RPP Seni Rupa Semester Ganjil Kelas VIII K13 (KD.1.1)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTsN Model
Kuripan
Kelas : VIII (delapan)
Semester :
Ganjil
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Rupa)
Alokasi Waktu : 2x 40
menit x (4 pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun,
jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif,
pro-aktif, dan peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya
seni dan pembuatnya
3.1 Memahami konsep dan prosedur
mmenggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1 Menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
1. Mengeksplorasi (observasi
dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang prosedur menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
2. Membuat disain / sketsa
tentang gagasan berkarya seni rupamengenaimenggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknikberdasarkan
hasil eksplorasi siswa masing-masing
3. Mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperimenting
atau mencoba) tentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
4. Mempublikasi / memamerkan karya seni rupa yang telah
dihasilkan (networking atau membuat jejaring) kepada orang/pihak lain.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok
bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu :
1. Siswa secara aktif
mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber
pembelajaran tentangprosedur
menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
2. Siswa dapat memilih, menentukan dan membuat disain / sketsa tentang gagasan berkarya seni
rupatentangmenggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknikberdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing
3. Siswa dapat mewujudkan desain menjadi sebuah karyaseni rupa jadi
(eksperimenting atau mencoba) tentangmenggambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik dengan menggunakan peralatan dan bahan yang
disediakan siswa masing-masing.
4. Siswa dapat menemukan cara mempublikasi / memamerkan karyaseni rupa
yang
telah dihasilkan (networking atau membuat
jejaring) kepada orang/pihak lain.
E. SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH) PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan Awal
|
Kegiatan awal pembelajaranoleh
guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka pembelajaran seni budaya (rupa) dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.
Guru menjelaskan
tentang tujuan pembelajaranseni rupa pada bulan ini, yakni untuk berkarya tentang
menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik (sesuai dg tiap pertemuan)
3.
Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VIII untuk yakin diri dapat
membuat karya seni rupatentangmenggambar model pada berbagai bahan
dan beragam teknik (sesuai dg tiap pertemuan)
|
10 MENIT
|
Kegiatan inti
|
Kegiatan inti pembelajaran
oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1. Pembagian kelompok siswa SMP kelas VIII menjadi…4 kelompok. Pembagian kelompok oleh siswa dg
mengutamakan kepedulian antarteman yg (bila bermasalah) dibantu oleh guru
2. Masing-masing kelompok membuat komitmen untuk
bekerja sama yang diwujudkan dalam bentuk berbagi tugas yang seimbang
antarsiswa.
3. Masing-masing kelompok menyusun strategi dan cara
kerja eksplorasi tentang menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
dengan berbagai sumber belajar agar optimal.
4. Masing-masing siswa mendiskusikan alokasi waktu
penyelesaian mengenai tugaseksplorasitentang menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
5. Guru memposisikan diri sebagai mentor dan
mendampingi kelompok siswa yg kesulitan dalam melaksanakan ekplorasi tentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
60 menit
|
Pertemuan
2
1. Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil
eksplorasi masing-masing kelompok siswa kls VIII untuk mewujudkan menjadi sketsa tentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
2. Masing-masing siswa kelas VIII dalam kelompoknya
mengumpulkan dan mendiskusikan hasil
eksplorasi para anggotanya untuk menjadi
rancangan karya / desain / sketsa tentang menggambar model pada berbagai bahan
dan beragam teknik
3. Para anggota kelompok secara aktif memilih dan
menentukan satu karya seni rupa yang akan / dibuat sketsa tentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4. Melaksanakan pembuatan sketsatentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik dengan memperhatikan semua ide/gagasan keseluruhan anggota
kelompok.
5. Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa kelas
VIII yang kesulitan membuat sketsa tentang menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
|
60 menit
|
|
Pertemuan 3
1. Guru memberi penguatan pembelajaran, agar sketsa tentang
menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknikminggu terdahulu diwujudkan dalam karya seni rupa yang jadi
2. Masing-masing kelompok siswa kelas VIIImenyiapkan peralatan
dan bahan berkarya seni rupamenggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
3. Setiap siswa disiplin dan berperan aktif di kelompoknya
masing masing untuk mewujudkan karyaseni
rupatentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4. Semua anggota kelompok bekerja sama untuk
menyelesaikan karya seni rupa / memfinishing
tentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik dengan rasa penuh tanggung jawab.
5. Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa yang
kesulitan dalam mewujudkan karyaseni
rupa tentang menggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
60 menit
|
|
Pertemuan 4
1.
Guru memberi penguatan agar hasil karya seni rupa yang sudah dihasilkan tentang menggambar model pada berbagai bahan
dan beragam tekniksegera dipublikasikan/dipamerkan.
2.
Masing-masing kelompok aktif mendiskusikan tentang informasi tentang media,
cara dan tempat untuk mempublikasikan/ memamerkan karya seni rupa yang telah
dibuatnya kepada orang lain.
3.
Masing-masing individu bekerja sama membuat jejaring (networking) dengan
cara mengundang/mengapload/ facebook,
internet, dll., kepadasiswa kelas/para
guru dan kepala sekolah/para orang tua/khalayak umum/dll., untuk mendapat diapresiasi.
4.
Masing-masing siswa bertanggung jawab dengan cara berbagi tugas untuk
kesuksesan publikasi/pameran karya seni rupa yang telah dibuat.
5.
Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa Kelas
VIIIyangkesulitan dalam melaksanakan publikasi/pameran karyaseni rupa kepada orang lain.
|
60 menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru melaksanakan tindak lanjut pembelajaran di kelas VIII SMP dengan
cara memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat,
mempublikasi karya seni rupa pada minggu berikutnya.
2.
Guru dan siswa Kelas VIIImelaksanakan evaluasi pembelajaran dengan
cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofoliodan penilaian
laporan.
|
10 menit
|
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.
Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentangmenggambar model
pada berbagai bahan dan beragam teknik
2.
Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentangmenggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
3.
Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentangmenggambar model
pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.
Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentangmenggambar model
pada berbagai bahan dan beragam teknik
G. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Pendekatan Scientific
2. Model
Pembelajaran : Model pembelajaran based projek,
H. EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
Penililaian kinerja siswa (aktivitas belajar)
2.
Penilaian hasil projek (hasil belajar berkarya)
3.
Penilian fortopolio (sikap belajar
menghargai/apresiasi)
I. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat dan bahan : kertas
gambar, pinsil, konte, cat air
2.
Sumber belajar :
(1)
Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran Seni budaya
Kurikulum 2013 Penerbit BNSP, Jakarta;
(2) Guru sebagai mentor
(3)
Model (salah seorang siswa)
Mengetahui, Kuripan, Juli 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SAHIMI, S.PD, M.PD RUSLAN
WAHID
NIP. 19761231 200312 1 006 NIP. 19811225 200901 1 012
Lampiran-1
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentangmenggambar model pada berbagai bahan dan beragam
teknik
B. Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentangmenggambar
model pada berbagai bahan dan beragam teknik
C. Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang menggambar model pada berbagai bahan dan beragam
teknik
D. Cara-cara mempublikasikan (networking/ jejaring) tentang menggambar model pada berbagai bahan dan beragam
teknik
Lampiran-2a
LEMBAR PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap Spiritual
Kelas VIII ....
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Memberi salam pada saat awal dan akhir
bertanya/presentasi
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Menjalankan ibadah tepat waktu
|
Bersyukur atas ilmu, nikmat, dan
karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Memelihara
hubungan baik dengan sesama teman umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA
2 NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0 – 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
1.
A(Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
2.
B (Baik) dengan rentang nilai 81 –90
3.
C (Cukup Baik) dengan
rentang nilai 71 – 80
4.
D (Kurang Baik)
dengan rentang nilai 61 – 70
2. Penilaian
Sikap Sosial
Kelas VIII ....
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA
2 NILAI
|
||||
Disiplin
|
Percaya Diri
|
‘’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Kerjasama
|
Toleransi
|
Santun
|
Tanggung-jawab
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Jujur
dalam ulangan (tidak nyontek) dan jujur dalam berkarya (tidak dibuatkan orang
lain)
|
Menghargai karya seni
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA
2 NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar : 0 – 100
B.
KKM Mapel : 75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A(Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang nilai 81 –90
c.
C (Cukup Baik) dengan
rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik)
dengan rentang nilai 61 – 70
3. Penilaian
Pengetahuan
1. Penilaian Pengetahuan dapat berbentuk:
a.
Tes Tulis
b.
Tes Lisan
c.
Penugasan
2. Penilaian Pengetahuan terdiri dari:
a.
Nilai Harian
b.
Nilai UTS
c.
Nilai UAS/UKK
3. Rumus Nilai Pengetahuan : 2 NH + UTS +
UAS/UKK : 4
4. Penilaian
Keterampilan
1. Penilaian Proses / Kinerja
Tulis Jenis Kinerja sesuai KD / Indikator
..................................
No
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK PENILAIAN
(Disesuaikan)
|
RATA
2 NILAI
|
|||
...............
|
...............
|
...............
|
...............
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan
Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang nilai 81 –90
c.
C (Cukup Baik) dengan
rentang nilai 71 –
80
d.
D (Kurang Baik)
dengan rentang nilai 61 – 70
2. Penilaian Proyek
Tulis Jenis Proyek (Pameran Karya Seni Rupa): Pameran
No
|
NAMA
SISWA / KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA
2 NILAI
|
KET.
|
||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
|
||||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Tahap Perencanaan:
1. Rumusan judul atau Tema Pameran
2. Penyusunan Proposal Pameran
3. Pembentukan Kepanitiaan
4. Dsb.
B.
Tahap Pelaksanaan :
1. Kinerja Kepanitiaan
2. Kualitas Karya
3. Penataan Karya
4. Dekorasi Stand dsb.
C.
Tahap Pelaporan :
1. Penyusunan Laporan Kegiatan
2. Dsb
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan
Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang nilai 81 –90
c.
C (Cukup
Baik) dengan rentang nilai 71 –
80
d.
D (Kurang
Baik) dengan rentang nilai 61 –
70
3. Penilaian Portofolio
Tulis Jenis Portofolio yang dikerjakan
No
|
NAMA
SISWA / KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA
2 NILAI
|
KET.
|
||
Karya ke 1 dari
Pembelajaran 1
|
Karya
ke 2 dari
Pembelajaran 2
|
...........
|
||||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan
Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan
rentang nilai 71 –
80
d.
D (Kurang Baik)
dengan rentang nilai 61 –
70
Posting Komentar untuk "RPP Seni Rupa Semester Ganjil Kelas VIII K13 (KD.1.1)"
Posting Komentar