا بِÙ‡ِÙ…ْ Ø°ُرِّÙŠَّتَÙ‡ُÙ…ْ ÙˆَÙ…َآ اَÙ„َتْÙ†ٰÙ‡ُÙ…ْ Ù…ِّÙ†ْ عَÙ…َÙ„ِÙ‡ِÙ…ْ Ù…ِّÙ†ْ Ø´َÙŠْØ¡ٍۚ ÙƒُÙ„ُّ امْرِئٍ ۢ بِÙ…َا Ùƒَسَبَ رَÙ‡ِÙŠْÙ†ٌ Pernyataan yang sesuai dengan isi kandungan Surah Ath Thur ayat 21 yang terkait dengan kekhasan pendidikan madrasah adalah….

A menghadapi peserta didik yang memiliki akhlak tercela dengan bimbingan tanpa hati Nurani

B semua tindakan guru kepada peserta didik didasari rasa kasih sayang, terhadap peserta didik yang berperilaku kurang baik tetap disikapi dengan pandangan kasih sayang bukan kebencian

C pembelajaran di madrasah mengesampingkan hati nurani untuk siswa yang memiliki akhlak tercela

D memandang peserta didik yang mempunyai kemampuan belajar tinggi dengan kasih sayang

Jawaban : B

 

6 dari 10 soal


Seorang pendidik perlu mengenal bakat dan potensi setiap anak, hal ini dikarenakan Pernyataan yang tepat akan pentingnya mengenal bakat minat dan potensi siswa adalah …

 A 1, 2, dan 3

B 1, 3, dan 4

C 3, 4, dan 5

D 1, 2, dan 5

Jawaban : D

 

7 dari 10 soal 

Dalam penerapan kurikulum merdeka terdapat prinsip fleksibilitas, karena itu timbul istilah pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi penting karena ….

A menciptakan pembelajaran yang kompetitif

B hanya mengakomodasi kebutuhan siswa yang memiliki kecerdasan tinggi

C memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa

D semua siswa mendapat perlakuan yang sama

Jawaban : C

 

8 dari 10 soal

Salah satu kekhasan pembelajaran di madrasah bahwa pembelajaran tersebut mengarusutamakan upaya memfungsikan hati nurani dengan membersihkan diri dari akhlak tercela (takhally) dan sekaligus menghiasi diri dengan akhlak terpuji (tahally) melalui proses mujahadah (kesungguhan) dan riyadhah (latihan). Hal ini sesuai dengan nilai kekhasan dan ruh Pendidikan madrasah, yaitu ….

A pandangan ainur rahmah

B perspektif ibadah kepada Allah SWT

C hubungan guru dan peserta didik dengan mahabbah fillah

D hati nurani sebagai sasaran utama

Jawaban : A

 

9 dari 10 soal

Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah ….

A Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah

B Semua aktivitas praktik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah SWT

C Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target

D Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah

Jawaban : C

 

10 dari 10 soal

Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu ….

A Memperhatikan karakteristik peserta didik

B Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar

C Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdiferensiasi

D Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran

Jawaban : D


*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah I Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"