RPP Berkarakter Bangsa Kelas VII SMP/MTs Semester Genap
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)
Standar Kompetensi : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar : Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga
dimensi dari daerah setempat
INDIKATOR : Menjelaskan pengertian menggambar bentuk
Menyebutkan jenis menggambar bentuk
Menyebutkan prinsip menggambar bentuk.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian menggambar bentuk
2. Menyebutkan jenis menggambar bentuk
3. Menyebutkan prinsip menggambar bentuk.
4. Menyebutkan langkah – langkah menggambar bentuk.
5. Menyebutkan teknik – teknik menggambar bentuk
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar : menggambar bentuk
C. Metode Pembelajaran : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Tanya jawab tentang karya seni rupa terapan nusantara dan manca negara.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang mengambar bentuk
F Peserta didik Mengkaji pengertian, peralatan, bahan dan teknik-teknik menggambar bentuk
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F. Penilaian : Teknik : Tes kuis
Bentuk instrumen : Tes tertulis uraian
Contoh instrumen : 1. Jelaskan pengertian menggam-
bar bentuk
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 3 KALI PERTEMUAN X 40 MENIT
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri malalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar : Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga
dimensi dari daerah setempat
INDIKATOR : Membuat gambar meja belajar/meja makan
Membuat gambar kotak kapur
Membuat gambar timbangan dapur
Membuat perahu dayung
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
· Membuat gambar meja belajar/meja makan
· Membuat gambar kotak kapur
· Membuat gambar timbangan dapur
· Membuat perahu dayung
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar : Menggambar bentuk benda kubistis
C. Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab tentang seni rupa terapan di daerah setempat
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat membuat gambar bentuk kubistis
F Peserta didik Melihat contoh gambar benda kubistis
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik pembuatan dan merancang gambar benda kubistis
F Berkarya membuat gambar bentuk benda kubistis
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Menunjukkan karya gambar bentuk benda kubistis terbaik siswa
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F. Penilaian : Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji petik prosedur dan produk
Contoh instrumen :Buatlah gambar benda bentuk
kubistis yang ada disekitar
lingkungan sekolahmu !
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |
Gagasan
| |||||
Penguasaan teknik
| |||||
Ketepatan bentuk
| |||||
Kreatifitas
| |||||
Keterangan ;
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 3 KALI
PERTEMUAN X 40 MENIT
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri malalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga
dimensi dari daerah setempat
INDIKATOR : menggambar cangkir minum
menggambar termos
menggambar grabah
menggambar
kendi
menggambar
ember
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Membuat gambar cangkir minum
- Membuat gambar termos
- Membuat gambar grabah
- Membuat gambar kendi
- Membuat gambar ember
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama (
Cooperation )
Percaya diri
( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar : Menggambar
bentuk benda slindris
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi
dasar yang akan dicapai siswa
·
Tanya jawab tentang seni rupa terapan di daerah setempat
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat membuat gambar bentuk
slindris
F Peserta didik Melihat contoh gambar benda slindris
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik pembuatan dan merancang gambar
benda slindris
F Berkarya membuat gambar bentuk benda slindris
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Menunjukkan karya gambar bentuk benda
slindris terbaik siswa
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian :
Teknik : Tes unjuk
kerja
Bentuk instrumen : Uji petik prosedur dan produk
Contoh instrumen :Buatlah gambar benda
bentuk
slindris yang ada disekitar
lingkungan sekolahmu !
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|||||
Penguasaan teknik
|
|||||
Ketepatan bentuk
|
|||||
Kreatifitas
|
|||||
Keterangan ;
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 3 KALI
PERTEMUAN X 40 MENIT
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri malalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga
dimensi dari daerah setempat
INDIKATOR : menggambar kertas
menggambar kain
menggambar seng/plastik
menggambar daun
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Membuat gambar kertas
- Membuat gambar kain
- Membuat gambar seng/plastik
- Membuat gambar daun
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama (
Cooperation )
Percaya diri
( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar : Menggambar
bentuk benda pipih
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi
dasar yang akan dicapai siswa
·
Tanya jawab tentang seni rupa terapan di daerah setempat
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat membuat gambar bentuk
pipih
F Peserta didik Melihat contoh gambar benda pipih
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik pembuatan dan merancang gambar
benda pipih
F Berkarya membuat gambar bentuk benda pipih
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Menunjukkan karya gambar bentuk benda
pipih terbaik siswa
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik
: Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji petik prosedur dan produk
Contoh instrumen :Buatlah gambar benda
bentuk
pipih yang ada disekitar
lingkungan sekolahmu !
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|||||
Penguasaan teknik
|
|||||
Ketepatan bentuk
|
|||||
Kreatifitas
|
Keterangan ;
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 3 KALI
PERTEMUAN X 40 MENIT
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri malalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga
dimensi dari daerah setempat
INDIKATOR : menggambar lampu meja
menggambar telepon rumah
menggambar cermin
menggambar tas
menggambar mobil
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Membuat gambar lampu meja
- Membuat gambar telepon rumah
- Membuat gambar cermin
- Membuat gambar tas
- Membuat gambar mobil
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama (
Cooperation )
Percaya diri
( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar : Menggambar
bentuk benda bebas
C.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi
dasar yang akan dicapai siswa
·
Tanya jawab tentang seni rupa terapan di daerah setempat
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat membuat gambar bentuk
bebas
F Peserta didik Melihat contoh gambar benda bebas
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik pembuatan dan merancang gambar
benda bebas
F Berkarya membuat gambar bentuk benda bebas
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Menunjukkan karya gambar bentuk benda
bebas terbaik siswa
E. Alat/sumber Belajar : Buku paket, Media cetak,
Media elektronik
F.
Penilaian : Teknik
: Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji petik prosedur dan produk
Contoh instrumen :Buatlah gambar benda
bentuk
bebas yang ada disekitar
lingkungan sekolahmu !
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|||||
Penguasaan teknik
|
|||||
Ketepatan bentuk
|
|||||
Kreatifitas
|
Keterangan ;
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui Kuripan, Januari 2014
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Nasrullah Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010 NIP.198112252010011012
Posting Komentar untuk "RPP Berkarakter Bangsa Kelas VII SMP/MTs Semester Genap"
Posting Komentar