Kunci Jawaban: Modul Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024
Kunci Jawaban: Modul Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2
Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) kembali memberikan angin segar
bagi para pendidik di seluruh Indonesia dengan menghadirkan pelatihan
Metodologi Pembelajaran melalui platform Pintar. Pelatihan yang diselenggarakan
secara asynchronous dan full online ini memberikan kesempatan bagi para guru
untuk meningkatkan kompetensinya tanpa terikat oleh waktu dan tempat.
Pelatihan yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Agustus
2024 ini merupakan bagian dari komitmen Kemenag dalam meningkatkan kualitas
pendidikan di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi MOOC (Massive Open
Online Course), pelatihan ini memungkinkan para peserta untuk belajar secara
mandiri sesuai dengan ritme masing-masing. Materi-materi yang disajikan disusun
secara sistematis dan interaktif, sehingga peserta dapat dengan mudah memahami
konsep-konsep penting dalam metodologi pembelajaran.
Pada Pelatihan Metodologi Pembelajaran, peserta akan
mempelajari :
- Konsep
Metodologi Pembelajaran
- Model-model
Pembelajaran
- Pemetaan
model pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembejaran
- Perencanaan
Pembelajaran (Lesson Plan)
- Pengembangan
strategi pembelajaran
Kunci Jawaban: Modul Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024
Soal 1 dari 10
Perencanaan adalah pengambilan keputusan tentang apa yang
harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Sehingga, Ketika membuat sebuah rencana,
langkah pertama yang harus dilakukan adalah:
A. Menetapkan tujuan yang akan dicapai
B. Melakukan analisis tujuan yang akan dicapai
C. Menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan
D. Menetapkan kriteria yang harus dipenuhi
Jawaban:
A. Menetapkan tujuan yang akan dicapai
Soal 2 dari 10
Ibu Siti Salihah adalah seorang adalah seorang guru kelas Madrasah Ibtidaiyah. Ibu Siti akan membuat perencanaan pembelajaran kelas 1, yang tahun ajaran baru ini mulai menerapkan kurikulum merdeka. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Ibu Siti Salihah yang tepat adalahA. Modul ajar, karena pada kurikulum merdeka menggunakan
modul ajar.
B. Membuat RPP dan modul ajar
C. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar.
D. RPP yang sudah ada saja
Jawaban:
C. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar.
Soal 3 dari 10
Pak Amirudin adalah guru kelas X Madrasah Aliyah. Pada tahun
ajaran baru ini, Madrasah Aliyah tempat Pak Amirudin bekerja, menerapkan
kurikulum merdeka. Pak Amin bermaksud membuat perencanaan pembelajaran berupa
modul ajar. Pak Amirudin berrencana membuat modul ajar yang sederhana, yang
memuat komponen utama modul ajar. Maka, komponen modul ajar yang dibuat oleh
Pak Amirudin adalah...
A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir
pembelajaran.
B. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran
(rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal
pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal
pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
Jawaban:
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal
pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran
Soal 4 dari 10
Membuat perencanaan pembelajaran, adalah titik awal guru
dalam menciptakan pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran. Guru
dapat memodifikasi perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru lain,
pada mata pelajaran yang sama. Guru juga bisa menjadikan perencanaan
pembelajaran yang sudah dibuat orang lain itu sebagai bahan inspirasi.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru,
diantaranya:
1. Karakteristik madrasah
2. Karakteristik guru
3. Kebutuhan siswa
4. Ketersediaan dana
5. Visi, misi dan tujuan madrasah
6. Kemampuan guru
7. Karakteristik lingkungan madrasah
Perencanaan pembelajaran yang baik harus memperhatikan
aspek-aspek berikut:
A. 2, 3, 5, dan 6
B. 1,3, 5, dan 7
Jawaban:
B. 1,3, 5, dan 7
Soal 5 dari 10
Perencanaan disusun untuk memperoleh keberhasilan. Dengan
demikian, kemungkinan-kemungkinan kegagalan dapat diantisipasi oleh setiap
guru, sehingga, hasilnya pun akan lebih bogus dan optimal. Dengan perencanaan
pebelajaran yang matang, seorang pendidik akan paham, tujuan apa yang harus
dicapai oleh siswa, serta strategi apa yang pantas dilakukan sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai. Hal tersebut menunjukkan bahwa manfaat dari
perencanaan dalam pembelajaran adalah-
A. Memecahkan masalah
B. Memprediksi keberhasilan
C. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat
D. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
Jawaban:
B. Memprediksi keberhasilan
Soal 6 dari 10
Berbeda dengan Pak Amirudin, Pak Asep Saepudin, akan membual
perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pak Asep Saepudin, berkonsultasi pada
wakil kepala madrasah tentang komponen minimal yang harus ada pada RPP, sesuai
dengan panduan pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka. Hasil
konsultasi tersebut, Pak Asep Saepudin menyimpulkan bahwa komponen minimal pada
RPP yang akan dibuatnya, terdiri dari:
A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran,
dan media pembelajaran
B. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal
pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran
(rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal
pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran
Jawaban:
C. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran
(rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).
Soal 7 dari 10
Pak Muhammad Anwar adalah guru Akidah Akhlak di MTs. Pak
Muhammad Anwar tahun ajaran baru ini akan mengajar di kelas VII. Sebelumnya.
Pak Muhammad Anwar selalu mengajar di kelas IX. Pak Muhammad Anwar akan membuat
perencanaan pembelajaran Akidah akhlak agar kegiatan pembelajaran di kelas
efektif dan etisien mencapai tujuan pembelajaran, sekaligus siswa merasa
senang. Maka, langkah yang dilakukan oleh Pak Muhammad Anwar adalah:
1. Mempelajari karakteristik dan kemampuan siswa kelas VII
yang baru masuk
2. Membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dari capaian
pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik madrasah
3. Mendata sumber dan media pembelajaran yang bisa digunakan
4. Merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
Urutan yang tepat dalam melakukan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh
Pak Muhammad Anwar adalah:
A. 4,2,1,3
B. 1, 3, 2,4
C. 1. 2, 3, 4
D. 2,1, 3, 4
Jawaban:
D. 2,1, 3, 4
Soal 8 dari 10
Kenapa harus menyusun perencanaan pembelajaran? Karena sebuh
perencanaan merupakan langkah awal sebelum melaksanakan segala sesuatu. Kata
seorang ahli, suatu peristiwa yang terjadi, diciptakan 3 kali: Dipetakan dalam
pikiran, dituangkan dalam rencana, dan kejadian nyata. Di bawah ini yang bukan
termasuk alasan pentingnya melakukan perencanaan pembelajaran:
A. Agar guru terarah ketika melakukan proses pembelajaran
B. Agar masalah pembelajaran yang muncul bisa diminimalisir
C. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal
D. Agar siswa lebih yakin kompetensinya bisa dicapai
Jawaban:
D. Agar siswa lebih yakin kompetensinya bisa dicapai
Soal 9 dari 10
Apabila guru membuat perencanaan yang matang, guru akan
dengan mudah mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin timbul. Proses
pembelajaran adalah proses yang kompleks dan situasional di mana berbagai
kemungkinan bisa terjadi. Membuat perencanaan pembelajaran, berarti juga
memprediksi kesulitan yang akan dihadapi siswa dalam menguasai kompetensi
pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat perencanaan pembelajaran
adalah....
A. Memecahkan masalah
B. Memprediksi keberhasilan
C. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir
D. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat
Jawaban:
A. Memecahkan masalah
Soal 10 dari 10
Perhatikan kalimat di bawah ini:
1. Proses pengambilan keputusan hasil berfikir rasional
2. Berfikir efektif dan efisen dalam mencapai tujuan
3. Fokus pada tujuan dan sasaran tertentu
4. Rangkaian perilaku yang harus dilakukan
5. Merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu
6. Memanfaatkan sumber belajar yang ada
Terdapat perubahan kegiatan untuk mencapai tujuan Yang
merupakan konsep pembelajaran yang tepat adalah:
A. 1, 3, 5. 6.
B. 1,2, 5, 6.
C. 1, 3, 5,7
Jawaban:
A. 1, 3, 5. 6.
Demikian artikel mengenai Kunci Jawaban Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian
2 di Pintar Kemenag 2024. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas
kunjungannya.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban: Modul Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2 - Pelatihan Pintar Kemenag 2024"