Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas IX 2024, Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal Bahasa Indonesia

Percaya atau tidak, ujian adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan pelajar. Bagi para siswa kelas IX MTs, ujian PAT Bahasa Indonesia merupakan momok yang menakutkan, namun tak dapat dihindari. Tahun 2024 tiba, dan soal-soal ujian PAT Bahasa Indonesia Kelas IX MTs akan kembali menjadi pembahasan utama bagi para siswa.

Di blog post ini, kita akan membahas secara detail contoh soal PAT Bahasa Indonesia Kelas IX MTs Tahun 2024. Dengan tone yang deskriptif, kita akan menjelajahi berbagai macam jenis soal yang mungkin akan muncul dalam ujian tersebut. Siapkan diri Anda dengan baik, karena persiapan yang matang akan membantu Anda menghadapi ujian dengan lebih percaya diri dan sukses.

Mari kita mulai menjelajahi dunia soal-soal ujian PAT Bahasa Indonesia Kelas IX MTs Tahun 2024 bersama-sama. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda meraih hasil yang memuaskan dalam ujian nanti. Selamat belajar!

Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas IX 2024

Untuk soal nomor 1 – 40 pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

Bacalah kutipan berikut untuk soal nomor 1 – 5!

Pada era globalisasi ini, game online semakin marak di kalangan masyarakat. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa, terutama pelajar. Kini, game online semakin mudah ditemukan dan banyak macamnya. Sebagian besar masyarakat menggemarinya. Apalagi, kini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga yang cukup murah. Hal ini membuat peminat game online semakin terus meningkat hingga sekarang.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa game online memberikan dampak negatif bagi para pemainnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa bermain game online akan berdampak positif. Game online merupakan aktivitas untuk refreshing. Dengan game online anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online yang digemarinya. Selain itu, bermin game online dapat meningkatkan kreativitas sang anak.

1. Paragraf pertama teks diskusi tersebut merupakan bagian ….

A. isu 
B. argumen pro 
C. argumen kontra 
D. simpulan

2. Permasalahan (isu) dalam kutipan teks tersebut adalah ….

A. penggemar game online
B. maraknya game online
C. manfaat game online
D. dampak game online

3. Makna kata kreativitas pada pada paragraf kedua adalah ….

A. ketangkasan
B. kecerdasan
C. daya cipta
D. akal manusia

4. pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua adalah ….

A. Bisnis game online sangat menguntungkan masyarakat.
B. Game online meningkatkan kreativitas siswa.
C. Game online membuat anak jadi pemalas.
D. Game online merupakan dampak globalisasi.

5. Kata game online dan refreshing pada teks tersebut dicetak miring karena ….

A. merupakan kata bahasa asing
B. unsur bahasa serapan
C. kata asing yang sudah di-Indonesiakan
D. kata asing yang diterjemahkan

6. Pendapat yang menentang permasalahan yang dibahas pada teks diskusi disebut ….

A. isu
B. argumen pro
C. argumen kontra
D. simpulan

7. Bacalah cuplikan berikut!

Teks 1

Namun, harapan tinggallah harapan. Sudah sekian tahun belalu, sejak reformasi bergulir pada tahun 1998, harapan itu belum juga menjadi kenyataan. Ketidakadilan bahkan semakin mewabah di berbagai lini kehidupan. Korupsi telah mewabah dimana-mana. Rakyat kian menderita. Dibuai janji-janji manis dalam demokrasi, seolah-olah rakyt punya kuasa. Padahal semuanya semu.

Teks 2

Jadi, dengan ketiadaan polisi tidur, perjalanan menjadi nyaman tanpa ada rasa terganggu. Tidak ada pula kekesalan dan sumpah serapah dari mulut-mulut mereka. Namun, mereka tetap berhati-hati karena kehadiran rambu-rambu lalu lintas yang ada di sana. Keselamtan untuk semua pihak juga lebih terjamin.

Perbedaan kedua teks diskusi tersebut adalah ….

A. Teks 1 mengandung banyak fakta sedangkan teks 2 sarat dengan argumen.
B. Teks 1 merupakan bagian ari pengantar sedangkan teks 2 merupakan kesimpulan.
C. Teks 1 berkenaan dengan masalah politik sedangkan teks 2 berkenaan dengan masalah kriminal.
D. Teks 1 merupakan bagian dari suatu argumensedangkan teks 2 termasuk bagian dari kesimpulan.

8. Cermati kalimat berikut!

Para siswa […] para guru bisa menggunakan HP di sekolah [ …] mereka harus mematikan … menonaktifkannya di dalam kelas[ …] pelajaran sedang berlangsung[ …] proses belajar mengajar tetap kondusif.

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada kalimat tersebut adalah ….

A. dan, tetapi, serta, ketika, agar
B. tetapi, serta, dan, ketika, agar
C. serta, tetapi, dan, agar, ketika
D. dan, agar, ketika, tetapi, serta

Cermatilah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9 – 11!

Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi para remaja. Namun, lingkungan sosialnya juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berpengaruh bagi beberapa remaja tetapi tidak bagi yang lainnya. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.

9. Konjungsi yng terdapat dalam teks tersebut adalah ….

A. dan, namun, tetapi
B. bahwa, sangat, jadi
C. dan, untuk, bahwa
D. namun, baik, tetapi

10. Kata hubung (konjungsi) yang terdapat dalam teks tersebut menunjukkan makna ….

A. penambahan dan urutan waktu
B. penambahan dan pertentangan
C. urutan waktu dan pertentangan
D. syarat dan penambahan

11. Kata baik dan buruk pada teks tersebut merupakan kata yang memiliki hubungan ….

A. sinonim 
B. akronim 
C. hiponim 
D. antonim

12. Perhatikan kalimat berikut!

Hutan Gunung Pengsong, Gerung, membawa perubahan baik setelah diadakan [...].

Istilah teknis yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kalimat tersebut adalah ... .

A. irigasi 
B. reboisasi   
C. resesi
D. migrasi

13. Cermatilah kutipan teks berikut!

Adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah sangat membantu masyarakat melek teknologi. Terbukti anak-anak usia sekolah dasar sudah banyak yang mampu menoperasikan computer. Sayangnya, mata pelajaran ini dianggap tidak penting oleh sebagian besar orang tua siswa. Akibatnya, anak-anak tidak memahami penjelasan guru di sekolah dan selalu mendapatkan nilai rendah.

Masalah pokok yang terkandung dalam kutipan teks diskusi tersebut adalah ….

A.Pelajaran Teknologi Informatika dan Komunikasi membantu masyarakat lebih melek teknologi.
B. Anak- anak Sekolah Dasar banyak yang mampu mengopersikan komputer.
C. Pelajaran TIK tidak penting.
D. Nilai TIK di sekolah rendah.

14. Pengungkapan argumen baik yang pro maupun yang kontra dalam teks diskusi harus disertai dengan ….

A. Informasi yang jelas
B. Alasan dan bukti yang mendukung
C. Pesetujuan
D. informatif

Kutipan isi buku berikut untuk soal nomor 15 – 17.

Karya sastra berbicara tentang kehidupan menggunakan bahasa sebagai media penyampaiannya dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya. Atas dasar media bahasa dan media imajinatif itu, sastra mempunyai berbagai dimensi dan pandangan melalui media bahasa, seni imajinatif, dan budaya, sastra menyampaikan pesan untuk ditinjau, ditelaah dan dikaji ataupun dianalisis dri berbagai sudut pandang. Hasil pandangan itu sangat bergantung pada peninjau, penelaah, penganalisis, dan pengkaji dngan latar belakang social budaya, serta penegetahuan yang beraneka ragam. Ada kalanya seorang penelaah sastra berangkat darisudut pandang metafora, mitos, simbol, kekuasaan, ideologi, ekonomi, politik, dan budaya, dapat dibantah penelaah lain dari sudut bunyi, referen, maupun ironi. Meskipun demikian, kata Heraclitus, “Betapapun berlawanan mereka bekerja sama dari arah yang berbeda, muncul hrmoni paling indah.”

15. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan informasi pada kutipan isi buku tersebut adalah ….

A. Melalui media bahasa, seni imajinatif, dan budaya, sastra menyampaikan pesan untuk dikaji.
B. Atas dasar media bahasa dan seni imajinatif sastra mempunyai berbagai dimensi dan Pandangannya.
C. Istilah sastra mengandung dua pengertian, yaitu mengungkapkan penghayatan dan kegiatan kreatif.
D. Karya sastra berbicara tentang kehidupan menggunakan bahasa sebagai media penyampaian dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya.

16. Gagasan utama paragraph tersebut adalah ….

A. bahasa merupakan sarana komunikasi
B. tanpa sastra kehidupan tak akan berkembang
C. bahasa sebagai media penyampaian pesan
D. karya sastra berbicara tentang kehidupan

17. Dilihat dari isi dan bahasa yang digunakan, kutipan isi buku tersebut termasuk jenis buku ….

A. nonsastra
B. sastra
C. nonfiksi
D. fiksi

Untuk soal nomor 18 – 19 perhatikan isi kotak berikut!

Judul : Pulang
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika Penerbit
Kota Terbit : Jakarta
Cetakan VII : November 2015


18. Data tersebut merupakan ….

A. catatan tentang buku
B. identitas buku
C. nama buku
D. buku berjudul ‘Pulang’

19. Buku tersebut ditulis oleh Tere Liye, merupakan buku cetakan ke ….

A. VI
B. VII
C. VIII
D. IX

20. Pernyataan yang tidak sesuai berdasarkan identitas buku tersebut adalah ….

A. Buku berjudul ‘Pulang’ ditulis oleh Tere Liye, diterbitkan oleh Republika Penerbit.
B. Kota tempat buku ‘Pulang’ diterbitkan adalah Jakarta.
C. Buku tersebut diterbitkan pada November 2015.
D. Buku tersebut merupakan edisi revisi.


Bacalah teks inspiratif berikut untuk soal nomor 21 – 25!

Kentang, Telur, dan Biji kopi

Ada seorang anak yang mengeluh kepada ayahnya bahwa hidupnya menderita. Dia tidak tahu harus bagaimana lagi. Dia lelaha terus berjuang setiap saat. Sepertinya masalah tidak ada habisnya, sislih berganti dating. Satu masalah selesai muncul lagi masalah lainnya. Sang ayah seorang juru masak membawanya ke dapur. Dia menigisi tiga panci dengan air dan meletakkannya di atas api. Setelah air dalam ketiga panci itu mulai mendidih, dia meletakkan kentang di panci pertama, telur di panci kedua, dan bubuk kopi di panci ketiga. Kemudian duduk kembali dan menunggu tanpa berkata sepatahpun kepada putrinya. Sang anak menggerutu dan menunggu tidak sabar, menduga-duga yang dikerjakan ayahnya.

Setelah 20 menit dia mematikan api. Dia mengambil kentang dan meletakkannya ke dalam mangkuk. Dia mengambil tlur dan meletakkannya ke dalam mangkuk. Setelah itu mengambil rebuan air kopi dan dimasukkannya ke dalam cangkir. Dia menoleh ke putriny dan bertanya.

“Nak, apa yang kamu lihat?”

“Kentang, telur, dan kopi,” dia cepat menjawab.

“Lihat lebih cermat,” kata ayahnya, “pegang kentang itu.” Sang anak melakukannnya dan kentangnya sudah empuk. Kemudian dia diminta mengupas telur, dia mengamati telur rebusnya keras. Akhirnya dia diminta menghirup aroma kopi yang harum hingga membuatnya tersenyum.

“Ayah, apa maksud semua ini?” tanyanya. Sang ayah kemudian menjelaskan bahwa kentang, telur, dan kopi menghadapi tantangan yang sama, air mendidih. Namun, masing-masing bereaksi berbeda. Kentang yang keras setelah masuk ke dalam air mendidih berubah menjadi lembut dan lemah. Telur yang rapuh yang hanya dilapisi cangkang tipis, saat dimasukkan ke dalam air mendidih isi telur berubah menjadi keras. Yang unik adalah gilingan biji kopi. Setelah dimasukkan ke dalam air mendidih, mengubah air menjadi sesuatu yang baru.

“Yang mana kamu?” tanyanya kepada putrinya. “Saat tantangan dan kesulitan mengetuk pintumu, bagaimana tanggapanmu? Apakah kentang, telur, atau biji kopi?”

Anakku, dalam hidup ini segala sesuatu terjadi di sekitar kita. Hal-hal terjadi menimpa kita. Akan tetapi, kitalah yang menentukan akan menjadi apa, menjadi lemah, lebih kuat, atau menjadi sesuatu yang baru? Kamu pilih yang mana?

Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk kelas IX kemendikbud


21. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah ….

A. seorang ayah dan putrinya
B. seorang anak dan kentang
C. seorang ayah dan putranya
D. kentang, telur, dan biji kopi

22. Watak tokoh ayah pada cerita tersebut adalah ….

A. dermawan
B. bijaksana
C. suka mengeluh
D. suka bergurau

23. Bagian orientasi pada teks inspiratif tersebut terdapat pada paragraf ….

A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

24. Pesan moral yang terdapat pada cerita inspiratif tersebut adalah ….

A. Jika mengalami permasalahan maka kita sebaiknya mengadu kepada ayah.
B. Jika menghadapi permasalahan maka kita harus mengeras seperti telur.
C. Permasalahan yang menimpa kita mestinya menjadikan kita lemah dan mengeluh.
D. Jika ditimpa permasalahan, kitalah yang menentukan akan menjadi apa, menjadi lemah, lebih kuat, atau menjadi sesuatu yang baru.

25. Cerita tersebut sangat inspiratif karena mengisahkan ….

A. Seorang anak yang selalu mengeluh kepada ayahnya.
B. Seorang ayah memberikan pembelajaran bijak kepada putrinya.
C. Seorang anak yang tidak mau mnyelesaikan permasahannya.
D. Seorang ayah dengan putrid kesayangannya.

26. Sebuah pesan moral yang disisipkan pengarang dalam cerita agar pembacanya dapat menyerap pelajaran yang dipetik dari cerita yang disajikan disebut ….

A. narasi
B. amanat
C. resolusi
D. koda

27. Mobil listrik menghemat energy yang lebih besar daripada penggunaan BBM pada saat kendaraan melaju.

Konjungsi yang digunakan pada kalmia tersebut menyatakan hubungan ….

A. pertentangan
B. penggabungan
C. perbandingan
D. penguatan

28. Saya akan terus bangkit, bangkit, dan bangkit untuk memperbaiki kekurangan saya dalam meraih prestasi belajar.

Kalimat teks inspiratif tersebut menggunakan majas ….

A. repetisi
B. alegori
C. metafora
D. eufimisme

Bacalah kutipan cerita inspiratif berikut untuk soal nomor 29 – 30!

“Sepertinya tadi ada suatu kekeliruan ketika ibu mengembalikan uang belanjaan kepada saya, sebab ….

“Mana bisa keliru?” si pegawai kasir menyela dengan cepat.

“Seharusnya saya terima seratus ribu rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah yang tertulis dalam struk belanjaan saya.”

“Coba saya lihat dulu.” Si kasir lalu memeriksa struk belanja yang ada di hadapannya.

Ia berkata, “Nah ini, tagihan belanja Anda dengan jumlah uang:tiga ratus ribu rupiah dan yang harus dikembalikan seratus ribu rupiah. Apa yang keliru bukankah tadi Saudara terima dari saya seratus ribu rupiah?”

“Tidak,” jawab wanita muda itu. “Ibu tadi memberikan kepada saya bukan selembar kertas seratus ribu, tapi dua lembar. Jadi, dua ratus ribu rupiah saya terima tadi.”

“Oh, kalau begitu saya keliru,” kata si kasir akhirnya dengan malu-malu. “Maklum banyak kerja. Lagi pula lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja lengket. Jadi, Anda mau kembalikan uang yang seratus ribu rupiah kepada saya, sekarang?

“Betul, saya akan mengembalikannya kepada ibu ….”

29. Tema kutipan cerita tersebut adalah ….

A. kejujuran seseorang dalam hidup
B. kehati-hatian pegawai terhadap seseorang
C. keberanian pegawai mengakui kekeliruan
D. kebaikan seseorang terhadap pegawai kasir

30. Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerita tersebut adalah ….

A. orang pertama tokoh utama
B. orang ketiga sebagai pengamat
C. orang kedua
D. orang ketiga serba tahu

Bacalah kutipan cerita berikut untuk soal nomor 31 – 33! ….

“Bu, aku malu kepada Allah! Ibu tua itu hanya menerima sepuluh ribu rupiah tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke surga Allah, apakah dia yang hanya menerima sepuluh ribu dengan syukur yang luar biasa ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun tak berucap hamdalah?

Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Isterinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.

31. Rasa empati yang ada pada kutipan cerita tersebut adalah ….

A. bersyukur
B. mengeluh
C. bersedih
D. kecewa

32. Pelajaran yang bisa diambil dari cerita tersebut adalah ….

A. Tetaplah berbuat kebaikan meskipun tidak dihargai.
B. Kita tidak boleh hidup kikir karena akan merugikan diri sendiri.
C. Kita harus saling membantu, dengan membantu maka kita akan dibantu orang lain.
D. Kita harus menyesali segala kesalahan yang telah kita perbuat.

33. Kalimat ekspresif yang terdapat pada teks cerita tersebut adalah ….

A. Aku malu kepada Allah.
B. Dia bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepadaku.
C. Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes.
D. Isterinya pun menyadari bahwa selama ini kurang bersyukur.

34. Sifat dari tokoh yang tercermin dari sikap, perilaku, ucapan, pikiran, dan pandangannya terhadap suatu hal dalan cerita disebut ….

A. penokohan
B. tokoh cerita
C. antagonis
D. protagonist

35. Belajarlah yang rajin agar menjadi bunga bangsa yang membanggakan.

Frasa bercetak miring pada kalimat tersebut adalah majas ….

A. asosiasi
B. personifikasi
C. metafora
D. alegori

36. Walau tak mampu, aku akan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk meraih cita-citaku.

Kalimat tersebut menggunakan majas ….

A. repetisi
B. litotes
C. hiperbola
D. metafora

Kutipan drama berikut untuk soal nomor 37 – 40.

Orang tua

 

Lelaki

Orang tua

 

 

Lelaki

Orang tua

 

 

Lelaki

Orang tua

Lelaki

Orang tua

 

 

 

 

Lelaki

Orang tua

Lelaki

Orang tua

 

:

 

:

:

 

 

:

:

 

 

:

:

:

:

 

 

 

 

:

:

:

:

“Kau tahu darimana aku, berapa lamanya kita tak bertemu? Kau masih ingat?

“Delapan tahun, Bu.”

“Ya, syukur kau masih ingat pada ibumu. Tempat tinggalku jauh dari sini, tidak di bumi, tidak dimana orang hidup biasa. Aku dating dari tempat Tuhan, anakku, tempat keramat.”

“Duh, ibu! Maafkanlah, maafkan daku!”

“Ya, kau tak tahu bahwa aku sudah tak ada di dunia ini. Dari itu aku datang untuk mengatakan ini padamu. Kau anak tunggalku. Tak ada orang lan yang lebih aku sayangi daripada kamu.”

“Duh, aku sudah durhaka terhadap ibu.”

“Ayahmu meninggal sebelum aku, Nak.”

“Ayah!’

“Ya, dan belum kau berdamai dengan dia. Kau dan ayahmu selalu bertengkar, keduamu sama keras hati. Sama keras kepala. Kata-katanyan yang penghabisan adalah untukmu, Nak. Ia menanyakan kau. Dan kecewa ia dan kau tak ada pada saat dia terakhir di bumi. Mengapa, mengapa kau tak mau datang saat kami kabarkan bahwa ayahmu sakit keras?”

(tersedu) “Maaf, maaf ibu.”

“Terlambat sesalanmu itu. Tak bisa diperbaiki lagi di dunia ini.”

(sejurus hening, terdengar sedu sedan lelaki)

“Ya, ayahmu mau memaafkan kau tapi kau tak ada. Restu yang hendak diucapkan atas dirimu itu terhembus lenyap oleh napasnya yang penghabisan. Sekarang kau menyesal. Tapi apa gunanya? Ia tak akan mendengarkan. Dan bahkan kalau ia mendengar, ia tak akan menjawab sehingga jawabannya terdengar olehmu. Terlambat, terlambat, Nak. Ah, anak muda sering terburu perbuatannya dan lambat penyesalannya. Mengapa kau dulu tak mau menundukkan kepalamu yang keras itu? Mengapa perkataan ibumu selalu kau abaikan?”


37. Isi kutipan naskah drama tersebut adalah ….

A. Kasih sayang orang tua kepada anak tunggalnya.
B. Kesedihan yang dialami seseorang karena khilangan orang tuanya.
C. Detik- detik akhir seorang ayah yang ditinggal anaknya.
D. Penyesalan seorang anak karena tidak menghargai orang tuanya ketika mereka masih hidup.

38. Komentar mengenai amanat yang terdapat pada kutipan naskah drama tersebut adalah ….

A. Hormati dan berbuat baiklah kepada orang tua selagi mereka masih hidup.
B. Jika kita banyak berbuat dosa, segeralah bertaubat kepada Allah yan maha pemaaf.
C. Kirimkanlah doa kepada orang tua yang telah meninggal.
D. Jadilah anak yang membanggakan orang tua.

39. Ungkapan ‘keras kepala’ pada naskah drama tersebut bermakna ….

A. tidak mau mendengar nasihat
B. tidak mau belajar
C. tidak mau menemui orang tua
D. mau disayangi sendiri

40. Kata atau kalimat bercetak miring yang ditulis dalam kurung pada naskah drama tersebut merupakan ….

A. keterangan pelaku
B. keterangan laku
C. keterangan dialog
D. kelengkapan naskah

Soal nomor 41 – 45 merupakan soal pilihan ganda kompleks, boleh menjawab lebih dari satu jawaban benar.

41. Sebuah teks yang berisi tentang dua argumen atau pendapat dari dua sudut pandang yang berbeda atau bertentangan dari suatu hal baik pro maupun kontra yang membuat kedua pihak saling membahas masalah yang menjadi persoalan dalam diskusi. Struktur teks diskusi adalah ….

A. isu
B. orientasi
C. argumen
D. saran/simpulan

42. Berikut ini adalah unsur kebahasaan teks cerita inspiratif ….

A. menggunakan kalimat ekspresif
B. menggunakan kalimat deskriptif
C. menggunakan majas

D. menggunakan kalimat perintah

43. Jika ingin menulis teks diskusi sebaiknya memilih topik permasalahan yang kontoroversial. Berikut ini topik permasalahan yang controversial adalah ….

A. Kisah perjalanan menuju Baitullah.
B. Dampak penggunaan smartphone di kalangan pelajar.
C. Bercocok tanam hidroponik.
D. Pro dan kontra globalisasi.

44. Literasi buku nonfiksi dapat memberikan banyak manfaat, di antaranya mendapatkan pelajaran hidup berharga, menjadi komunikator yang lebih baik, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak, serta mendapat pencerahan. Setelah literasi kita dapat membuat simpulan topik teks yang sudah dibaca. Adapun langkah menuliskan simpulan adalah ….

A. membaca keseluruhan teks yang akan disimpulkan
B. menentukan gagasan utama tiap paragraph pada teks
C. menuliskan simpulan berdasarkan gagasan utama

D. membaca ulang teks sampai menemukan simpulan

45. Cerita inspiratif merupakan salah satu bentuk prosa yang berisi kisah seseorang yang bertujuan untuk memberikan inspirasi atau motivasi. Cerita inspiratif biasanya berdasarkan pengalaman pribadi seseorang kemudia diceritakan kembali dalam bentuk prosa. Jika kamu hendak menulis cerita inspiratif maka urutan langkah-langkah menulis yang benar adalah ….

A. menceritakan pengalaman sendiri
B. memilih topik atau tema
C. menentukan tokoh, latar, dan sudut pandang
D. menulis garis besar cerita lalu menyusun cerita dengan memperhatikan kepaduan kalimat.


Untuk soal nomor 46- 50 tentukan pernyataan benar [B] atau salah [S]!

46. Agar mampu mengemukakan pendapat dengan alas an yang logis maka kita harus berpikir secara kritis. [ B – S ]
Jawab : Benar

47. Pernyataan yang berisi penentangan atau ketidaksetujuan terhadap argumen disebut dengan penolakan atau argumen kontra. [ B – S ]
Jawab : Benar

48. Struktur teks cerita inspiratif tersusun atas orientasi, argument pro, argument kontra, resolusi, koda. [ B – S ]
Jawab : Salah

49. Naskah drama merupakan sebuah teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (acting) yang dipentaskan. Drama merupakan karya nonfiksi. [ B – S ]
Jawab : Benar

50. Bagian akhir dalam struktur teks cerita inspiratif adalah koda. [ B – S ]
Jawab : Benar

Demikian Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas IX 2024, Lengkap dengan Kunci Jawabannya dapat kami bagikan semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas IX 2024, Lengkap dengan Kunci Jawabannya"