Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Ornamen Kap Lampu dari Bambu

Membuat ornament kap lamp- kap lampu dibuat dari berbagai macam cara dan bahan yang berbeda-beda, ada dari stik es krim, kardus bekas, kaca, bambu dan lain sebagainya.

Kap lampu sangat berguna bagi kebutuhan manusia sehari-hari diantaranya berfungsi sebagai lampu tidur bagi anak-anak ataupun lampu tidur keluarga, selain itu juga kap lampu digunakan sebagai lampu belajar.

Pada kesempatan ini saya akan share bagaimana membuat ornament kap lampu dari lempengan kayu dan potongan bambu. Sebagaimana kita ketahui lempengan kayu dan bambu banyak kita jumpai di sekitar kita yang menjadi sisa-sisa pengerjaan bangunan sehingga dibuang atau dibiarkan begitu saja tidak terpikirkan apa manfaatnya. Selengkapnya simak cara membuat ornament kap lampu berikut ini.

Membuat Ornamen Kap Lampu dari Bambu

A. Bahan dan alat

  1. 1 potong lempengan kayu
  2. 3 potong ruas bambu
  3. Lem kayu (lem rajawali putih)
  4. Lampu timeberline
  5. Gergaji tangan
  6. Gergaji jigsaw
  7. Mesin gerinda/ampelas
  8. Mesin profil
  9. Gas wonderful

B. Langkah kerja

  1. Amplas lempengan kayu dengan mesin gerinda, gunakan amplas yang sedikit kasar, demikian juga lempengan bambu diamplas bagian ujung-ujungnya.
  2. Gambar motif pada bambu sesuai motif yang diinginkan 
  3. Bentuklah motif sesuai polanya menggunakan gergaji jigsaw
  4. Bersihkan/haluskan pinggiran motif yang sudah digergaji menggunakan gas wonderful dengan ujung alat pembakar yang kecil
  5. Takik bagian jung bambu yang mau disambung lalu di lem dan direkatkan. Perekatan dibantu dengan tali
  6. Lukis bagianlempengan kayu sesuai diame bambu yang mau dipasang, lalu lubangi kira-kira 1 cm menggunakan mesin profil mata lurus.
  7. Lem bagian kayu yang sudah dilubang, begitu pula bagian bambu yang mau dipasangkan
  8. Jangan lupalubang tembus pada bagian lempeng kayu dengan diameter kira-kira 2.5 cm ditengah lempengan kayu yang akan dimasukkan kabel lampu timeberline
  9. Rangkaikan bambu yang telah dilempada lempengan kayu,tunggu sampau kering.
  10. Masukkan rangkain lampu timeberline
  11. Ornamen kap lampu selesai.

Demikian langkah-langkah membuat ornament kap lampu yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda……. Salam kreatif !

Posting Komentar untuk "Membuat Ornamen Kap Lampu dari Bambu"