RPP Seni Rupa Berkarakter Kelas IX Semester Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH                             : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER             : IX/2
ALOKASI WAKTU              : 2 x 40 MENIT

Standar Kompetensi               : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan jenis karya seni rupa murni Nusantara

INDIKATOR                         : Mendeskripsikan pengertian, sejarah, aliran serta corak seni lukis

 A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
    1. Mendeskripsikan pengertian seni lukis
    2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan seni lukis Nusantaran dan Mancanegara
    3. Menyebutkan pelukis-pelukis Nusantara
    4. Menyebutkan aliran dan corak seni lukis
    5. Mendeskripsikan jenis-jenis seni lukis
    6. Trampil mengerjakan LKS

Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar                        : Seni Lukis
C.     Metode Pembelajaran       : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca negara.

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang seni lukis
F  Peserta didik Mengkaji pengertian, perkembangan, jenis-jenis, aliran, corak seni lukis serta pelukis-pelukis Nusantara
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/sumber Belajar                      : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.      Penilaian                                        : Teknik                       : Tes kuis
  Bentuk instrumen      : Tes tertulis uraian
  Contoh instrumen     : 1. Jelaskan pengertian seni lukis
                                     


Mengetahui                                                                 Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                      Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                     NIP.198112252010011012


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH                             : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER             : IX/2
ALOKASI WAKTU              : 4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi               : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan jenis karya seni rupa murni Nusantara

INDIKATOR                         : Mendeskripsikan unsur-unsur, prinsif dan komposisi dalam
  berkarya seni lukis
.

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
    1. Mendeskripsikan unsur-unsur seni lukis
    2. Mendeskripsikan komposisi seni lukis
    3. Membuat rancangan komposisi ekspresi garis dan warna

Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar                        : unsur dan komposisi seni lukis
C.     Metode Pembelajaran       : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca negara.

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang unsur dan komposisi seni lukis
F  Peserta didik Mengkaji unsur-unsur dan komposisi seni lukis
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/sumber Belajar                      : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.      Penilaian                                        : Teknik                       : Tes kuis
  Bentuk instrumen      : Tes tertulis uraian
  Contoh instrumen     : 1. Sebutkan unsur-unsur seni lukis


Mengetahui                                                                 Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                      Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                     NIP.198112252010011012

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH                             : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER             : IX/2
ALOKASI WAKTU              : 2 x 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi               : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan jenis karya seni rupa terapan Nusantara

INDIKATOR                         : Mendeskripsikan media dan teknik berkarya seni lukis.

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
    1. Mendeskripsikan media seni lukis
    2. Mendeskripsikan teknik seni lukis
    3. Trampil mengerjakan LKS

Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar                        : media dan teknik seni lukis
C.     Metode Pembelajaran       : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca negara.

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang media dan teknik seni lukis
F  Peserta didik Mengkaji media alat dan bahan serta teknik yang digunakan dalam berkarya seni lukis
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/sumber Belajar                      : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.      Penilaian                                        : Teknik                       : Tes kuis
  Bentuk instrumen      : Tes tertulis uraian
  Contoh instrumen     : 1. Sebutkan teknik-teknik berkarya
       seni lukis


Mengetahui                                                                 Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                      Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                     NIP.198112252010011012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH                             : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER             : IX/2
ALOKASI WAKTU              : 12 x 40 MENIT (6 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi               : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar                   : Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar 

INDIKATOR                         : Membuat  gambar seni lukis dengan mengambil unsur-unsur
   tradisi  seni rupa terapan Nusantara

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.    membuat gambar pepohonan
2.    membuat gambar pemandangan
3.    membuat gambar rumah ditepi jalan
4.    membuat gambar pondok/rumah ditepi laut
5.    membuat gambar bunga daffodil dan mawar
6.    membuat gambar rumah tempat tinggal
Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.     Materi Ajar                        : berkarya seni lukis/gambar
C.     Metode Pembelajaran       : Ceramah, Pemberian tugas
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1 s.d 6
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab tentang seni rupa murni nusantara dan mancanegara

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat berkarya seni lukis
F  Peserta didik Melihat gambar-gambar seni lukis
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Berlatih teknik pembuatan dan merancang gambar seni lukis
F  Berkarya seni lukis
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan karya gambar terbaik siswa


E.     Alat/sumber Belajar                      : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.      Penilaian                                        : Teknik                       : Tes perbuatan
  Bentuk instrumen      : Uji unjuk kerja
  Contoh instrumen     : Buatlah gambar pepohonan,
   rumah, dan pemandangan
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan




Penguasaan teknik





Ketepatan bentuk





Kreatifitas











Keterangan ;
1          = sangat kurang
2          = kurang
3          = cukup
4          = baik
5          = sangat baik

Mengetahui                                                                 Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Nasrullah                                                      Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                     NIP.198112252010011012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH                             : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER             : IX/2
ALOKASI WAKTU              : 4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi               : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar                   : Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar

INDIKATOR                         : membuat seni lukis dengan teknik kolase dengan mengambil
                                                  unsur-unsur ornament tradisi seni rupa terapan Nusantara
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.    membuat seni lukis dengan kolase kulit telur
2.    membuat seni lukis dengan media telur
Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar                       : Kreasi seni lukis teknik kolase
C.     Metode Pembelajaran      : Ceramah, Pemberian tugas
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran            :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab tentang seni rupa murni dan terapan nusantara


2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat berkarya seni lukis teknik kolase
F  Peserta didik Melihat contoh karya seni lukis teknik kolase
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Berlatih teknik pembuatan dan merancang seni teknik kolase
F  Berkarya seni lukis dengan teknik kolase
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan karya seni kolase terbaik siswa


E.     Alat/sumber Belajar                     : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.      Penilaian                                       : Teknik                       : Tes perbuatan
  Bentuk instrumen      : Uji unjuk kerja
  Contoh instrumen     : Buatlah karya seni lukis dengan
  menempelkan kulit telur

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Penguasaan teknik





Ketepatan bentuk





Kreatifitas











Keterangan ;
1          = sangat kurang
2          = kurang
3          = cukup
4          = baik
5          = sangat baik

Mengetahui                                                                 Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Nasrullah                                                      Ruslan Wahid, ST
            NIP.19681231 200003 1 010                                     NIP.198112252010011012

Posting Komentar untuk "RPP Seni Rupa Berkarakter Kelas IX Semester Genap"