Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Edit Video Tanpa Aplikasi, Ini Caranya ....

Laptop jadul, sfek komputer rendah, mau edit video pake aplikasi berat.... ? Simak tips dan trik editing video berikut ini tanpa aplikasi cukup dengan Aplikasi bawaan PC Anda..

Tentu tidak asing lagi buat Anda tentang power point. Power Point biasa kita gunakan membuat presentasi dalam pembelajaran, forum diskusi, forum ilmiah, seminar atau presentasi program dalam rapat formal.

Power Point memiliki banyak kegunaan dan kelebihan dengan fitur-fitur yang disematkan dalam office yang satu ini.

Dengan fitur-fitur yang dimiliki kita bisa memanfaatkannya menjadi karya-karya sesuai kebutuhan. Dengan fiturnya bisa membuat animasi, logo, vektor, desain grafis dan bisa juga editing video.

Salah satunya kita dapat membuat video dan mengeditnya cukup menggunakan powerpoint yang menjadi bawaan office tanpa menggunakan aplikasi atau software editing video yang banyak menempati ruang harddisk komputer atau laptop.

Apalagi kalau aplikasinya lumayan berat sementara PC masih menggunakan sfesifikasi lama alias jadul seperti halnya yang saya gunakan masih tergolong jadul Acer Notebook Aspire V5.

Bagaimana cara editing video dgn powerpoint ? 


Disini saya akan berbagi bagaimana cara mengedit video hanya dengan powerpoint saja tanpa aplikasi bantuan. Hasilnya tidak kalah dengan menggunakan aplikasi editing video. 

Dalam tutorial ini saya menggunakan microsoft office powerpoint 2016. Tinggal disesuaikan dengan office masing-masing yang ada di PC. 

Secara garis besar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. pertama tentu kita siapkan video yang akan kita edit, kemudian jalankan Power Point yang ada di PC Anda lalu buka lembar kerja baru
  2. pilih menu insert, lalu pilih Video - Video on My PC. Kemudian carilah video dimana anda simpan untuk ditambahkan di lembar baru powerpoint 
  3. Setelah video ditambahkan atur tampilan agar mengikuti lebar dan tinggi lembar kerja dengan cara drag and drop pointer mouse.
  4. Copy slide pertama lalu paste kan menjadi beberapa slide sesuai panjang durasi video. Sebagai contoh misal video durasi 05.20 menit berarti buat menjadi 6 slide.. (ketentuan 1 slide min durasi 00.59 detik atau 1 menit)
  5. Kembali pada slide pertama, klik Playback kemudian pilih Trime Video, atur durasi setiap video pada tiap slide menjadi 00.59 detik atau 01.00 menit
  6. lakukan pada slide-slide berikutnya dengan cara copy paste durasi akhir pada video yang diedit.
  7. setelah langkah-langkah diatas selesai selanjutnya klik menu file pilih export, pilih create to video.. di sini bisa diatur sesuai pilihan bisa menjadi Full HD atau HD, bisa juga untuk preview video hasil editing. 
  8. Kalau sudah diatur sesuai pilihan tinggal klik Create.. tunggu beberapa menit hingga proses render selesai
  9. done.. video anda sudah jadi tinggal liat hasil nya. Selamat mencoba dan berkreasi

Untuk lebih jelasnya cara editing video dengan powerpoint secara detail dan lengkap silahkan Anda tonton video tutorialnya di bawah ini :



Demikian tutorial cara editing video dengan powerpoint yang dapat saya bagikan. Sampai jumpa pada tutorial tips dan trik lainnya. Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Edit Video Tanpa Aplikasi, Ini Caranya ...."