RPP Seni Rupa Berkarakter Kelas IX Semester Genap
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER :
IX/2
ALOKASI WAKTU :
2 x 40 MENIT
Standar Kompetensi :
Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan jenis karya seni rupa murni Nusantara
INDIKATOR :
Mendeskripsikan pengertian, sejarah,
aliran serta corak seni lukis
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan pengertian seni lukis
- Mendeskripsikan sejarah perkembangan seni lukis Nusantaran dan Mancanegara
- Menyebutkan pelukis-pelukis Nusantara
- Menyebutkan aliran dan corak seni lukis
- Mendeskripsikan jenis-jenis seni lukis
- Trampil mengerjakan LKS
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
Kecintaan ( Lovely
)
B.
Materi Ajar : Seni Lukis
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·
Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca
negara.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
Membaca buku teks seni budaya tentang seni lukis
F
Peserta didik Mengkaji pengertian, perkembangan, jenis-jenis,
aliran, corak seni lukis serta pelukis-pelukis Nusantara
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik
: Tes kuis
Bentuk instrumen : Tes tertulis uraian
Contoh instrumen : 1. Jelaskan
pengertian seni lukis
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER :
IX/2
ALOKASI WAKTU :
4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)
Standar Kompetensi :
Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan jenis karya seni rupa murni Nusantara
INDIKATOR :
Mendeskripsikan unsur-unsur, prinsif
dan komposisi dalam
berkarya seni lukis
.
- Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan unsur-unsur seni lukis
- Mendeskripsikan komposisi seni lukis
- Membuat rancangan komposisi ekspresi garis dan warna
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
Kecintaan ( Lovely
)
B.
Materi Ajar : unsur dan komposisi seni lukis
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·
Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca
negara.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
Membaca buku teks seni budaya tentang unsur dan komposisi seni lukis
F
Peserta didik Mengkaji unsur-unsur dan komposisi seni lukis
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik
: Tes kuis
Bentuk instrumen : Tes tertulis uraian
Contoh instrumen : 1. Sebutkan unsur-unsur
seni lukis
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER :
IX/2
ALOKASI WAKTU :
2 x 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)
Standar Kompetensi :
Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan jenis karya seni rupa terapan Nusantara
INDIKATOR :
Mendeskripsikan media
dan teknik berkarya seni lukis.
- Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan media seni lukis
- Mendeskripsikan teknik seni lukis
- Trampil mengerjakan LKS
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
Kecintaan ( Lovely
)
B.
Materi Ajar : media dan teknik seni lukis
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·
Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca
negara.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
Membaca buku teks seni budaya tentang media dan teknik seni lukis
F
Peserta didik Mengkaji media alat dan bahan serta teknik yang
digunakan dalam berkarya seni lukis
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik
: Tes kuis
Bentuk instrumen : Tes tertulis uraian
Contoh instrumen : 1. Sebutkan teknik-teknik
berkarya
seni lukis
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER :
IX/2
ALOKASI WAKTU :
12 x 40 MENIT (6 X PERTEMUAN)
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar
INDIKATOR :
Membuat gambar seni lukis dengan mengambil unsur-unsur
tradisi seni rupa terapan
Nusantara
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. membuat gambar pepohonan
2. membuat gambar pemandangan
3. membuat gambar rumah ditepi jalan
4. membuat gambar pondok/rumah ditepi laut
5. membuat gambar bunga daffodil dan mawar
6. membuat gambar rumah tempat tinggal
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
Kecintaan ( Lovely
)
B.
Materi Ajar : berkarya seni lukis/gambar
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan 1 s.d 6
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·
Tanya jawab tentang seni rupa murni nusantara dan mancanegara
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik mempersiapkan
bahan dan alat berkarya seni lukis
F
Peserta didik Melihat gambar-gambar seni
lukis
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik
pembuatan dan merancang gambar seni lukis
F Berkarya seni
lukis
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Menunjukkan karya gambar terbaik siswa
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik
: Tes perbuatan
Bentuk instrumen : Uji unjuk kerja
Contoh instrumen : Buatlah gambar pepohonan,
rumah, dan pemandangan
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|||||
Penguasaan teknik
|
|||||
Ketepatan bentuk
|
|||||
Kreatifitas
|
|||||
Keterangan ;
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER :
IX/2
ALOKASI WAKTU :
4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar
INDIKATOR :
membuat seni lukis dengan teknik kolase dengan mengambil
unsur-unsur ornament tradisi seni rupa terapan Nusantara
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. membuat seni lukis dengan kolase kulit telur
2. membuat seni lukis dengan media telur
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence
)
Kecintaan ( Lovely
)
B.
Materi Ajar : Kreasi seni lukis teknik kolase
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·
Tanya jawab tentang seni rupa murni dan terapan nusantara
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik mempersiapkan
bahan dan alat berkarya seni lukis teknik kolase
F
Peserta didik Melihat contoh karya
seni lukis teknik kolase
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik
pembuatan dan merancang seni teknik kolase
F Berkarya seni lukis
dengan teknik kolase
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Menunjukkan karya seni kolase terbaik siswa
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik : Tes perbuatan
Bentuk instrumen : Uji unjuk kerja
Contoh instrumen : Buatlah karya seni lukis
dengan
menempelkan kulit telur
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|||||
Penguasaan teknik
|
|||||
Ketepatan bentuk
|
|||||
Kreatifitas
|
|||||
Keterangan ;
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
Posting Komentar untuk "RPP Seni Rupa Berkarakter Kelas IX Semester Genap"
Posting Komentar