Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024

 

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) kembali memberikan angin segar bagi para pendidik di seluruh Indonesia dengan menghadirkan pelatihan Metodologi Pembelajaran melalui platform Pintar. Pelatihan yang diselenggarakan secara asynchronous dan full online ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensinya tanpa terikat oleh waktu dan tempat.

Pelatihan yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Agustus 2024 ini merupakan bagian dari komitmen Kemenag dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi MOOC (Massive Open Online Course), pelatihan ini memungkinkan para peserta untuk belajar secara mandiri sesuai dengan ritme masing-masing. Materi-materi yang disajikan disusun secara sistematis dan interaktif, sehingga peserta dapat dengan mudah memahami konsep-konsep penting dalam metodologi pembelajaran.

Pada Pelatihan Metodologi Pembelajaran, peserta akan mempelajari :

  1. Konsep Metodologi Pembelajaran
  2. Model-model Pembelajaran
  3. Pemetaan model pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembejaran
  4. Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plan)
  5. Pengembangan strategi  pembelajaran

Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024

1 dari 10 Soal

Adanya kelompok ahli dan kelompok asal merupakan salah satu ciri dari model pembelajaran…

A. Inside and outside circle models
B. Cooperative Learning type Jigsaw
C. Galery Walk Models
D. Mind map models

Jawaban: B. Cooperative Learning type Jigsaw


2 dari 10 Soal

Berikut ini adalah beberapa faktor yang seharusnya menjadi pertimbangan dalam memilih jenis-jenis model pembelajaran, kecuali…

A. Tujuan pembelajaran, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran serta ketersediaan waktu
B. Tujuan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran, ketersediaan waktu dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran, kemampuan tahap belajar siswa dan guru, dan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran
D. Sarana dan prasarana pembelajaran, ketersediaan waktu dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode dan model pembelajaran

Jawaban:
B. Tujuan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran, ketersediaan waktu dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran


3 dari 10 soal

Berikut ini adalah beberapa metode pembelajaran yang dikembangkan dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka…
A. Student-Centered Learning, Teacher_Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning
B. Student-Centered Learning, Teacher_Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Cooperative Learning
C. Student-Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning, Cooperative Learning dan Pembelajaran berdiferensiasi
D. Student-Centered Learning, Teacher_Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning serta pembelajaran berdiferensiasi

Jawaban:
C. Student-Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning, Cooperative Learning dan Pembelajaran berdiferensiasi


4 dari 10 soal

Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Siklus pada pembelajaran adalah…

A. Perencanaan Asesmen, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran B. Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran C. Perencanaan Asesmen, Perencanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran
D. Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Perencanaan Asesmen

Jawaban:
B. Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran


5 dari 10 soal

Pelaksanaan pembelajaran dirancang oleh pendidik untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas, interaktif dan kontekstual, oleh sebab itu pendidik diharapkan menyelenggarakan pembelajaran, kecuali…

A. Interaktif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif
B. Aktif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik
C. Interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang
D. Inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik

Jawaban:
B. Aktif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik


6 dari 10 soal

Salah satu kunci untuk menentukan model pembelajaran apa yang tepat digunakan oleh pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran adalah…

A. Ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran
B. Kompetensi yang dicapai oleh peserta didik
C. Materi yang akan dibahas dalam pembelajaran
D. Ketersediaan waktu yang digunakan

Jawaban:
B. Kompetensi yang dicapai oleh peserta didik


7 dari 10 soal

Pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran discovery learning dalam pelaksanaan pembelajarannya, berikut ini adalah beberapa model kurang tepat dimplementasikan pendidik…

A. Take and give models, picture and picture models dan Two Stay Two Stray
B. Snowball Throwing models, inside and outside circle models dan think, pair and share models
C. Think, pair and share models, gallery walk models dan make a match models
D. Time tokens models, hot card models dan windows shooping models

Jawaban:
D. Time tokens models, hot card models dan windows shooping models


8 dari 10 soal

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa…

A. Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
B. Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, aktif, kreatif, dinamis dan dialogis
C. Pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
D. Pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, aktif, kreatif, dinamis dan dialogis

Jawaban:
A. Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis


9 dari 10 soal

Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran pada mata pelajaran di sekolah untuk setiap fase tercantum pada….

A. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022
B. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022
C. Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022
D. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022

Jawaban:
C. Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022


10 dari 10 soal

Beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam metode pembelajaran berbasis project adalah…

A. Mind map models, Numbered Head Together models dan Galery walk models
B. Windows shooping models, mind map models dan gallery walk models
C. Think, pair and share models, mind map models dan windows shooping models

Jawaban:
B. Windows shooping models, mind map models dan gallery walk models


Demikian Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 pelatihan di Pintar Kemenag 2024, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban: Modul 3.7 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024"