Kunci Jawaban 3.10 Marketing Mix Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Pesantren - Pintar Kemenag
Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Pesantren Pintar Kemenag
Informasi Umum
Selamat datang di Pelatihan Mandiri Bersertifikat Kementerian Agama.
Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.
Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Materi Pelatihan
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari :
- Best Practice Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Pesantren
- Entrepreneurship MIndset : Dra. Budi Lestari, M.Pd
- Business Skill : Dr. Fatma Widyastuti, S.Pd., M.Ed
- Business Plan : Achmad Subkhan, S.H.I., M.S.I.
- Marketing Mix : Dra. Hj. Ngamilah, M.S.I
- Akuntansi dan Manajemen Keuangan : Dr. Hj. Siti Rokhanah, M.Ag.
Sasaran Pelatihan : pengelola pondok pesantren, santri/santriwati, alumni pondok pesantren.
Tujuan Pelatihan : Untuk menginternalisasi nilai, sikap dan keterampilan kewirausahaan di lingkungan pondok pesantren dengan pengelolaan modern.
Latar Belakang Pelatihan
Pondok pesantren sebagai pusat pendidikan Islam sering memainkan peran krusial dalam membentuk karakter dan pengetahuan para santri. Dengan memahami pentingnya pengembangan ekonomi di tingkat komunitas, pesantren-pesantren modern mulai menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Langkah ini dilakukan untuk memberdayakan santri dan masyarakat sekitarnya agar mampu menghadapi tantangan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja. Pelatihan tersebut bertujuan membangun keterampilan bisnis, pengetahuan manajemen, dan kreativitas dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi lokal. Dengan demikian, pesantren bukan hanya tempat pendidikan agama, tetapi juga menjadi motor penggerak ekonomi yang berkelanjutan di wilayahnya.
Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari.
Persyaratan
1. PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
2. Syarat Pangkat/Golongan Ruang : Semua
3. Syarat Jenis Kelamin : Semua
4. Syarat Pendidikan Umum : Semua
Kunci Jawaban 3.10 Marketing Mix Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Pesantren - Pintar Kemenag
Soal 1
Apa peran harga dalam marketing mix pondok
pesantren?
A. Mengatur biaya pendidikan
B. Mengukur kualitas pendidikan.
C. Meningkatkan jumlah santri.
D. Menarik perhatian media massa.
Jawaban yang tepat: A. Mengatur biaya
pendidikan
Soal 2
Bagaimana marketing mix dapat membantu pondok
pesantren dalam menarik perhatian calon santri?
A. Harga rendah meningkatkan citra pesantren
B. Harga tinggi menarik santri dari latar
belakang ekonomi yang tinggi
C. Harga tidak memengaruhi keputusan calon
santri
D. Penetapan harga yang tepat meningkatkan
pendapatan pesantren
Jawaban yang tepat: D. Penetapan harga yang
tepat meningkatkan pendapatan pesantren
Soal 3
Apa tujuan utama penerapan marketing mix pada
umumnya?
A. Strategi penentuan harga
B. Jaringan distribusi produk
C. Sebuah rencana bisnis jangka panjang
D. Kombinasi variabel pemasaran yang
dikendalikan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen
Jawaban yang tepat: D. Kombinasi variabel
pemasaran yang dikendalikan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen
Soal 4
Mengapa promosi sangat penting dalam marketing
mix di pondok pesantren?
A. Untuk meningkatkan keuntungan pesantren.
B. Promosi tidak penting dalam konteks
pesantren.
C. Untuk memberikan informasi kepada
masyarakat tentang pesantren.
D. Agar calon santri memiliki tingkat
kehadiran yang rendah.
Jawaban yang tepat: C. Untuk memberikan
informasi kepada masyarakat tentang pesantren.
Soal 5
Mengapa promosi menjadi elemen penting dalam
marketing mix pondok pesantren?
A. Untuk memaksimalkan keuntungan
B. Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan
C. Untuk bersaing dengan pesantren lain
D. Untuk menarik perhatian calon santri
Jawaban yang tepat: D. Untuk menarik perhatian
calon santri
Soal 6
Apa tujuan utama penerapan marketing mix di
pondok pesantren?
A. Meningkatkan penjualan
B. Meningkatkan kualitas pendidikan
C. Meningkatkan jumlah santri
D. Meningkatkan keuntungan
Jawaban yang tepat: B. Meningkatkan kualitas
pendidikan
Soal 7
Apa yang dimaksud dengan marketing mix dalam
dunia pemasaran
A. Strategi penentuan harga
B. sebuah rencana bisnis jangka panjang
C. saringan distribusi produk
D. kombinasi variabel pemasaran yang
dikendalikan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen
Jawaban yang tepat: D. kombinasi variabel
pemasaran yang dikendalikan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen
Soal 8
Mengapa aspek produk dalam marketing mix
penting bagi pondok pesantren?
A. Untuk menarik perhatian media
B. Untuk bersaing dengan pesantren lain.
C. Untuk memberikan layanan pendidikan yang
berkualitas.
D. Untuk memaksimalkan keuntungan
Jawaban yang tepat: C. Untuk memberikan
layanan pendidikan yang berkualitas.
Soal 9
Penerapan konsep marketing mix sebagai
strategi pemasaran, dalam perkembangannya banyak membantu dan menentukan
keberhasilan bisnis dalam mencapai target market, hingga akhirnya mereka
menjadi
A. konsumen irit
B. konsumen loyal
C. konsumen cerdas
D. konseumet kreatif
Jawaban yang tepat: B. konsumen loyal
Soal 10
Bagaimana distribusi dapat memberikan manfaat
kepada pondok pesantren dalam konteks marketing mix?
A. Distribusi memastikan biaya pendidikan
rendah
B. Distribusi tidak memiliki peran dalam
pesantren
C. Distribusi memudahkan akses calon santri ke
pondok pesantren
D. Distribusi memastikan santri mendapatkan
fasilitas terbaik
Jawaban yang tepat: C. Distribusi memudahkan
akses calon santri ke pondok pesantren
*Disclimer
Jawaban mungkin
tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami
pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran
mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban 3.10 Marketing Mix Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Pesantren - Pintar Kemenag"