Contoh Karya Tulis Ilmiah PTK untuk Mata Pelajaran Matematika : Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kartu Bilangan Mata Pelajaran Matematika pada Materi Bilangan Romawi Kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang Tahun Pelajaran 2013 2014
Contoh Karya Tulis Ilmiah PTK untuk Mata Pelajaran Matematika- Assalamualaikum wr wb, selamat pagi dan selamat beraktifitas. Sahabat setia blog ruslanwahid berikut saya akan bagikan contoh karya tulis ilmiah (KTI) dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi sahabat yang menjadi pendidik atau guru terutama guru MI dan SD. Contoh KTI sangat cocok dijadikan pedoman dalam melakukan PTK. Selengkapnya silahkan simak isi KTI tersebut dibawah ini.
Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kartu Bilangan Mata Pelajaran Matematika pada Materi Bilangan Romawi Kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang Tahun Pelajaran 2013 2014
Oleh : Sumiati. Spd.SD
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa menggunakan kartu bilangan mata pelajaran matematika pada Materi bilangan Romawi kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang Tahun palajaran 2013-2014.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan , yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul yaqin NW Dusun Sabe Lendang Desa Keru yang berjumlah 19 Siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, di lengkapi dengan butir soal, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 19 siswa 15 orang siswa menunjukkan ketuntasan,sedangkan 4 orang siswa masih belum tuntas dengan skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 78, 95, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu skor rata-rata menjadi 83,68 di mana semua siswa mengalami ketuntasan belajar dengan KKM 60,00.
Dengan melihat hasil dari siklus 1 dan siklus 2 yang mengalami peningkatan menunjukkan bahwa menggunakan kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Ml nurul Yaqin NW sabe Lendang Desa Keru Kecamata Narmada, Kabupaten Lombok Barat Tahun pelajaran 2013-2014.
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama.
Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan di MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang pada mata pelajaran Matematika dengan materi bilangan romawi diperoleh hasil ulangan harian masih belum mencapai hasil yang diharapkan, Standar Ketuntasan Minimal pada materi ini adalah 60,00.
Sistem pembelajaran Matematika yang hanya menggunakan metode ceramah saja menyebabkan mata pelajaran Matematika tidak mudah untuk dipelajari, dan pada akhirnya banyak siswa yang kurang tertarik terhadap mata pelajaran Matematika.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti perlu melakukan penelitian dengan judul “Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kartu Bilangan pada Materi Bilangan Romawi Kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang”.
2. Rumusan masalah
Apakah dengan menggunakan kartu bilangan dapat mengoptimalisasi hasil belajar siswa pada materi bilangan romawi kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang ?
3. Tujuan Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu bilangan pada materi bilangan romawi kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang. di harapkan bermanfaat bagi siswa guru dan semua pihak.
B. KAJIAN PUSTAKA
1. Hasil belajar
Pengertian Hasil Belajar
Menurut Asep Herry Hermawan dkk (2009: 10.21) mengutip pendapat Gagne bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikapsikap apresiasi dan keterampilan.
Selanjutnya Gagne mengemukakan 5 kategori hasil belajar yaitu: Informasi Verbal (Verbal Information); Keterampilan Intelektual (Intellectual Skills); Strategi Kognitif (Cognitive Strategies); Sikap (Attitudes); dan Keterampilan Motorik.
Menurut Bloom dkk (dalam Asep, 2009:10.23 ), hasil belajar mencakup 3 domain yaitu: Kognitif; Afektif; Psikomotonk. Ketiga domain tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.
a. Kognitif
Hasil belajar kognitif mengacu pada hasil belajar yang berkenaan dengan Pengembangan kemampuan otak dan penalaran siswa. Ada 6 kegiatan hasil belajar kognitif, yaituzlngatan (recall), Pemahaman (Comprehension), Penerapan (application), Analisis (analysis), Sintesis (synthesis), Penilaian (evaluation).
b. Afektif
Hasil belajar afektif mengacu kepada sikap dan nilai yang diharapkan dikuasai SiSWa setelah mengikuti pembelajaran. Ada lima tingkatan hasil belajar afektif, yaitu: Menerima (receiving), Menanggapi (responding), Menghargai (valuing), Mengatur diri (organizing), Menjadikan pola hidup (characterization).
c. Psikomotorik
Hasil belajar psikomotorik mengacu pada kemampuan bertindak. Hasil belajar psikomotorik terdiri atas 5 tahapan sebagai berikut: Persepsi, Kesiapan, Gerakan terbimbing, Bertindak secara mekanis, Gerakan kompleks.
Menurut Lindgren hasil belajar meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap. Dari beberapa pemaparan pengertian yang mencakup hasil belajar di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku seseorang secara kesea luruhan, bukan hanya satu aspek potensi kemanusiaan saja, artinya hasil belajar dilihat baik dari segi afektif, kognitif maupun psikomotor dan hasil belajar dapat dinyatakan dengan nilai atau skor setelah mengerjakan suatu tugas atau tes.
2. Media Pembelajaran
A. Pengertian Media Pembelajaran
Menurut Asep Herry Hermawan dkk (2009: 11.18) media diartikan sebagai wahana penyalur pesan pembelajaran. Dan menurut beberapa ahli , antara lain sebagai berikut.
- Menurut NEA (1969) mengartikan media pembelajaran secagai sarana komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun pandang dengar, termasuk perangkat kerasnya.
- Menurut Wilbur Sehramm (1977) mendefinisikan media pembelajaran sebagai teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran.
- Menurut Miarso (1980) mengaskan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan anak didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Dari beberapa pengertian di atas peneliti dapat menyimpulkan bahwa media pembelajaran adalah sarana untuk menyalurkan pesan, infomasi dari guru kepada siswa atau sebaliknya.
B. Fungsi Media Pembelajaran
Dalam pembelajaran, media memiliki banyak fungsi atau kegunaan di antaranya sebagai berikut.
- Kegunaan media dalam mengatasi hambatan proses komunikasi antara lain untuk mengatasi verbalisme yaitu ketergantungan untuk menggunakan kata-kata lisan dalam memberikan penjelasan.
- Berkaitan dengan keterbatasan fisik kelas, media memiliki kegunaan untuk memperkecil objek yang terlalu besar. memperbesar objek yang terlalu kecil, menyederhanakan objek yang terlalu rumit, dan menggambarkan objek yang terlalu luas.
- Didalam mengatasi sikap pasif siswa, media berguna antara lain untuk menimbulkan gairah belajar. memfokuskan atau menarik perhatian.
C. Media Pembelajaran Matematika
Menurut Gatot Muhsetyo dkk, media pembelaj aran Matematika adalah alat bantu pembelajaran yang secara sengaja dan terencana disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan dan menjelaskan bahan pelajaran serta digunakan siswa untuk dapat terkait langsung dengan pembelajaran Matematika.
Media dalam pembelajaran Matematika relatif sama dengan media pembelajaran dalam bidang ilmu yang lain, yaitu dapat dikelompokkan menjadi beberapa media di antaranya sebagai berikut.
- Media sederhana (papan tulis, papan grafik).
- Media cetak (buku, modul, LKS).
- Media elektronik (OHT, audio, dan video).
3. Kartu Bilangan
Kartu bilangan termasuk salah satu media sederhana yang menggunakan bahan manipulatif dari kertas. Bahan kertas ini mudah diperoleh dengan warna yang beragam dari kertas manila yang dapat dibeli di toko atau dari bekas berbagai sampul yang tidak terpakai.
C. PELAKSANAAN PENELITIAN
1. Subjek Penelitian.
Subjek penelitian ini adalah siswa ke las IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang dengan jumlah 19 orang siswa, 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Mata pelajaran Matematika bilangan romawi. Penelitian akan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013 20l4, Bulan Januari Februari 2014, M Nurul Yaqin NW Sabe Lendang, Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten
Lombok Barat.
2. Teknis Dan Pengumpulan Data
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara :Tes, Observasi. berupa : Butir soal tes, Lembar observasi siswa dan guru.
3. Analisis Data
Menggunakan analisis diskritip, kooperatip, analisis deskriptip.
4. Indikator Kinerja
Nilai dibawah KKM 15%, ketuntasan 85% dengan nilai KKM 60,00.
5. Prosedur Penilaian
Penelitian ini dilakukan dua siklus secara berkelanjutan. Setiap siklus dilakukan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi untuk mengetahui efektilitas tindakan.
6. Pelaksanaan Tindakan Siklus I
a. Perencanaan
Pada tahap perencanaan, peneliti merumuskan beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Mempersiapkan bahan belajar, Membuat butir soal, Menyiapkan lembar observasi, dan Meminta dua orang teman sejawat untuk melakukan observasi kegiatan belajar.
b. Tindakan
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam melaksanakan tindakan pada siklus 1, yaitu:
1) Kegiatan Awal
Memulai dengan memotivasi siswa, Menyampaikan informasi tujuan dan indikator pembelajaran. Menjelaskan perbedaan menulis lambang bilangan romawi dengan angka biasa. Memberi informasi kegiatan yang akan dilaksanakan siswa.
2) Kegiatan Inti
Membimbing siswa untuk memasangkan kartu-kartu yang sudah diambil. sekalian menulis hasil pemasangan kartu. Siswa (kelompok) menyampaikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Setiap kelompok diberikan kesempatan yang sama. Guru memberikan penyempurnaan setelah selesai penyajian oleh siswa.
3) Kegiatan Akhir Melaksanakan tes hasil belajar.
c. Observasi
Hasil observasi berupa data-data tentang proses belajar, situasi kelas, dan masalah yang dihadapi siswa secara jelas berdasarkan jumlah dan nama siswa.
d. Refleksi
Hasil refleksi ini digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki serta menyempurnakan perencanaan pada Siklus selanjutnya.
7. Pelaksanaan Tindakan Siklus II
a. Perencanaan
Kegiatan yang dilakukan tahap Perencanaan dalam siklus II ini di antaranya adalah sebagai berikut. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Mempersiapkan bahan belajar. Membuat butir soal, Menyiapkan lembar observasi.
b. Tindakan
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanakan tindakan pada siklus ll, Yakni, Mulai dan kegiatan awal sampai akhir dengan beberapa perbaikan yang terjadi pada Siklus I.
c. Observasi
d. Refleksi
D. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1. Deskripsi Data
Data hasil penelitian tindakan kelas bersifat kualitatif dan bersifat kuantitatif. Data yang bersifat kualitatif didapatkan dari hasil observasi kegiatan pembelajaran, Sedangkan data yang bersifat kuantitatif didapatkan dari hasil evaluasi dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar,
2. Pembahasan Setiap Siklus
a. Pembahasan Siklus I
Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa, Peneliti kurang memberikan penjelasan sehingga banyak siswa yang bingung dan mengakibatkan pembelajaran pada hari itu kurang menarik.
Adapun perincian hasil belajar siswa tersebut di atas adalah ; Secara klasikal, skor rata-rata hasil belajar SISWa Siklus I adalah 78,95. Secara individu, Nilai siswa di bawah KKM yaitu ada 4 orang dengan persentase 21,05%. Sedangkan yg dl inginkan oleh peneliti adalah, nilai siswa di bawah KKM 15% atau ketuntasan siswa 85%.
Maka peneliti dapat menyimpulkan hasil belajar siswa belum memenuhi ketercapaian indikator yang diinginkan Sehingga peneliti akan melanjutkan ke siklus II.
b. Pembahasan Siklus II
Kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang menjadi temuan pada siklus I, dan hasilnya sangat memuaskan. Adapun perincian dari hasil belajar siswa tersebut di atas adalah sebagai berikut.
- Secara klasikal, skor rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 83,65, Sedangkan pada siklus I adalah 72,10.
- Secara individu, Nilai terendah sudah sesuai dengan nilai KKM yang diinginkan yaitu 60,00, dan sudah sesuai dengan indikator ketercapaian sudah tercapai, maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II.
E. SIMPULAN DAN SARAN
1. Simpulan
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam optimalisasi hasil belajar siswa menggunakan kartu bilangan romawi kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas ini diawali menyusun rencana tindakan pada siklus I. Dikarenakan hasil tindakan pada siklus I belum menunjukkan hasil yang optimal, maka tindakan dilanjutkan ke siklus II.
Setelah mengadakan siklus II, hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah nilai 1370, sedangkan rata-ratanya 72,10. Kemudian Setelah diadakan pemantapan dari strategi mengajar guru pada siklus II, nilai siswa meningkat menjadi 1590. sedangkan rata-ratanya 83,68.
Apabila menelaah hasil belajar siswa maka hasil tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
- pada siklus I, 15 orang siswa menunjuk kan ketuntasan belajar sesuai KKM, Sedangkan 4 orang siswa lainnya masih belum tuntas;
- pada siklus II, hasil belajar semua siswa meningkat secara signifikan. Dan seluruhnya (100 %) telah tuntas dalam mengikuti materi pelajaran Matematika pada Bilangan Romawi.
2. Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut di atas dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut.
a. Kepada pengelola lembaga pendidikan khususnya kepala MI Nurul Yaqin NW Saba Lendang untuk dapat mengembangkan penggunaan media Kartu bilangan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
b. Kepada peneliti lain, diharapkan agar hasil penelitian tindakan kelas ini dapat menjadi bahan acuan dalam mengadakan penelitian yang lebih mendalam serta berusaha untuk mengungkap masalah-masalah baru yang belum terungkap dalam penelitian ini.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Agama Kabupaten Lombok Barat (2006), Standar Isi, Jakarta: Departemen Agama.
Giagne (1992), princples of Instructional Design, Orlando, FL: Harcourt Brace Juvano Vich.
Hermawan dkk, (2009), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso dkk, (2006), Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka
Muhsetyo, Gatot dkk (2009), Pembelajaran Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.
Mustaqin,Burhan dkk (2008 ), Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV, Jakarta:Pusat Pembukuan Departemen pendidikan Nasional.
Sudirman, AS dkk, (1986), Media Pendidik kan, Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom dan Rajawali.
Sanjaya Yasin, (2015 ), Www.sarjanaku.com /2011/O6/ pengertian matematika. html
Demikian contoh PTK mata pelajaran Matematika untuk MI/SD. Semoga bermanfaat. Sumber: Profesi edisi 2 tahun 2015.
Giagne (1992), princples of Instructional Design, Orlando, FL: Harcourt Brace Juvano Vich.
Hermawan dkk, (2009), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso dkk, (2006), Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka
Muhsetyo, Gatot dkk (2009), Pembelajaran Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.
Mustaqin,Burhan dkk (2008 ), Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV, Jakarta:Pusat Pembukuan Departemen pendidikan Nasional.
Sudirman, AS dkk, (1986), Media Pendidik kan, Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom dan Rajawali.
Sanjaya Yasin, (2015 ), Www.sarjanaku.com /2011/O6/ pengertian matematika. html
Demikian contoh PTK mata pelajaran Matematika untuk MI/SD. Semoga bermanfaat. Sumber: Profesi edisi 2 tahun 2015.
Posting Komentar untuk "Contoh Karya Tulis Ilmiah PTK untuk Mata Pelajaran Matematika : Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kartu Bilangan Mata Pelajaran Matematika pada Materi Bilangan Romawi Kelas IV MI Nurul Yaqin NW Sabe Lendang Tahun Pelajaran 2013 2014"
Posting Komentar