Soal Asesmen Akhir Semester Genap Bahasa Indonesia Kelas 8 Lengkap dengan Kunci Jawaban
Halo para pendidik dan siswa kelas 8 yang bersemangat! Menjelang akhir semester genap, tentu saja kita semua sudah mulai bersiap-siap menghadapi asesmen akhir semester. Asesmen ini bukan hanya sekadar formalitas, tetapi juga menjadi tolok ukur penting untuk menilai sejauh mana pemahaman kita terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester penuh.
Dalam blog post kali ini, kami akan menyajikan kumpulan soal asesmen akhir semester genap untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8, lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal ini dirancang untuk membantu siswa mengasah kemampuan mereka dalam berbagai aspek, mulai dari pemahaman bacaan, tata bahasa, hingga kemampuan menulis. Dengan latihan yang intensif dan pemahaman yang mendalam, diharapkan para siswa dapat menghadapi asesmen dengan lebih percaya diri dan meraih hasil yang memuaskan.
Selain itu, bagi para guru, kumpulan soal ini bisa menjadi referensi tambahan untuk menyusun soal ujian yang lebih variatif dan komprehensif. Dengan demikian, proses evaluasi dapat berjalan lebih objektif dan menyeluruh.
Soal-soal asesmen ini terdiri dari tiga jenis, yakni pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan soal benar-salah. Dengan total 50 nomor, asesmen ini tidak hanya menguji pengetahuan dasar siswa tetapi juga kemampuan mereka dalam menganalisis dan memahami teks secara mendalam.
Soal Asesmen Akhir Semester Genap Bahasa Indonesia Kelas 8 Lengkap dengan Kunci Jawaban
1. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!Buah Mangga Indramayu (Mangifera indica) atau mangga cengkir sudah sangat dikenal masyarakat luas. Mangga ini diberi nama sesuai sesuai dengan daerah asalnya, yaitu Indramayu. Ukuran buahnya cukup besar dengan daging buah yang tebal. Rasanya yang manis dan juga segar membuat buah mangga Indramayu menjadi populer dan juga disukai oleh banyak orang.
Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau, sungai, dan laut menguap ke udara.
Ada yang menarik dari Film ini, penuh dengan momen menyentuh dengan chemistry kuat antarpara pemainnya, Warga Baru merupakan film pendek yang berkualitas diangkat dari kisah nyata. Kisah para warga tahanan Polres Indramayu. Namun lebih dari itu, film ini juga merupakan film yang sarat pesan dan mencerahkan. Dibalur dalam sempal guyon mazhab humor orang Indramayu.
Film 5cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
Paragraf yang termasuk teks ulasan adalah ....
A ) | (1) | |
B ) | (2) | |
C ) | (3) | |
D ) | (4) |
2. | Bacalah teks ulasan berikut ini dengan cermat!! Soal No 2 - 4. Film Dilan 1990 merupakan sebuah film yang sangat identik dengan kehidupan remaja pada saat itu. Mulai dari pacaran, tawuran, hingga konflik yang terjadi sesama teman. Film ini sukses membuat para penonton terbawa perasaan, terutama para wanita. Dilan menampilkan sosok lelaki yang sangat diidam-idamkan oleh para wanita. Latar film Dilan ini juga sesuai dengan judulnya tahun 1990. Demikian, properti yang digunakan dalam film ini juga tidak jauh berbeda dari tahun 90-an. Sayangnya, film ini tidak menggambarkan suasana 1990–an secara keseluruhan. film Dilan 1990 ini merupakan film bagian pertama yang akan ada kelanjutan filmnya. Sehingga, bisa dibilang akhir dari film Dilan 1990 ini dinilai “nanggung”, tetapi cukup membuat penasaran banyak orang. film ini tidak hanya berpengaruh untuk kalangan remaja, tetapi orang yang sudah dewasa juga sangat antusias untuk menontonnya karena teringat kenangan di masa muda tepatnya tahun 1990-an. Objek dalam teks ulasan di atas adalah .... | ||||||||||||
|
3. | Kalimat yang menyatakan kekurangan karya adalah…. | ||||||||||||
|
4. | Keunggulan karya yang diapresiasi penulis dalam teks ulasan di atas adalah .... | ||||||||||||
|
5. | Bacalah teks berikut! Soal untuk Nomer 5 - 6 Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami para pembaca (2) Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam kehidupan. (3) Dengan kemasan yang apik, sang penulis memberi nasihat-nasihat yang baik bagi para pembaca terutama kalangan anak muda. (4) Namun, alurnya mudah ditebak dan sosok tokoh ayah dalam cerpen “Nasihat Untuk Anakku” karya Motinggo Busye ini tidak digambarkan jelas. Pernyataan yang menunjukan kekurangan buku ditandai dengan kalimat bernomor .... | ||||||||||||
|
6. | Bagian struktur dari teks ulasan di atas adalah .... | ||||||||||||
|
7. | Cermati teks ulasan berikut! Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. (2) Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. (3) Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. (4) Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati. (5) Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu. (6) Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. (7) Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya. (8) Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih menjajah Indonesia. Bagian orientasi pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor …. | ||||||||||||
|
8. | Keluarga Cemara versi layar lebar menempatkan diri sebagai prekuel. Di layar kaca, Abah (Adi Kurdi) dan Emak (Lia Waroka) digambarkan hidup sederhana. Di film dijelaskan, dulu Abah (Ringgo) orang kaya. Ia mengembangkan bisnis properti dan tinggal di sebuah klaster dengan Emak (Nirina), Euis (Zara), dan Ara (Widuri). Musibah datang pada hari ulang tahun Euis. Kutipan novel tersebut menunjukan bagian …. | ||||||||||||
|
9. | Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, karya Andre Hirata. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi. Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona. Kisah tokoh tokoh tersebut akan membuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT. Kalimat yang menggunakan konjungsi penerang dalam teks ulasan di atas adalah .... | ||||||||||||
|
10. | Bacalah teks berikut dengan saksama! Soal untuk No 10 - 11 Cerpen dengan judul “Aku, Ibu, dan Takdir” ditulis oleh Bahtari Anugerah. (2) Cerpen dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan pada tahun 2015.(3) Cerpen ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan yang harus dilalui seorang gadis belia. (4) Ia bernama Bella, seorang gadis yang terpisah dengan Ibu kandungnya. (5) Bella gadis belia yang kini duduk di bangku SMA, sejak bayi ia dititipkan kepada nenek tua ini. (6) Cerpen ini cocok untuk semua umur terutama kaum remaja karena banyak mengandung amanat. Penggunaan konjungsi temporal terdapat pada kalimat nomor… | ||||||||||||
|
11. | Kalimat saran membaca pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor …. | ||||||||||||
|
12. | Paragraf di bawah ini yang merupakan teks persuasi adalah…. | ||||||||||||
|
13. | Bacalah teks berikut! Saat ini masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar dalam mendidik anak. Padahal, dalam mendidik anak kesabaran sangatlah diperlukan. Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani seumur hidup sejak manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa. Berdasarkan pada kutipan teks persuasi di atas, ajakan yang ingin disampaikan penulis pada pembaca adalah…. | ||||||||||||
|
14. | Bacalah teks berikut ! Soal untuk No 14 - 16 Sebagian orang tidak terbiasa makan di pagi hari dengan alasan belum lapar, buru buru berangkat kerja atau sekolah dan lain lain. (2) Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting saat kita akan memulai kegiatan di pagi hari. (3) Tubuh yang kekurangan asupan makanan di pagi hari maka akan kekurangan tenaga di siang hari saat melakukan aktivitas. (4) Namun, kita juga harus memperhatikan porsi sarapan, usahakan porsi makanan tidak banyak agar tidak menimbulkan kantuk saat beraktivitas. (5) Jadi, sarapan pagi secukupnya saja yang penting perut tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Simpulan yang tepat berdasarkan teks persuasi di atas adalah… | ||||||||||||
|
15. | Pernyataan penulis yang sesuai dengan kutipan teks persuasi di atas adalah… | ||||||||||||
|
16. | Fakta yang mendukung argumen penulis dalam teks persuasi di atas ditandai dengan nomor…. | ||||||||||||
|
17. | Cermati kalimat-kalimat di bawah ini! Soal untuk No 17 - 20 (1) Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik. (2) Jadi, mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan bersih. (3) Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak mengandung zat kimia apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap tubuh anda maupun untuk lingkungan anda. (4) Sear Soap ini salah satu produk asli Indonesia yang memiliki harga cukup terjangkau. (5) Sear Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya, Perbaikan urutan kalimat yang tepat agar menjadi teks persuasi yang padu adalah…. | ||||||||||||
|
18. | Kalimat nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian… | ||||||||||||
|
19. | Istilah kesehatan yang digunakan pada kutipan teks persuasi di atas adalah…. | ||||||||||||
|
20. | Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas adalah…. | ||||||||||||
|
21. | Bacalah teks berikut! (1) Salah satu penyebab lingkungan tercemar adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. (2) Limbah rumah tangga yang jumlahnya selalu bertambah setiap hari juga merupakan masalah serius yang seharusnya dipecahkan bersama. (3) Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran dari setiap individu mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan. Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan kutipan teks persuasi di atas adalah… | ||||||||||||
|
22. | Cermati teks drama berikut! Soal No 22 - 24 (1)Mayor : Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat (sambil menggebrak meja) (2)Kopral : Sabarlah sedikit, Pak. (3)Mayor : Jangan ditawar lagi. (4)Kopral : Apanya, Pak? (5)Mayor : Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa ditawar-tawar, ngerti? (6)Kopral : Kalau begitu kuralat ucapanku tadi. (7)Mayor : Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu! Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah .... | ||||||||||||
|
23. | Dialog pada kutipan teks drama di atas yang berisi kramagung ditandai dengan nomor… | ||||||||||||
|
24. | Amanat yang tepat sesuai dengan kutipan teks drama di atas adalah …. | ||||||||||||
|
25. | Perhatikan ilustrasi drama berikut! (1)Jo: Hey, jalan yang bener dong! (keluar dari mobil) Yuda:(tampak terkejut dan menguasai diri) Maaf Pak. (2)Jo: (melotot) maaf, maaf! Bapak: Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru-buru nanti terlambat ke kantor (cepat menyusul keluar dari mobil). (3)Jo: Tidak bisa, dia harus diberi pelajaran! (nyaris melayangkan tinju). Bapak: Sabar Jo, (melihat kasihan pada Yuda) Kau pergilah Nak! Yuda: Terima kasih Pak! Bapak: Hey, apa yang kau Bawa, Nak? (heran) Kamu jual lukisan? Yuda: Iya Pak, ini lukisan kaca. Bapak: Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu dan lain lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini? Yuda: Yang mana Pak? Bapak: Semuanya, Ah, sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah. Yuda: Apa? Lima juta! Bapak: Apa kurang? Yuda: Cu….kup Pak Watak Yuda disertai bukti yang tepat pada kutipan drama di atas adalah …. | ||||||||||||
|
26. | Bacalah kutipan teks drama berikut! (1)Para pelaku: Jidul : Anak laki laki berusia 15 tahun Pak Pikun: Pembantu rumah tangga berumur 40 tahun Ibu: Nyonya rumah berumur sekitar 40 tahun Tritis: Gadis 18 tahun (2)Kisah ini terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang. Terdapat berbagai perlengkapan yang lazim di ruang tamu, tetapi yang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Dengan penuh keriangan, Si Jidul membersihkan meja dan kursi kursi. (3)Pak Pikun: (muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! Berikan kembali padaku! Ayo! Mana! Jidul: (ber -ah uh, sambil memberikan isyarat ketidakmengertiannya) Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau bukan kamu! Ayo Jidul kamu sembunyikan di mana, heh? Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut ) Ibu: (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul? Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu! Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang! Ibu: Mencuri arloji? Kamu mencuri Jidul? Jidul: (sambil ber-ah uh menggoyang goyangkan kepala dan tangannya) Pak Pikun: Mungkir, ya! Padahal jelas Bu! Tadi saya mandi. Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi, lalu dia masuk, entah mengapa. Lalu tiba tiba arloji saya hilang (tangannya menunjuk Jidul). Ibu : (melihat tangan Pak Pikun) O, arloji Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai di pergelangan tangan kanan itu punya siapa? (tertawa) Tritis: (Muncul dan langsung ikut tertawa) Lain waktu jangan main tuduh saja Pak! (4)Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangan kanannya. Dilepaskannya Si Jidul. Dengan sangat malu, ia berjalan tertegun tegun. Si Jidul pun tertawa dengan caranya sendiri. Bagian prolog pada kutipan drama di atas ditandai dengan nomor …. | ||||||||||||
|
27. | Dialog yang menunjukan bagian resolusi pada contoh dialog adalah… | ||||||||||||
|
28. | Dialog yang menggunakan kalimat perintah adalah …. | ||||||||||||
|
29. | Berikut yang merupakan contoh kata sifat adalah… | ||||||||||||
|
30. | Dialog pada kutipan teks drama yang hanya berisi wawancang adalah…. | ||||||||||||
|
31. | Cermati kutipan cerita fiksi berikut! “Mohammad-san inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?” Paragraf di atas termasuk teks fiksi karena… | ||||||||||||
|
32. | Paragraf yang merupakan teks nonfiksi adalah… | ||||||||||||
|
33. | Perhatikan daftar indeks buku berikut! Indeks buku di atas di tulis berdasarkan pada…. | ||||||||||||
|
34. | Perhatikan daftar indeks buku berikut! Berdasarkan kutipan indeks tersebut, dapat ditemukan kisah biografi yaitu .... | ||||||||||||
|
35. | Perhatikan kutipan indeks buku berikut! Agusta, Leon 307 Ayat, Rohaedi 52, 67 Aku 41, 59, 70, 212 Alegori 135, 144 Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212 Aliran 32, 47 ekspresionisme 40-43 imajis 46-47 impresionisme 42-47 naturalisme 32 realisme sosial 38, 40 romantik 32-35 Amuk 185, 186, 190, 194, 195 Pernyataan yang benar berdasarkan kutipan indeks di atas adalah . . . . | ||||||||||||
|
36. | Cermati teks fiksi berikut! (1)Andini ialah gadis yang baik, hatinya lembut serta senang membantu orang yang lain. (2)Satu sore, Andini bersiap-siap pergi mengantar makanan untuk seorang nenek yang tengah sakit walau rumah nenek itu cukuplah jauh, Andini ikhlas menjenguknya. (3)Sepulang dari rumah si nenek, Andini kemalaman dan tersesat dalam hutan. Pohon-pohon besar berdiri berjejer seakan ingin menelannya dalam kegelapan, ia pun merasa takut dan kebingungan. (4)Saat tengah kebingungan, tak terduga tiba tiba muncul ratusan kunang-kunang yang langsung membuat hutan terang benderang oleh kilau cahaya yang keluar dari badan mereka. (5)Seekor kunang-kunang memimpin di depan seperti mengomando teman-temannya untuk menunjukan jalan pulang pada Andini (6)“Terima kasih kunang-kunang. Kalian sudah menerangi jalanku!“ kata Andini lega. Kalimat yang menggunakan makna kias pada teks fiksi tersebut ditandai dengan nomor .... | ||||||||||||
|
37. | Cermati kutipan teks non fiksi berikut! Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dengan kecerdasannya akan semakin menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi IQ-nya. Tetapi bagaimana ia mampu menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur tertentu yang bertanggung jawab. Makna kata cerdas pada kutipan teks di atas adalah … | ||||||||||||
|
38. | Cermati teks cerita berikut! Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering mengejek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malas. Kemenarikan tokoh pada cerita di atas adalah…. | ||||||||||||
|
39. | Cermati pernyataan berikut! (1)Menggapai Mimpi berisi tentang kiat meraih sukses dalam hidup. Selain itu, juga dilengkapi testimoni beberapa pesohor negeri yang sukses membangun usaha di berbagai bidang. Berawal dari sebuah mimpi mereka kemudian berjuang mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah realita. (2)Sang Pemimpi menceritakan tentang betapa susahnya hidup ditanah Belitung yang diperankan oleh anak-anak yang mempunyai sejuta impian. Mereka adalah seorang bocah yang berjuang untuk hidup dengan banyak tantangan. (3)Laskar Pelangi menceritakan tentang kehidupan di pedalaman daerah Belitung yang kontras dan kaya akan hasil timahnya. Akan tetapi masyarakatnya tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. (4)Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan dan disajikan secara lancar agak enak dibaca. Sisi kemanusiaan beliau yang diungkap mulai dari hal-hal yang terbilang kecil hingga sederet dilema hidup yang menekan batinnya. Berdasarkan sinopsis di atas, buku nonfiksi ditandai dengan nomor …. | ||||||||||||
|
40. | Cermati pernyataan berikut! Menggapai Mimpi berisi tentang kiat meraih sukses dalam hidup. Selain itu, juga dilengkapi testimoni beberapa pesohor negeri yang sukses membangun usaha di berbagai bidang. Berawal dari sebuah mimpi mereka kemudian berjuang mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah realita. Penggunaan diksi yang menarik dalam kutipan tersebut di atas adalah… | ||||||||||||
|
41. | Pilihlah tiga (2) dari empat (4) Jawaban yang benar tentang sifat-sifat dari cerita fiksi yaitu … | ||||||||||||
|
42. | Pilihlah tiga (3) dari empat (4) Jawaban yang benar tentang unsur-unsur interinsik cerita fiksi meliputi …. | ||||||||||||
|
43. | Perhatikan teks berikut! (1) Ledakan penduduk adalah suatu keadaan kependudukan yang memperlihatkan pertumbuhan yang melonjak cepat dalam jangka waktu yang relatif pendek. (2) Ledakan penduduk biasanya terjadi karena angka kelahiran sangat tinggi sedangkan angka kematian mengalami penurunan yang drastis. (3) Penurunan angka kematian yang drastis ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena membaiknya kondisi kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat. (4) Pertumbuhan penduduk yang tinggi jika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Pilihlah 2 nomor kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat pada teks tersebut .... | ||||||||||||
|
44. | Cermatlah teks berikut! Gunung meletus merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Negara kita memiliki banyak sekali gunung berapi yang siap meletus kapan saja dan menimbulkan bencana serta kerusakan yang tidak diinginkan. Kerusakan akibat gunung meletus bukan hanya terbatas pada material magma, debu vulkanik, dan batuan yang dikeluarkan kawah gunung, melainkan juga gempa vulkanik yang mengguncang wilayah di sekitar gunung. Terjadinya gunung meletus 100% dipengaruhi oleh gejala alam Pilihlah 2 pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah .... | ||||||||||||
|
45. | Cermatlah teks berikut! (1)Westemisasi berproses melalui jalur perdagangan, penjajahan, dan misionaris yang percaya bahwa cara hidup mereka lebih unggul daripada orang-orang di negara tempat mereka bepergian. (2)Orang-orang yang dijajah didorong untuk mengadopsi praktik bisnis, bahasa, huruf, dan pakaian Eropa Barat. (3) Pada abad ke-20, negara -negara di benua Afrika menjadi pengekspor budaya barat. (4) Film, musik, dan mode mereka ambil dari Asia dan Amerika. Pilihlah 2 pernyataan pada teks tersebut yang berisi fakta! | ||||||||||||
|
46. | Perhatikan teks berikut! Soal untuk no 46 - 50 Musim hujan banyak wilayah di Indonesia berpeluang terdampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung hingga cuaca ekstrem dan gelombang tinggi. Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya dan sebagian besar disebabkan faktor meteorologi. Beberapa di antaranya adalah peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca esktrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat atau petir, dan lain sebagainya. Risiko yang ditimbulkan akibat bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan adanya mitigasi bencana. Tujuan mitigasi bencana adalah untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam, terutama untuk penduduknya. Selain itu, meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi dan mengurangi dampak atau risiko bencana alam. Dalam upaya pengurangan risiko bencana, perencanaan tata ruang wilayah juga merupakan kebutuhan vital, terutama untuk mitigasi bencana hidrologi seperti banjir. Iwan Ridwansyah Peneliti Limnologi LIPI menekankan perencanaan tata ruang wilayah harus melibatkan kolaborasi multisektor dan berbasis kebencanaan. Mudik merupakan fenomena yang terjadi setiap setahun sekali, terutama saat hari Raya Idul Fitri. Fenomena sosial ini disebabkan oleh faktor kultural atau budaya. Fenomena ini merupakan kegiatan pulang kampung dari kota atau tempat perantauan menuju kampung halaman guna merayakan Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan beberapa hari sebelum hari Raya Idul Fitri tiba. Biasanya masyarakat melakukan mudik dengan menggunakan sejumlah alat transportasi yang ada, seperti kendaraan pribadi, bus, kereta api, kapal laut, hingga pesawat terbang. Fenomena mudik mempunyai dampak negatif yang terjadi sebelum dan setelah Idul Fitri, seperti kemacetan, kecelakaan, dan mengubah pola belanja mayarakat menjadi konsumtif. pernyataan “Informasi tersebut berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi” adalah… | ||||||
|
47. | pernyataan ”Informasi tersebut membantu pembaca untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana” adalah… | ||||||
|
48. | pernyataan ” Masyarakat tidak dapat memanfaatkan informasi untuk menciptakan tata letak wilayah yang antisipatif terhadap bencana alam” adalah… | ||||||
|
49. | pernyataan ” Mudik seharusnya dilarang karena meningkatkan risiko kecelakaan bagi penduduk” adalah… | ||||||
|
50. | pernyataan ” Pemerintah harus meningkatkan pelayananan fasilitas untuk mudik agar dampak negatif dapat diminimalisasi” adalah… | ||||||
|
Posting Komentar untuk "Soal Asesmen Akhir Semester Genap Bahasa Indonesia Kelas 8 Lengkap dengan Kunci Jawaban"
Posting Komentar