Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) kembali memberikan angin segar bagi para pendidik di seluruh Indonesia dengan menghadirkan pelatihan Metodologi Pembelajaran melalui platform Pintar. Pelatihan yang diselenggarakan secara asynchronous dan full online ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensinya tanpa terikat oleh waktu dan tempat.
Pelatihan yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Agustus 2024 ini merupakan bagian dari komitmen Kemenag dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi MOOC (Massive Open Online Course), pelatihan ini memungkinkan para peserta untuk belajar secara mandiri sesuai dengan ritme masing-masing. Materi-materi yang disajikan disusun secara sistematis dan interaktif, sehingga peserta dapat dengan mudah memahami konsep-konsep penting dalam metodologi pembelajaran.
Pada Pelatihan Metodologi Pembelajaran, peserta akan mempelajari :
- Konsep Metodologi Pembelajaran
- Model-model Pembelajaran
- Pemetaan model pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembejaran
- Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plan)
- Pengembangan strategi pembelajaran
Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024
1 dari 10 Soal
Adanya kelompok ahli dan kelompok asal merupakan salah satu
ciri dari model pembelajaran…
A. Inside and outside circle models
B. Cooperative Learning type Jigsaw
C. Galery Walk Models
D. Mind map models
Jawaban: B. Cooperative Learning type Jigsaw
2 dari 10 Soal
Berikut ini adalah beberapa faktor yang seharusnya menjadi
pertimbangan dalam memilih jenis-jenis model pembelajaran, kecuali…
A. Tujuan pembelajaran, ketersediaan sarana dan prasarana
pembelajaran serta ketersediaan waktu
B. Tujuan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran, ketersediaan
waktu dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran, kemampuan tahap belajar siswa dan guru, dan
ketersediaan sarana prasarana pembelajaran
D. Sarana dan prasarana pembelajaran, ketersediaan waktu dan mempertimbangkan
kelebihan dan kekurangan metode dan model pembelajaran
Jawaban:
B. Tujuan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran, ketersediaan
waktu dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
3 dari 10 soal
Berikut ini adalah beberapa metode pembelajaran yang
dikembangkan dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka…
A. Student-Centered Learning, Teacher_Centered Learning, Inquiry Learning,
Problem-Based Learning dan Project-Based Learning
B. Student-Centered Learning, Teacher_Centered Learning, Inquiry Learning,
Problem-Based Learning dan Cooperative Learning
C. Student-Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan
Project-Based Learning, Cooperative Learning dan Pembelajaran berdiferensiasi
D. Student-Centered Learning, Teacher_Centered Learning, Inquiry Learning,
Problem-Based Learning dan Project-Based Learning serta pembelajaran
berdiferensiasi
Jawaban:
C. Student-Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan
Project-Based Learning, Cooperative Learning dan Pembelajaran berdiferensiasi
4 dari 10 soal
Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak
dapat dipisahkan. Siklus pada pembelajaran adalah…
A. Perencanaan Asesmen, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran B. Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran C. Perencanaan Asesmen, Perencanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan
Pembelajaran
D. Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Perencanaan Asesmen
Jawaban:
B. Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran
5 dari 10 soal
Pelaksanaan pembelajaran dirancang oleh pendidik untuk
memberi pengalaman belajar yang berkualitas, interaktif dan kontekstual, oleh
sebab itu pendidik diharapkan menyelenggarakan pembelajaran, kecuali…
A. Interaktif, menyenangkan, menantang dan memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif
B. Aktif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik
dan psikologis peserta didik
C. Interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang
D. Inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik
dan psikologis peserta didik
Jawaban:
B. Aktif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik
dan psikologis peserta didik
6 dari 10 soal
Salah satu kunci untuk menentukan model pembelajaran apa
yang tepat digunakan oleh pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran adalah…
A. Ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran
B. Kompetensi yang dicapai oleh peserta didik
C. Materi yang akan dibahas dalam pembelajaran
D. Ketersediaan waktu yang digunakan
Jawaban:
B. Kompetensi yang dicapai oleh peserta didik
7 dari 10 soal
Pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran discovery
learning dalam pelaksanaan pembelajarannya, berikut ini adalah beberapa model
kurang tepat dimplementasikan pendidik…
A. Take and give models, picture and picture models dan Two
Stay Two Stray
B. Snowball Throwing models, inside and outside circle models dan think, pair
and share models
C. Think, pair and share models, gallery walk models dan make a match models
D. Time tokens models, hot card models dan windows shooping models
Jawaban:
D. Time tokens models, hot card models dan windows shooping models
8 dari 10 soal
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
mengamanatkan bahwa…
A. Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan
suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
B. Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan
yang bermakna, menyenangkan, aktif, kreatif, dinamis dan dialogis
C. Pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna,
menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
D. Pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna,
menyenangkan, aktif, kreatif, dinamis dan dialogis
Jawaban:
A. Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan
yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
9 dari 10 soal
Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang
harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran
pada mata pelajaran di sekolah untuk setiap fase tercantum pada….
A. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022
B. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5
Tahun 2022
C. Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022
D. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022
Jawaban:
C. Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022
10 dari 10 soal
Beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam
metode pembelajaran berbasis project adalah…
A. Mind map models, Numbered Head Together models dan Galery
walk models
B. Windows shooping models, mind map models dan gallery walk models
C. Think, pair and share models, mind map models dan windows shooping models
Jawaban:
B. Windows shooping models, mind map models dan gallery walk models
Demikian Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 pelatihan di Pintar Kemenag 2024, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024"