Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatur Mode Sleep Agar Komputer Terus Menyala (Standby)

Pada saat pengalaman kami menjadi tugas sebagai proktor UAMBNBK dan UNBK tingkat MTs tahun 2018 ketika usai setting ExamBrowser pada client dan pada saat pelaksaaan UNBK banyak pc dan laptop client rata-rata tampilan displaynya dengan mode sleep. 

Tentu itu akan sedikit mengganggu alias tidak nyaman bagi peserta ujian termasuk kami yang menjadi proktor bolak balik untuk hidupkan kembali PC/laptop. 

Sementara client harus tetap on agar langsung bisa login ke ExamBrowser UNBK. Lalu bagaimanakah cara menonaktifkan atau mengatur agar komputer agar tidak sleep (terus menyala) pada saat ujian.

Simak tutorianya pada uraian berikut ini sebagaimana kami kutip dari laman http://putraharun.blogspot.com yang kami akses Senin 23 April 2018.

Mengatur Waktu Sleep Komputer

Pada hakekatnya cara ini bukan semata-mata untuk mematikan tapi mengatur waktu yang benar untuk komputer pada mode sleep.

1. Pertama buka pengaturan Power Options. Caranya buka Control Panel kemudian klik Power Options. Atau tekan tombol Windows+X (Windows 8) kemudian klik Power Options. Atau juga klik kanan icon battery di taskbar kemudian klik pilih Power options.

2. Selanjutnya klik Change when the computer sleeps  yang letaknya di sebelah kiri.

3. Kemudian kita akan masuk ke menu pengaturan Edit Plan Settings. Disinilah tempat kita mengatur berbagai hal tentang penggunaan energy seperti kecerahan, sleep, dan turn off display.

4. Pada bagian Put the computer to sleep: pilihlah sekitar waktu 5 jam (sesuai keinginan) untuk mode battery dan never untuk mode plug in. Jadi saat laptop menggunakan battery, laptop akan sleep dalam waktu 5 jam dan saat dicharger laptop tidak akan sleep. Untuk waktunya bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Terakhir kemudian klik tombol Save Changes dan pengaturan waktu sleep sudah selesai.

Pada tutorial ini untuk mode battery saya sengaja memilih 5 jam karena saya kira itu sudah cukup kalau misalnya untuk pelaksanaan UNBK dari jam 07.00 - 17.00 wita, selain itu juga biar hemat energi baterai laptop, kan memang itu fungsi utama dari fitur sleep. Demikian tutorial ini kami sajikan semoga bermanfaat, silahkan anda coba dan terima kasih atas kunjungan anda.

Posting Komentar untuk "Mengatur Mode Sleep Agar Komputer Terus Menyala (Standby) "