RPP Seni Rupa Berkarakter Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap

Contoh RPP yang saya share pada postingan ini khusus digunakan di sekolah tempat saya mengajar. berhubung rpp yang saya susun ini sesuai dengan materi yang saya ajarkan untuk kelas VIII. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH                         : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER        : VIII/II
ALOKASI WAKTU        : 4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi        : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan jenis karya seni rupa terapan Nusantara

INDIKATOR            : Mendeskripsi ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan
  Nusantara.


A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.    Mendeskripsikan pengertian gambar ilustrasi
2.    Mendeskripsikan perkembangan gambar ilustrasi
3.    Mendeskripsikan manfaat gambar ilustrasi dalam proses belajar mengajar
4.    Menyebutkan syarat-syarat gmbar ilustrasi
5.    Menyebutkan fungsi gambar ilustrasi
6.    Mendeskripsikan teknik membuat gambar ilustrasi
7.    Mengidentifikasi bahan dan alat menggambar gambar ilustrasi

Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.    Materi Ajar        : Gambar ilustrasi
C.    Metode Pembelajaran    : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
•    Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
•    Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca negara.

2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang gambar ilustrasi
    Peserta didik Mengkaji pengertian, perkembangan, syarat, fungsi, teknik, dan alat bahan gambar ilustrasi serta manfaatnya dalam proses belajar mengajar
    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
    menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
    memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
    melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.    Alat/sumber Belajar        : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.    Penilaian                : Teknik         : Tes kuis
  Bentuk instrumen    : Tes tertulis uraian
  Contoh instrumen    : 1. Terangkan pengertian gambar
           ilustrasi menurut Kusmiyati.


Mengetahui                                                          Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                  Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                 NIP.198112252010011012






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH            : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER        : VIII/II
ALOKASI WAKTU        : 4 x 40 MENIT (2 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi        : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan jenis karya seni rupa terapan Nusantara

INDIKATOR            : Mendeskripsi ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan
  Nusantara.

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.    Mendeskripsikan pengertian seni grafika
2.    Menyebutkan macam-macam seni grafika
3.    Mendeskripsikan teknik membuat seni grafika
4.    Mengidentifikasi bahan dan alat membuat seni grafika

Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.    Materi Ajar        : seni grafika
C.    Metode Pembelajaran    : Ceramah, Pendekatan CTL dan Lifeskill
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
Pertemuan I dan II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
•    Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
•    Tanya jawab tentang karya seni rupa murni nusantara dan manca negara.

2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang seni grafika
    Peserta didik Mengkaji pengertian, macam-macam, teknik, dan alat bahan membuat seni grafika
    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
    menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
    memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
    melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.    Alat/sumber Belajar        : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.    Penilaian                : Teknik         : Tes kuis
  Bentuk instrumen    : Tes tertulis uraian
  Contoh instrumen    : 1. Sebutkan jenis-jenis seni grafika


Mengetahui                                                          Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                  Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                 NIP.198112252010011012





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH            : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER        : VIII/II
ALOKASI WAKTU        : 6 x 40 MENIT (3 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi        : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar        : Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar

INDIKATOR            : Membuat  gambar ilustrasi dengan mengambil unsur-unsur tradisi
  seni rupa terapan Nusantara

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.    membuat gambar ilustrasi manusia
2.    membuat gambar ilustrasi hewan berkaki dua dan berkaki empat
3.    membuat gambar ilustrasi alam lingkungan

Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.    Materi Ajar        : Kreasi gambar ilustrasi
C.    Metode Pembelajaran    : Ceramah, Pemberian tugas
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
•    Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
•    Tanya jawab tentang seni rupa murni nusantara dan mancanegara

2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat membuat gamba ilustrasi
    Peserta didik Melihat gambar gambar ilustrasi
    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
    menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
    memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
    Berlatih teknik pembuatan dan merancang gambar ilustrasi
    Berkarya gambar ilustrasi
    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
    memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
    Menunjukkan karya gambar ilustrasi terbaik siswa


E.    Alat/sumber Belajar        : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.    Penilaian                : Teknik         : Tes perbuatan
  Bentuk instrumen    : Uji unjuk kerja
  Contoh instrumen    : Buatlah gambar ilustrasi manusia,
   binatang, dan alam lingkungan


Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Penguasaan teknik





Ketepatan bentuk





Kreatifitas











                          Keterangan ;
1    = sangat kurang
2    = kurang
3    = cukup
4    = baik
5    = sangat baik

Mengetahui                                                          Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                  Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                 NIP.198112252010011012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH            : MTsN MODEL KURIPAN
MATA PELAJARAN        : SENI BUDAYA/SENI RUPA
KELAS/SEMESTER        : VIII/II
ALOKASI WAKTU        : 6 x 40 MENIT (3 X PERTEMUAN)

Standar Kompetensi        : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar        : Mengekspresikan diri melalui karya seni grafis

INDIKATOR            : membuat benda hias dengan teknik cetak tinggi dengan mengambil
                    unsur-unsur ornament tradisi seni rupa terapan Nusantara
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.    membuat seni cetak dengan bahan alami
2.    membuat seni cetak dengan sayur dan buah-buhan
3.    membuat seni cetak dengan teknik percik

Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.    Materi Ajar        : Kreasi seni cetak (seni grafika)
C.    Metode Pembelajaran    : Ceramah, Pemberian tugas
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
•    Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
•    Tanya jawab tentang seni rupa murni dan terapan nusantara

2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat membuat seni cetak grafika
    Peserta didik Melihat gambar seni cetak grafika
    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
    menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
    memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
    Berlatih teknik pembuatan dan merancang seni cetak grafika
    Berkarya seni cetak grafika
    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
    memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
    memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
    Menunjukkan karya seni grafika terbaik siswa


E.    Alat/sumber Belajar        : Buku paket, Media cetak, Media elektronik
F.    Penilaian                : Teknik         : Tes perbuatan
  Bentuk instrumen    : Uji unjuk kerja
  Contoh instrumen    : Buatlah karya seni cetak grafika
   dengan benda-benda alam.


Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Penguasaan teknik





Ketepatan bentuk





Kreatifitas











                 Keterangan ;
1    = sangat kurang
2    = kurang
3    = cukup
4    = baik
5    = sangat baik

Mengetahui                                                          Kuripan,     Januari 2014
Kepala Madrasah                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. H. Nasrullah                                                  Ruslan Wahid, ST
NIP.19681231 200003 1 010                                 NIP.198112252010011012

Posting Komentar untuk "RPP Seni Rupa Berkarakter Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap"