Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 untuk SMP/MTs dan SMPLB, Cek Level Kognitif dan Lingkup Materi Semua Mapel

Kisi-kisi Ujian Nasional untuk SMP/MTs Tahun 2020 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Badan Nasional Satuan Pendidikan (BNSP) telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional (UNBK) tahun pelajaran 2019/2020 bagi satuan Pendidikan dari tingkat SMP/MTs, Paket B, SMPLB, SMK, SMA/MA, Paket C dan SMALB.

Mengutip dari laman https://id.wikipedia.org/ bahwa Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) adalah lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan.

BSNP bertugas membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan memiliki kewenangan untuk : a) Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan; b) Menyelenggarakan Ujian Nasional; c) Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan dan pengendalian mutu Pendidikan; d) Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah; e) Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks pelajaran

Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional. BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang ditunjuk oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). BSNP dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan.

BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Kemdikbud dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama, dan dinas yang menangani pendidikan di provinsi/kabupaten/kota. BNSP bertugas untuk merumuskan Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan terdiri dari:
  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan Pendidikan
  • Standar Penilaian Pendidikan

Dari standar nasional Pendidikan yang telah dirumuskan memiliki fungsi dan tujuan. Adapun fungsi dan tujuan standar tersebut adalah ;
  • Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu
  • Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  • Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

UNBK

RUANG LINGKUP MATERI KISI-KISI UN TAHUN 2020 SMP/MTS


Kisi-kisi soal ujian merupakan pedoman dan acuan dalam penyusunan soal yang dibuat oleh tim penyusunan sola berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), dan kurikulum yang berlaku. Sehingga dari kisi-kisi ini dapat dilihat ragam dan bentuk soal, ruang lingkup materi yang diajarkan pada siswa, dan indikator dari masing-masing soal yang akan digunakan dalam ujian tersebut.

Dalam kisi-kisi UN SMP/MTs ini lengkap berisi semua mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun ruang lingkup materi masing-masing mata pelajaran dalam kisi-kisi ini diuraikan sebagai berikut :

BAHASA INDONESIA 

Ruang lingkup materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari ;

Membaca Nonsastra

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
  • menentukan makna kata/kalimat pada teks
  • menentukan informasi tersurat teks
  • menentukan bagian teks
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat
  • menentukan ide pokok teks
  • menyimpulkan isi teks
  • menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
  • meringkas isi teks
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat
  • membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
  • menilai keunggulan/ kelemahan teks
  • mengomentari isi teks 

Membaca Satra

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
  • menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
  • menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  • menentukan bagian cerpen dan fabel
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat
  • menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  • menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
  • menyimpulkan sebab/akibat konflik
Level Kognitif Penalaran, Peserta didik dapat
  • membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
  • membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
  • menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel
  • mengomentari unsur intrinsik karya sastra

Menulis Terbatas

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman  Peserta didik dapat
  • - melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Level Kognitif Aplikasi, Peserta didik dapat
  • menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  • melengkapi paragraf dengan kalimat
  • melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat
  • - memvariasikan kata
  • - memvariasikan Kalimat
  • - menulis dengan ilustrasi tertentu
  • - mengubah teks ke bentuk lain

Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
  • menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
  • menunjukkan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah
Level Kognitif Aplikasi, Peserta didik dapat
  • menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
  • menggunakan konjungsi dalam kalimat
Level Kognitif Penalaran, Peserta didik dapat
  • memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  • menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf

Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, Peserta didik dapat
  • menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
  • menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Level Kognitif Aplikasi, Peserta didik dapat
  • - menggunakan ejaan
  • - menggunaan tanda baca
Level Kognitif Penalaran, Peserta didik dapat
  • memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
  • memperbaiki Kesalahan penggunaan tanda baca
  • menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca 

Bahasa Inggris

Fungsi Sosial

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman 
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
  • topik/isu/masalah
  • tujuan/fungsi/pesan
  • latar belakang/alasan
  • akibat/dampak/manfaat
  • sikap/nilai yang diusung
  • peran dan fungsi pembicara/penulis
  • peran dan fungsi pendengar/pembaca
  • konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Level Kognitif Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspekaspek fungsi sosial:
  • - topik/isu/masalah
  • - tujuan/fungsi/pesan
  • - latar belakang/alasan
  • - akibat/dampak/manfaat
  • - sikap/nilai yang diusung
  • - peran dan fungsi pembicara/penulis
  • - peran dan fungsi pendengar/pembaca
  • - konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Level Kognitif Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:
  • - topik/isu/masalah
  • - tujuan/fungsi/pesan
  • - latar belakang/alasan
  • - akibat/dampak/manfaat
  • - sikap/nilai yang diusung
  • - peran dan fungsi pembicara/penulis
  • - peran dan fungsi pendengar/pembaca
  • - konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)

Struktur Teks

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
  • pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama
  • rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur unsur teks
  • plot, alur pikiran
Level Kognitif Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
  • pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
  • rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
  • plot, alur pikiran
Level Kognitif Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
  • pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
  • rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
  • plot, alur pikiran

Unsur Kebahasaan

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
  • - persamaan kata
  • - word order
  • - artikel, demonstrative, possessive pronoun
  • - agreement dan number
  • - tense
  • - passive voice
  • - referensi gramatika
  • - kata sambung
  • - preposisi
  • - referensi makna
Level Kognitif Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
  • - persamaan kata
  • - word order
  • - artikel, demonstrative, possessive pronoun
  • - agreement dan number
  • - tense
  • - passive voice
  • - referensi gramatika
  • - kata sambung
  • - preposisi
  • - modal
  • - kalimat conditional
  • - konstruksi derivative
  • - referensi makna
Level Kognitif Penalaran
mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
  • - persamaan kata
  • - word order
  • - artikel, demonstrative, possessive pronoun
  • - agreement dan number
  • - tense
  • - passive voice
  • - referensi gramatika
  • - kata sambung
  • - preposisi
  • - modal
  • - kalimat conditional
  • - konstruksi derivative
  • - kalimat, frasa, ungkapan simpulan
  • - referensi makna

Untuk kisi-kisi lingkup materi Bahasa Inggris diberikan keterangan tambahan yaitu menerangkan bahwa jJenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:

  1. Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
  2. Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)
  3. Descriptive, recount, narrative, procedure, report

Matematika

Bilangan

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
  • - operasi bilangan bulat
  • - operasi bilangan pecahan
  • - perbandingan
  • - operasi bilangan berpangkat
  • - bilangan bentuk akar
  • - pola barisan bilangan
  • - barisan dan deret
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - operasi bilangan bulat
  • - operasi bilangan pecahan
  • - perbandingan
  • - pola barisan bilangan
  • - barisan dan deret
  • - aritmatika sosial
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
  • - bilangan bulat
  • - bilangan pecahan
  • - perbandingan
  • - pola barisan bilangan
  • - barisan dan deret
  • - aritmatika sosial

Aljabar

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
  • - bentuk aljabar
  • - persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
  • - himpunan
  • - relasi atau fungsi
  • - persamaan garis lurus
  • - sistem persamaan linier dua variabel
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - bentuk aljabar
  • - persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
  • - himpunan
  • - relasi atau fungsi
  • - persamaan garis lurus
  • - sistem persamaan linier dua variabel
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
  • - bentuk aljabar
  • - persamaan linear satu variabel
  • - himpunan
  • - relasi atau fungsi
  • - persamaan garis lurus
  • - sistem persamaan linear dua Variable

Geometri dan Pengukuran

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
  • - garis dan sudut
  • - segitiga dan segiempat
  • - teorema pythagoras
  • - lingkaran
  • - bangun ruang sisi datar
  • - kesebangunan dan kekongruenan
  • - bangun ruang sisi lengkung
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - segitiga dan segiempat
  • - teorema Pythagoras
  • - lingkaran
  • - bangun ruang sisi datar
  • - kesebangunan dan kekongruenan
  • - bangun ruang sisi lengkung
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
  • - segitiga dan segiempat
  • - lingkaran
  • - bangun ruang sisi datar
  • - kesebangunan dan kekongruenan
  • - bangun ruang sisi lengkung
  • - garis dan sudut

Statistika dan Peluang

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
  • menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
  • ukuran pemusatan data
  • titik/ruang sampel dan peluang
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
  • - ukuran pemusatan data
  • - titik/ruang sampel dan peluang
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yangberkaitan dengan:
  • - penyajian data dalam bentuk tabel, diagrambatang, garis, ataulingkaran
  • - pemusatan data
  • - titik/ruang sampel dan Peluang

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Pengukuran, Zat, dan Sifatnya

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
  • - pengukuran
  • - zat dan wujudnya
  • - sifat dan perubahan zat
  • - suhu dan kalor
  • - sifat larutan
  • - unsur, senyawa, dan campuran
  • - zat aditif dan zat adiktif
  • - atom, ion, molekul
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - pengukuran
  • - zat dan wujudnya
  • - sifat dan perubahan zat
  • - unsur, senyawa, dan campuran
  • - pemuaian
  • - suhu dan kalor
  • - sifat larutan
  • - zat aditif dan zat adiktif
Level Kognitif Penalaran Peserta didik mampu bernalar tentang:
  • - zat dan wujudnya
  • - suhu dan kalor
  • - sifat dan perubahan zat
  • - unsur, senyawa, dan campuran
  • - sifat larutan

Mekanika dan Tata Surya

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
  • - gerak lurus
  • - jenis gaya, penjumlahan gaya
  • - hukum Newton
  • - usaha, energi dan perubahan energi
  • - sistem tata surya
  • - gerak matahari, bumi, dan bulan
  • - lapisan litosfir dan atmosfir yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - gerak lurus
  • - hukum Newton
  • - usaha, energi dan perubahan energi
  • - pesawat sederhana
  • - tekanan pada zat
Level Kognitif Penalaran Peserta didik mampu bernalar tentang:
  • - gerak lurus
  • - hukum Newton
  • - usaha, energi, dan perubahan energi
  • - pesawat sederhana
  • - tekanan pada zat

Gelombang, Listrik, dan Magnet

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
  1. - getaran dan gelombang
  2. - cahaya dan alat optik
  3. - listrik statis
  4. - energi listrik dan daya listrik
  5. - kemagnetan
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - getaran dan gelombang
  • - cahaya dan alat optik
  • - bunyi
  • - listrik statis
  • - listrik dinamis
  • - energi listrik dan daya listrik
  • - kemagnetan
  • - induksi elektromagnetik
Level Kognitif Penalaran Peserta didik mampu bernalar tentang:
  • - getaran dan gelombang
  • - cahaya dan alat optik
  • - listrik dinamis
  • - kemagnetan

Makhluk hidup dan lingkungannya

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
  • - gejala alam biotik dan abiotik
  • - ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
  • - interaksi antar makhluk hidup dan lingkungan
  • - bioteknologi
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu
  • - pencemaran lingkungan
  • - prosedur pengklasifikasianmakhluk hidup
  • - pemanfaatan bioteknologi
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat bernalar tentang:
  • - dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan
  • - dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya

Struktur dan fungsi makhluk hidup

Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan konsep tentang:
  • - sistem organisasi kehidupan
  • - sistem gerak manusia
  • - sistem pencernaan manusia
  • - sistem peredaran darah manusia
  • - sistem pernapasan manusia
  • - sistem ekskresi manusia
  • - sistem reproduksi manusia
  • - jaringan tumbuhan
  • - pewarisan sifat
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • - mekanisme sistem gerakmanusia
  • - mekanisme sistem pencernaan manusia danuji makanan
  • - mekanisme peredaran darah manusia
  • - mekanisme pernapasan manusia
  • - menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia
  • - kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
  • - percobaan fotosintesis
  • - fungsi jaringan tumbuhan
  • - pewarisan sifat dan kelangsungan makhlukhidup
  • - penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat bernalar tentang:
  • - keterkaitan antara system organ pada manusia
  • - percobaan fotosintesis
  • - pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia

DOWNLOAD KISI-KISI UN TAHUN 2020 SMP/MTS LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN


Link download Kisi-Kisi UN Tahun 2020 SMP/MTS lengkap semua mata pelajaran, Klik disini
Link download Kisi-Kisi UN Tahun 2020 SMPLB lengkap semua mata pelajaran, Klik disini

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Standar_Nasional_Pendidikan, diakses tanggal 20-3-2020
https://bsnp-indonesia.org/ diakses tanggal 19-3-2020

Posting Komentar untuk "Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 untuk SMP/MTs dan SMPLB, Cek Level Kognitif dan Lingkup Materi Semua Mapel "