Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 untuk SMP/MTs dan SMPLB, Cek Level Kognitif dan Lingkup Materi Semua Mapel
Kisi-kisi Ujian Nasional untuk SMP/MTs Tahun 2020 – Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Badan Nasional Satuan Pendidikan (BNSP)
telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional (UNBK) tahun pelajaran 2019/2020 bagi
satuan Pendidikan dari tingkat SMP/MTs, Paket B, SMPLB, SMK, SMA/MA, Paket C
dan SMALB.
Mengutip dari laman https://id.wikipedia.org/
bahwa Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) adalah lembaga mandiri,
profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau
pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan.
BSNP bertugas membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan memiliki
kewenangan untuk : a) Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan; b) Menyelenggarakan Ujian
Nasional; c) Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah
dalam penjaminan dan pengendalian mutu Pendidikan; d) Merumuskan kriteria
kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah; e) Menilai
kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks pelajaran
Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua
satuan pendidikan secara nasional. BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang
sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam
menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara
ex-officio diketuai oleh pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)
yang ditunjuk oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). BSNP dapat
menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan.
BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Kemdikbud dan departemen yang
menangani urusan pemerintahan di bidang agama, dan dinas yang menangani
pendidikan di provinsi/kabupaten/kota. BNSP bertugas untuk merumuskan Standar
Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal
tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik
Indonesia. Standar Nasional Pendidikan terdiri dari:
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi
- Standar Proses
- Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana
- Standar Pengelolaan
- Standar Pembiayaan Pendidikan
- Standar Penilaian Pendidikan
Dari standar nasional Pendidikan yang telah dirumuskan memiliki fungsi
dan tujuan. Adapun fungsi dan tujuan standar tersebut adalah ;
- Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu
- Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
- Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
RUANG LINGKUP MATERI KISI-KISI UN TAHUN 2020 SMP/MTS
Kisi-kisi soal ujian merupakan pedoman dan acuan dalam penyusunan soal yang dibuat oleh tim penyusunan sola berdasarkan kriteria
pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), dan kurikulum
yang berlaku. Sehingga dari kisi-kisi ini dapat dilihat ragam dan bentuk soal,
ruang lingkup materi yang diajarkan pada siswa, dan indikator dari masing-masing
soal yang akan digunakan dalam ujian tersebut.
Dalam kisi-kisi UN SMP/MTs ini lengkap berisi
semua mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun ruang lingkup materi masing-masing mata
pelajaran dalam kisi-kisi ini diuraikan sebagai berikut :
BAHASA INDONESIA
Ruang lingkup materi untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia terdiri dari ;
Membaca Nonsastra
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
- menentukan makna kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi tersurat teks
- menentukan bagian teks
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat
- menentukan ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
- meringkas isi teks
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/ kelemahan teks
- mengomentari isi teks
Membaca Satra
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan bagian cerpen dan fabel
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
Level Kognitif Penalaran, Peserta didik dapat
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
- menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel
- mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Menulis Terbatas
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
- - melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Level Kognitif Aplikasi, Peserta didik dapat
- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi paragraf dengan kalimat
- melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat
- - memvariasikan kata
- - memvariasikan Kalimat
- - menulis dengan ilustrasi tertentu
- - mengubah teks ke bentuk lain
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat
- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah
Level Kognitif Aplikasi, Peserta didik dapat
- menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
- menggunakan konjungsi dalam kalimat
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, Peserta didik dapat
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Level Kognitif Aplikasi, Peserta didik dapat
- - menggunakan ejaan
- - menggunaan tanda baca
Level Kognitif Penalaran, Peserta didik dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki Kesalahan penggunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Bahasa Inggris
Fungsi Sosial
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Level Kognitif Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan
aspekaspek fungsi sosial:
- - topik/isu/masalah
- - tujuan/fungsi/pesan
- - latar belakang/alasan
- - akibat/dampak/manfaat
- - sikap/nilai yang diusung
- - peran dan fungsi pembicara/penulis
- - peran dan fungsi pendengar/pembaca
- - konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Level Kognitif Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis
aspek-aspek fungsi sosial:
- - topik/isu/masalah
- - tujuan/fungsi/pesan
- - latar belakang/alasan
- - akibat/dampak/manfaat
- - sikap/nilai yang diusung
- - peran dan fungsi pembicara/penulis
- - peran dan fungsi pendengar/pembaca
- - konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Struktur Teks
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar
bagian-bagian dalam teks:
- pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur unsur teks
- plot, alur pikiran
Level Kognitif Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan
keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
- plot, alur pikiran
Level Kognitif Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan
makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
- plot, alur pikiran
Unsur Kebahasaan
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait
dengan isi teks berikut ini:
- - persamaan kata
- - word order
- - artikel, demonstrative, possessive pronoun
- - agreement dan number
- - tense
- - passive voice
- - referensi gramatika
- - kata sambung
- - preposisi
- - referensi makna
Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan
yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- - persamaan kata
- - word order
- - artikel, demonstrative, possessive pronoun
- - agreement dan number
- - tense
- - passive voice
- - referensi gramatika
- - kata sambung
- - preposisi
- - modal
- - kalimat conditional
- - konstruksi derivative
- - referensi makna
Level Kognitif Penalaran
mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi
teks berikut ini:
- - persamaan kata
- - word order
- - artikel, demonstrative, possessive pronoun
- - agreement dan number
- - tense
- - passive voice
- - referensi gramatika
- - kata sambung
- - preposisi
- - modal
- - kalimat conditional
- - konstruksi derivative
- - kalimat, frasa, ungkapan simpulan
- - referensi makna
Untuk kisi-kisi lingkup materi Bahasa Inggris diberikan keterangan
tambahan yaitu menerangkan bahwa jJenis teks-teks lisan dan tertulis untuk
cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
- Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
- Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)
- Descriptive, recount, narrative, procedure, report
Matematika
Bilangan
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan
tentang:
- - operasi bilangan bulat
- - operasi bilangan pecahan
- - perbandingan
- - operasi bilangan berpangkat
- - bilangan bentuk akar
- - pola barisan bilangan
- - barisan dan deret
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - operasi bilangan bulat
- - operasi bilangan pecahan
- - perbandingan
- - pola barisan bilangan
- - barisan dan deret
- - aritmatika sosial
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
- - bilangan bulat
- - bilangan pecahan
- - perbandingan
- - pola barisan bilangan
- - barisan dan deret
- - aritmatika sosial
Aljabar
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami pengetahuan
tentang:
- - bentuk aljabar
- - persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
- - himpunan
- - relasi atau fungsi
- - persamaan garis lurus
- - sistem persamaan linier dua variabel
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - bentuk aljabar
- - persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
- - himpunan
- - relasi atau fungsi
- - persamaan garis lurus
- - sistem persamaan linier dua variabel
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
- - bentuk aljabar
- - persamaan linear satu variabel
- - himpunan
- - relasi atau fungsi
- - persamaan garis lurus
- - sistem persamaan linear dua Variable
Geometri dan Pengukuran
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- - garis dan sudut
- - segitiga dan segiempat
- - teorema pythagoras
- - lingkaran
- - bangun ruang sisi datar
- - kesebangunan dan kekongruenan
- - bangun ruang sisi lengkung
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - segitiga dan segiempat
- - teorema Pythagoras
- - lingkaran
- - bangun ruang sisi datar
- - kesebangunan dan kekongruenan
- - bangun ruang sisi lengkung
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
- - segitiga dan segiempat
- - lingkaran
- - bangun ruang sisi datar
- - kesebangunan dan kekongruenan
- - bangun ruang sisi lengkung
- - garis dan sudut
Statistika dan Peluang
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- titik/ruang sampel dan peluang
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
- - ukuran pemusatan data
- - titik/ruang sampel dan peluang
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat menggunakan nalar yangberkaitan
dengan:
- - penyajian data dalam bentuk tabel, diagrambatang, garis, ataulingkaran
- - pemusatan data
- - titik/ruang sampel dan Peluang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Pengukuran, Zat, dan Sifatnya
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik mampu memahami
pengetahuan tentang:
- - pengukuran
- - zat dan wujudnya
- - sifat dan perubahan zat
- - suhu dan kalor
- - sifat larutan
- - unsur, senyawa, dan campuran
- - zat aditif dan zat adiktif
- - atom, ion, molekul
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - pengukuran
- - zat dan wujudnya
- - sifat dan perubahan zat
- - unsur, senyawa, dan campuran
- - pemuaian
- - suhu dan kalor
- - sifat larutan
- - zat aditif dan zat adiktif
Level Kognitif Penalaran Peserta didik mampu bernalar tentang:
- - zat dan wujudnya
- - suhu dan kalor
- - sifat dan perubahan zat
- - unsur, senyawa, dan campuran
- - sifat larutan
Mekanika dan Tata Surya
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik mampu memahami
pengetahuan tentang:
- - gerak lurus
- - jenis gaya, penjumlahan gaya
- - hukum Newton
- - usaha, energi dan perubahan energi
- - sistem tata surya
- - gerak matahari, bumi, dan bulan
- - lapisan litosfir dan atmosfir yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - gerak lurus
- - hukum Newton
- - usaha, energi dan perubahan energi
- - pesawat sederhana
- - tekanan pada zat
Level Kognitif Penalaran Peserta didik mampu bernalar tentang:
- - gerak lurus
- - hukum Newton
- - usaha, energi, dan perubahan energi
- - pesawat sederhana
- - tekanan pada zat
Gelombang, Listrik, dan Magnet
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- - getaran dan gelombang
- - cahaya dan alat optik
- - listrik statis
- - energi listrik dan daya listrik
- - kemagnetan
- - getaran dan gelombang
- - cahaya dan alat optik
- - bunyi
- - listrik statis
- - listrik dinamis
- - energi listrik dan daya listrik
- - kemagnetan
- - induksi elektromagnetik
Level Kognitif Penalaran Peserta didik mampu bernalar tentang:
- - getaran dan gelombang
- - cahaya dan alat optik
- - listrik dinamis
- - kemagnetan
Makhluk hidup dan lingkungannya
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami
pengetahuan tentang:
- - gejala alam biotik dan abiotik
- - ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
- - interaksi antar makhluk hidup dan lingkungan
- - bioteknologi
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu
- - pencemaran lingkungan
- - prosedur pengklasifikasianmakhluk hidup
- - pemanfaatan bioteknologi
Level Kognitif Penalaran Peserta didik dapat bernalar tentang:
- - dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan
- - dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Struktur dan fungsi makhluk hidup
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman Peserta didik dapat memahami
pengetahuan konsep tentang:
- - sistem organisasi kehidupan
- - sistem gerak manusia
- - sistem pencernaan manusia
- - sistem peredaran darah manusia
- - sistem pernapasan manusia
- - sistem ekskresi manusia
- - sistem reproduksi manusia
- - jaringan tumbuhan
- - pewarisan sifat
Level Kognitif Aplikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- - mekanisme sistem gerakmanusia
- - mekanisme sistem pencernaan manusia danuji makanan
- - mekanisme peredaran darah manusia
- - mekanisme pernapasan manusia
- - menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia
- - kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
- - percobaan fotosintesis
- - fungsi jaringan tumbuhan
- - pewarisan sifat dan kelangsungan makhlukhidup
- - penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
- - keterkaitan antara system organ pada manusia
- - percobaan fotosintesis
- - pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia
DOWNLOAD KISI-KISI UN TAHUN 2020 SMP/MTS LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN
Link download Kisi-Kisi UN Tahun 2020 SMP/MTS lengkap semua mata
pelajaran, Klik disini
Link download Kisi-Kisi UN Tahun 2020 SMPLB lengkap semua mata
pelajaran, Klik disini
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Standar_Nasional_Pendidikan, diakses tanggal 20-3-2020
https://bsnp-indonesia.org/ diakses tanggal 19-3-2020
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Standar_Nasional_Pendidikan, diakses tanggal 20-3-2020
https://bsnp-indonesia.org/ diakses tanggal 19-3-2020
Posting Komentar untuk "Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 untuk SMP/MTs dan SMPLB, Cek Level Kognitif dan Lingkup Materi Semua Mapel "
Posting Komentar