Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PAT SKI Kelas IX MTs Tahun 2024, Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal PAT SKI

Pada tahun 2024, para siswa kelas IX MTs akan menghadapi Ujian Akhir Semester (PAT) salah satunnya untuk mata pelajaran SKI. Ujian ini merupakan momen penting dalam perjalanan pendidikan mereka, karena hasil ujian ini akan memengaruhi nilai akhir mereka di semester ini.

Contoh soal PAT SKI kelas IX MTs tahun 2024 berikut ini akan menjadi salah satu bahan untuk menghadapi ujian tersebut. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang berbagai konsep dan prinsip dalam SKI, serta kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi yang relevan.

Dalam blog post ini, kita akan membahas beberapa contoh soal PAT SKI kelas IX MTs tahun 2024 yang dapat menjadi gambaran bagi para siswa tentang apa yang akan mereka hadapi. Mari kita simak bersama, dan mulailah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian penting ini.

Contoh Soal PAT SKI Kelas IX MTs Tahun 2024

1. Sebelum kedatangan Islam di wilayah Nusantara, peradaban yang pernah muncul dan mampu membangun suatu struktur masyarakat yang mapan adalah peradaban …

a. Hindu dan Budha
b. Ateisme dan panteisme
c. Panteisme dan Dinamisme
d. Islam dan budaya
Jawaban : A

2. Sebelum datangnya Islam di Nusantara, budaya yang pertama kali berkembang di masyarakat bersifat anismisme, artinya …

a. Perpaduan antara budaya Hindu dan Budha
b. Kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai kekuatan
c. Kepercayaan pada roh yang mendiami semua benda
d. Kepercayaan akan dewa-dewi
Jawaban : B

3. Sikap para Walisongo ketika masuk ke wilayah Nusantara dan berhadapan dengan budaya local adalah …

a. Merusaknya
b. Menolaknya
c. Menerimanya
d. Merubahnya
Jawaban : C

4. Nilai apa yang menjadi dasar dalam mengimplementasikan kearifan local di Indonesia

a. Nilai Matematis
b. Nilai Individualis
c. Nilai Relegius
d. Nilai Culturalis
Jawaban : C

5. Salah satu factor yang menyebabkan agama Islam mudah diterima masyarakat di Nusantara adalah karena berdakwah dengan menggunakan budaya local. Berikut ini contoh berdakwah menggunakan budaya local, adalah …

a. Pementasan wayang seperti sunan Kalijaga
b. Pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad SAW dalam bentuk syair
c. Penggunaan seni music kasidah untuk menyampaikan dakwah berupa nasehat-nasehat
d. Pertunjukan seni music kecimol pada saat acara nyongkolan.
Jawaban : A

6. Tradisi tahlilan yang diadakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sampai sekarang dan merupakan warisan Walisongo. Kearifan local tersebut menerapkan nilai-nilai keIslaman, yaitu….

a.. Mengenang jasa-jasa orang yang meninggal
b. Menghibur keluarga yang ditinggal mati
c. Mendoakan orang yang telah meninggal
d. Mendoakan keluarga yang ditinggal mati
Jawaban : C

7. Dalam berdakwah, para ulama tidak menghapus secara global tradisi dan adat yang sudah berlangsung di masyarakat. Mereka memasukkan ajaran-ajaran Islam dalam adat istiadat tersebut dengan tujuan …

a. Semakin digemari oleh masyarakat
b. Menghilangkan adat dan tradisi yang sudah lama
c. Islam menjadi pembaharu tradisi yang sudah lama
d. Dakwah Islam dapat diterima dengan baik dan masyarakat tidak kehilangan tradisinya
Jawaban : D

8. Seni budaya lokal Indonesia yang menjadi tradisi Islam terbentuk karena proses .....

a. Naturalisasi
b. Negosiasi
c. Kristalisasi
d. Akulturasi
Jawaban : D

9. Sebelum adanya tradisi tahlilan masyarakat berusaha meminta sesuatu kepada …

a. Dukun dan para normal
b. Pohon-pohon keramat
c. Makhluk halus dan gaib
d. Leluhur masyarakat
Jawaban : C

10. Dapat menyambung tali silaturrahmi antara para undangan dan keluarga orang yang meninggal dunia, merupakan salah satu tujuan diadakan tradisi …

a. Ziarah kubur
b. Tahlilan
c. Nyadran
d. Sekaten
Jawaban : B

11. Dalam penanggalan Jawa, bulan Sya’ban berubah nama menjadi bulan …

a. Sura
b. Ruwah
c. Maulid
d. Besar
Jawaban : B

12. Dibeberapa daerah nusantara, tradisi nyadran masih dilestarikan oleh masyarakat setempat dengan melakukan …

a. Ziarah kubur
b. Pertunjukan wayang dan gamelan
c. Acara bersih desa
d. Pemberian zakat
Jawaban : A

13. Upacara adat Sunda yang diselanggarakan pada saat seorang ibu mengandung 7 bulan. Hal ini dilaksanakan agar bayi yang ada dalam kandungan dan ibu yang melahirkan akan selamat. Upacara tersebut dinamakan …

a. Tingkeban
b. Gusaran
c. Reuneuh Mundingeun
d. Cucurak
Jawaban : A

14. Upacara adat Sunda yang khusus dilakukan agar seorang perempuan yang hamil tua atau usia kandungannya lebih 12 bulan itu segera melahirkan disebut …

a. Upacara Tingkeban
b. Upacara Gusaran
c. Upacara Reuneuh Mundingeun
d. Upacara Memelihara Tembuni
Jawaban : C

15. Dalam suku Melayu, apabila ada seorang bayi yang berusia tiga bulan maka akan diadakan sebuah upacara yang disebut dengan …

a. Batindik
b. Sunatan
c. Cukuran
d. Turun tanah
Jawaban : D

16. Dalam tradisi masyarakat Minang, diadakan upacara yang dikhususkan untuk anak perempuan yang memasuki usia dewasa. Upacara itu disebut…

a. Menata rambut
b. Menata konde
c. Menata rumah
d. Menata diri
Jawaban : B

17. Tradisi Ammateang merupakan sebuah upacara adat yang dialaksanakan di provinsi …

a. Sulawesi Tengah
b. Sulawesi Selatan
c. Kalimantan Selatan
d. Kalimantan Tengah
Jawaban : B

18. Upacara adat Ammateang dilaksanakan oleh suku Bugis apabila ada salah seorang warga masyarakat yang …

a. Meninggal dunia
b. Memperoleh kesuksesan
c. Melahirkan
d. Mengandung usia 7 bulan
Jawaban : A

19. Tradisi umat Islam di Jawa yang dilaksanakan setiap malam tanggal 21 Ramadhan disebut .....

a.. Selikuran
b. Megengan
c. Suranan
d. Nyadran
Jawaban : A

20. Kenduri ruwah merupakan tradisi budaya yang masih dilaksanakan oleh masyarakat di wilayah Sumatera, acara tersebut dilaksanakan untuk menyambut…

a. Kedatangan bulan Muharram
b. Kedatangan bulan Rabi’ul Awwal
c. Kedatangan bulan Ramadhan
d. Kedatangan bulan Dzulhijjah
Jawaban : B

21. Abdul Rouf Singkel adalah seorang “Syekh” dan ulama besar. Perjalanan keilmuannya ditempuh sejak kecil sampai wafatnya. Masa mudanya dihabiskan dengan berguru kepada….

a. Orang tuanya, para ulama di Yaman, Makkah dan Madinah.
b. Guru ngajinya di Aceh dan guru tarekat Syatariyah di Makkah
c. Para ulama Aceh dan para ulama tarekat yang datangdari Makkah.
d. Orang tuanya, para jamaah haji yang pulang dari Makkah dan Madinah
Jawaban : A

22. Nangro Aceh Darussalam adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang memberlakukan hukum Islam. Hal itu karena peran penting Syeh Abdul Rauf Singkel di kerajaan Aceh di masa lalu sebagai seorang….

a. Sultan
b. Mufti kerajaan
c. Pendiri Tarekat
d. Menteri Agama
Jawaban : B

23. Syeh Abdul Rauf Singkel mendapatkan ijazah dari gurunya Syeh Ahmad Qusasi untuk mengajarkan Tarekat Syattariyah kepada murid-muridnya, dengan tujuan….

a. Membimbing mereka untuk membangkitkan kesadaran akan Allah swt di dalam hati.
b. Mengajak mereka kembali kepada Al-Qur’an dan Hadits secara benar.
c. Mengajarkan kepada meraka hukum Islam mengikuti madhab Syafi’i.
d. Membersihkan Aceh dari praktek tarekat sesat yang sudah ada sebelumnya
Jawaban : A

24. Syekh Abdul Rauf Singkel menyusun buku berjudul “Mir’at at-Tullab fi tahsil Ma’rifatlil Malik al-Wahhab”. Kitab itu menjadi panduan para qodi, hakim dan penghulu memberlakukan hukum Islam dalam praktek keagamaan masyarakat. Dari kitab itu, kita hari ini beribadah mengikuti ilmu feqih mazdhab….

a. Imam Hanafi 
b. Imam Maliki 
c. Imam Syafi’i
d. Imam Hambali
Jawaban : C

25. Syekh Abdul Rauf Singkel menghabiskan hidupnya untuk mengembangkan ilmu agama. Beliau mempelajari berbagai ilmu agama dari para guru. Karya ilmiahnya sebanyak 21 buah buku dan mewariskannya sebagai khazanah intelektual umat Islam,.Sikap yang benar dari meneladani beliau yaitu….

a. Menjadi pembelajar yang suka baca buku agama dan mengamalkan setiap hari.
b. Menjadi generasi pembelajar yang menjalankan agama dengan ilmu yang benar dari guru
c. Menjadi pembelajar berprestasi agar mendapatkan kedudukan dan kehormatan di masyarakat
d. Mengikuti jejak beliau belajar ilmu-ilmu agama agar bisa mendekatkan diri kepada Allah
Jawaban : B

26. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari mengunjungi sahabatnya yang bernama Syekh Abdurrahman Masri di Jakarta, dalam kunjungannya tersebut, beliau juga membetulkan beberapa arah kiblat beberapa masjid. Sebagai pelajar keteladanan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari sikap Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari tersebut, adalah….

a. Selalu melakukan silaturrahmi
b. Semangat dalam mengajarkan kebenaran
c. Senantiasa berdakwah dimana saja
d. Senang bergaul dengan siapa saja
Jawaban : B

27. Muhammad Arsyad meninggalkan orang tuanya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik di istana kerajaan. Selepas menikah, beliau meninggalkan istrinya untuk belajar ke Makkah. Selama 35 tahun belajar di Timur Tengah demi agama dan negaranya. Ibrah yang kita ambil sebagai pelajar yaitu….

a. Belajarlah sepanjang hayat
b. Ilmu lebih penting dari pada keluarga!
c. Carilah ilmu sampai ke Arab!
d. Kecerdasanakanmembuatmuberilmu!
Jawaban : A

28. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari mendirikan lembaga pendidikan yang disebut “Dalam Pagar”. Alasan yang menurutmu benar dalam pendirian model pendidikan seperti itu agar para muridnya….

a. Selama belajar harus di dalam pagar pondok
b. Lebih berkonsentrasi dalam belajar
c. Tidak lompat pagar sekolah
d. Tidak diganggu masyarakat luar
Jawaban : B

29. Nama guru sekaligus Imam Haramain yang menganjurkan kepada Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari untuk kembali ke kampung halamannya (di Indonesia) untuk membina umat, yaitu ….

a. Syekh Akhmad Syatariyah
b. Syekh Al-Islam Muhammad bin Sulaiman Al-Kurdi
c. Syekh Ahmad Qosasi
d. Syekh Akhmad Nawawi Al-Bantani
Jawaban : B

30. Syeh Muhammad Arsyad al-Banjari berjasa melakukan transmisi pengetahuan Timur Tengah ke Indonesia. Ilmunya terwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karya ilmiah beliau yang dipelajari di madrasah-madrasah ini menjadi buku pegangan dan bahan pelajaran di Indonesia, Singapura,Thailand dan Malaysia,pada abad 19-20 M. Kitab tersebut berjudul….

a. Sabilul Muhtadin
b. AdabulTa’limwaMuta’alim
c. Tarjuman Mustafid
d. Syarah Fathul Jawad
Jawaban : A

31. Muhammad Darwisy lahir dari orang tua yang dikenal sangat alim.Bapaknya menjadi Imam Masjid Besar Kesultanan Yogyakarta. Ibunya puteri Penghulu Kesultanan Yogyakarta. Silsilahnya masih keturunan Maulana Malik Ibrahim. Sejak kecil dididik dalam lingkungan pesantren

Dari bacaan tersebut di atas, latar belakang keluarga KH. Ahmad Dahlan adalah….

a. Kyai pesantren
b. Ulama kerajaan
c. Pejabat pemerintahan kerajaan
d. Keturunan bangsawan
Jawaban : B

32. Berkembangnya pemikiran-pemikiran pembaharuan dalam diri KH. Ahmad Dahlan yang kemudian menjadi ide gerakan pembaharuan di Indonesia diperolehkan ketika beliau….

a. Berinteraksi dengan pemikiran Muhammad Abduh, Al-Afghani, Rasyid Ridho dan lain-lain
b. Pergi menunaikan haji ke Makkah dan mengganti namanya menjadi KH. Ahmad Dahlan
c. Belajar agama dan bahasa Arab di lingkungan pesantren sejak masa kecil
d. Mendirikan organisasi sosial keagamaan bernama Muhammadiyah di Yogyakarta
Jawaban : A

33. Berikut yang tidak menjadi konsentrasi perjuangan KH. Ahmad Dahlan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia sampai saat ini, yaitu…..

a. Menyadarkan umat Islam untuk belajar dan berbuat agar tidak menjadi bangsa terjajah
b. Membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan melalui perlawanan fisik di berbagai daerah
c. Menggerakkan amal usaha sosial dan pendidikan melalui organisasi Muhammadiyah
d. Mempelopori kebangkitan wanita Indonesia mendapatkan pendidikan melalui Aisyiyah
Jawaban : B

34. KH. Ahmad Dahlan prihatin dengan kondisi umat Islam sebagai bangsa terjajah. Dari gambar di samping, ibrah dari semangat perjuangan KH. Ahmad Dahlan dalam perkembangan Islam di Indonesia saat itu adalah…..

a. Patriotisme anak muda menyadarkan umat dan berjuang untuk bangsanya
b. Semangat kebangkitan nasional umat Islam yang pulang dari ibadah haji.
c. Ajakan kembali kepada al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW melawan penjajah
d. Membangkitkan kesetaraan kaum wanita dengan pria dalam pendidikan
Jawaban : A

35. Dari gambar kedua disamping, menggambarkan kontribusi Muhammadiyah di Jepara bergerak dalam bidang….

a. Pendidikan
b. Kesehatan masyarakat
c. Pemerintahan
d. Sosial budaya
Jawaban : A

36. Muhammad Hasyim lahir di Pondok Gedang Jombang tanggal 14 Pebruari 1871 M. Ketika dalam kandungan, ibunya Nyai Halimah bermimpi melihat bulan purnama yang jatuh kedalam kandungannya. Begitu pula ketika melahirkan Nyai Halimah tidak merasakan sakit seperti wanita umumnya.

Sosok ibu yang melahirkan dan mendidik K.H.Hasyim Asy’ari mengalir darah bangsawan keturunan dari…..

a. Keluarga kerajaan Majapahit
b. Keluarga Walisongo
c. Keluarga kasultanan Yogyakarta
d. Keluarga Kyai Tebuireng
Jawaban : A

37. Hasyim Asy’ary mulai mengembara untuk menuntut ilmu saat usia 15 tahun. Beliau belajar ke pondok-pondok pesantren yang masyhur di tanah Jawa, khususnya Jawa dan Madura sampai usia 20 tahun.
Di antaranya adalah Pondok Pesantren Wonorejo di Jombang, Wonokoyo di Probolinggo, Tringgilis di Surabaya, dan Langitan Tuban, kemudian Bangkalan Madura, di bawah bimbingan Syaikhona Khalil.

Dari teks di atas, K.H. Hasyim Asy’ary muda adalah sosok pelajar yang ….

a. Suka berpindah-pindah pesantren
b. Tekun dan cepat menyerap ilmu dari setiap kyai
c. Tidak kerasan belajar di pesantren
d. Suka mondok di pesantren terkenal.
Jawaban : B

38. Saat usia 21 tahun KH. Hasyim Asy’ari menikah lalu pergi ke Makkah untuk ibadah haji dan belajar di sana. Beliau dikaruniai putra bernama Abdullah. Namun, tak lama istrinya meninggal dunia dan 40 hari kemudian wafat. Dalam menjalani kepahitan hidup itu, beliau mengubah kesedihan dengan ….

a. Mengembara mencari ilmu ketempat lain
b. Meninggalkan tanah suci kembali ketanah air
c. Memperbanyak ibadah dan belajar
d. Berziarah ketempat-tempat suci
Jawaban : A

39. Melihat keterbelakangan umat Islam saat itu, sebagai seorang ulama muda beliau terpanggil untuk memperbaikinya. Bersama para kyai lainnya, beliau mendirikan sebuah organisa yang bernama “Nahdlotul Ulama” dengan tujuan ….

a. Mengajarkan ilmu agama yang diperoleh dari Makkah
b. Memegang dengan teguh pada salah satu dari madzhab empat untuk menjaga umat Islam.
c. Menyiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin agama
d. Menegakkan syareat Islam berdasarkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah
Jawaban : D

40. Perjuangan KH. Hasyim Asyari dan KH. Ahmad Dahlan sangat penting bagi perjuangan umat Islam dan bangsa Indonesia untuk masa sekarang. Menurut pendapatmu, berikut ini pelajaran penting bagi seorang pelajar di masa sekarang yaitu….

a. Seorang pelajar harus berfikir maju untuk memperbaiki umat dan memajukan negara
b. Seorang pelajar harus tekun belajar untuk mendapatkan prestasi yang membanggakan.
c. Seorang pelajar harus mempelajari ilmu agama yang dibutuhkan oleh masyarakat.
d. Seorang pelajar harus mengikuti jejak-jejak perjuangan mereka agar senantiasa terkenang.
Jawaban : A

41. Pilihlah dua jawaban yang benar tentang Contoh bentuk interaksi antara nilai Islam dan kearifan lokal dalam masyarakat Indonesia adalah penggunaan ...

a. Penggunaan nama-nama hari dalam penanggalan.
b. Wayang kulit untuk menyampaikan kisah-kisah dari Al-Qur'an dan Hadis
c. Arsitektur gereja untuk membangun masjid-masjid di Indonesia
d. Bahasa Arab murni dalam ritual keagamaan Islam sehari-hari.
Jawaban : A,B

42. Pilihlah dua jawaban yang benar tentang bentuk penghargaan yang diberikan masyarakat Aceh Darussalam terhadap jasa-jasa Syekh Abdurrauf As-Singkel, yaitu…

a. Datuk Kalampayan
b. Tengku Syekh Kuala
c. Universitas Islam Datuk Kalampayan
d. Universitas Islam Syah Kuala
Jawaban : B,D

43. PIlihlah tiga jawaban yang benar dari empat jawaban yang merupakan karya tulis Syeh Abdul Rauf Singkel dalam kitab tafsir, kitab fiqh, kitab tasawuf dan kitab hadits, yaitu ….

a. Kitab “TarjumanMustafid” ( Terjemahan Pemberi Faedah)
b. Kitab “Mir’at at-Tullab fi Tahsil Ma’rifah Ahkam Asy-Syar’iyah”(Panduan bagi seorang hakim)
c. Kitab ”Sabilal Muhtadi” (Jalan orang yang mendapat petunjuk)
d. Kitab “Umdat al-Muhtajin”.(Tiang orang yang memerlukan)
Jawaban : A,B,D

44. Pilihlah dua jawaban yang benar tentang asal usul Syeh Muhammad Arsyad al-Banjari, yaitu….

a. Anak angkat sultan Tahmidullah
b. Putra keluarga Abdullah dan Siti Aminah
c. Keturunan Datuk Kalampayan
d. Anak jenius dari Desa Lok Gabang
Jawaban : B,C

45. Pilihlah dua metode dakwah yang dilakukan Syeh Muhammad Arsyad al-Banjari sepulang dari Makkah, yaitu ….

a. Membina kader-kader ulama
b. Mengajarkan kitabnya keseluruh Indonesia
c. Memberlakukan hukum Islam di kerajaan
d. Mendirikan lembaga “Dalam Pagar”
Jawaban : A,D

Untuk soal nomor 46-50 pilih jawaban benar (B) atau salah (S)

46. K.H.Ahmad Dahlan adalah pendiri Muhammadiyah pada tahun 1912 dengan tujuan untuk menyesuaikan ajaran Islam dengan perkembangan zaman. (B – S).
Jawaban : B

47. K.H.Hasyim Asy'ari mendirikan Nahdlatul Ulama (NU) pada tahun 1926 dengan tujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui jalur politik. (B –S)
Jawaban : S

48. Organisasi Persatuan Islam (Persis) didirikan oleh K.H.Ahmad Hassan pada tahun 1923 di Bandung (B – S)
Jawaban : B

49. Al-Irsyad Al-Islamiyyah, yang didirikan oleh K.H.Agus Salim pada tahun 1914, bertujuan untuk memperkenalkan dan menyebarkan ajaran Islam Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah. (B – S)
Jawaban : S

50. Nasyiatul Aisyiyah, sebagai sayap perempuan dari organisasi Muhammadiyah, didirikan oleh Nyai Ahmad Dahlan pada tahun 1917 (B – S)
Jawaban : S

Demikian Contoh Soal PAT SKI Kelas IX MTs Tahun 2024, Lengkap dengan Kunci Jawabannya kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PAT SKI Kelas IX MTs Tahun 2024, Lengkap dengan Kunci Jawabannya"