Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kreasi Membuat Topi dari Kertas Koran Bekas

Anda ingin membuat topi dari kertas koran? Ingin memiliki alternatif topi pesta atau topi pelayan restoran yang menyenangkan, murah, dan dapat didaur ulang? Topi ini ringan dan dapat dibuat sesuai keinginan. Hal ini juga merupakan kegiatan seni dan kerajinan tangan yang sangat bagus. Berikut kami share cara membuat topi dari kertas koran bekas dapat menghasil topi seperti topi bajak laut, topi uskup untu natalan, serta topi kerucut.

Langkah-langkah membuat topi dari Kertas

I. Menyiapkan bahan dan alat
• Kertas koran bekas
• Isolasi
• Gunting
• Aksesoris atau hiasan
• Bahan dan alat pendukung lainnya

II. Membuat Topi Kerucut untuk Pesta
1. Siapkan selembar kertas koran pada meja Anda.
2. Ambil bagian sudut kanan atas koran dan tariklah memanjang ke sisi tangan kiri.
3. Rekatkan bagian dalam kerucut yang baru saja Anda buat dengan isolasi (tape).
4. Guntinglah kertas yang berlebih.
5. Hiaslah topi untuk disesuaikan dengan tema pilihan Anda.
Coba tambahkan rumbai-rumbai, tali, atau renda pada bagian atas topi untuk memberi kesan putri sejati. Jika Anda lebih suka menjadikannya topi nenek sihir atau tukang sihir, guntinglah kertas karton membentuk lingkaran. Buatlah lubang melingkar yang lebih kecil di dasar karton dan selipkan dari bagian atas topi kerucut. Potonglah sesuai ukuran. Atau jika Anda ingin membuat topi kerucut ulang tahun, tambahkan bola kapas di bagian atasnya. Warnai sisinya dengan warna-warna terang. Potong kertas origami. Guntinglah membentuk potongan panjang yang dapat menjangkau bagian dasar topi. Buatlah irisan kecil di sepanjang sisinya untuk menambahkan tekstur. Lalu tempel ke bagian dasar topi.

III. Membuat Topi Bajak Laut
1. Siapkan selembar kertas koran.
2. Lipatlah kertas secara vertikal.
3. Lipatlah lagi secara horizontal.
4. Bukalah lipatan yang baru saja Anda buat.
5. Lipatlah bagian sudut atas ke arah tengah. Tariklah sudut kanan dan lipatlah dengan memastikan bagian tepi koran mengikuti lipatan yang baru saja Anda buat. Sekarang lakukan hal yang sama dengan bagian sudut kiri kertas. Lipatlah dengan memastikan bagian tepi koran mengikuti lipatan yang Anda buat. Pastikan Anda melipatnya dengan rata.
6. Lipatlah satu sisa lipatan bawah ke atas.
7. Baliklah kertas dan lipatlah sisa lipatan bawah ke atas.
Jika Anda menyesuaikan ukuran topi agar pas pada kepala yang lebih kecil atau lebih besar, lipat kedua sisi topi kira-kira 2,5 cm (tergantung ukuran yang Anda mau), sebelum melipat sisa lipatan ke atas.
8. Bukalah bagian bawahnya.
Sekarang topi Anda sudah jadi. Kenakan sesuai keinginan Anda. Pakailah dengan meletakkan sisi yang datar di depan untuk menghasilkan tampilan bajak laut. Tempatkan bagian datar di samping kepala Anda dan Anda mendapatkan topi pelayan restoran.
9. Tambahkan hiasan yang menarik.Gunakan buku, potongan kertas, spidol, atau bahan seni dan kerajinan tangan lainnya yang mungkin Anda miliki di rumah.

IV. Membuat Topi Uskup untu Natalan dm
1. Siapkan setengah lembar kertas koran di meja Anda.
2. Lipat kertas menjadi dua.
3. Buka lipatan kertas Anda. Sekarang tempatkan kertas Anda dengan bagian yang panjang menghadap ke arah Anda. Anda akan mendapati garis lipatan yang rapi di tengah kertas Anda.
4. Lipatlah bagian sudut ke tengah garis lipatan. 
5. Lipatlah ke atas salah satu sisa lipatan bawah yang tersisa.
6. Baliklah kertas dan lipat ke atas sisa lipatannya. Sekarang Anda hanya akan melihat bentuk segitiga yang besar.
7. Lipat lagi menjadi dua. Pastikan titik utama berada di atas sebelum Anda melipatnya. Tariklah sisi kanan bawah dan lipat ke arah kiri. Buatlah garis lipatan yang rapi di tengah.
8. Bukalah lipatan dengan mengembalikan kertas ke posisi sebelumnya. Sekarang Anda memiliki garis lipatan yang memanjang secara vertikal di tengah kertas koran Anda.
9. Tariklah kedua sudut bawah dan lipatlah ke tengah, menyejajarkan dengan garis lipatan.
10. Tempelkan kedua sudut dengan pita perekat.
11. Bukalah bagian bawahnya.Sekarang topi Anda sudah jadi.
Hiaslah sesuai keinginan. Cobalah warnai berbagai bagian topi dengan cat, spidol, atau krayon. Tempelkan kain pada bagian sampingnya.

Untuk selengkapnya agar lebih jelas dan mudah dipahami cara pembuatannya silahkan lihat pada video berikut ini. Selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Kreasi Membuat Topi dari Kertas Koran Bekas "