Kunci Jawaban Soal 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice) Pelatihan Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag
Pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah
Informasi Umum
Selamat datang di Pelatihan Mandiri Bersertifikat Kementerian Agama.
Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.
Peserta dapat mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
INFORMASI PELATIHAN
Mata Pelatihan: Inovasi Madrasah
Sasaran: Sasaran dari pelatihan inovasi madrasah ini adalah para kepala madrasah, wakil kepala madrasah, para guru, pengawas dan bagian Pendidikan madrasah pada kantor Kemenag.
Tujuan: Tujuan Pelatihan mata diklat inovasi madrasah adalah agar setiap madrasah menjadi pelopor inovasi dan dapat berdampak kemajuan mutu madrasah
Latar Belakang: Pelatihan Inovasi Madrasah ini dilatar belakangi oleh tuntutan dunia pendidikan saat ini yang lebih menonjolkan sharing praktik-praktik baik dari inovasi madrasah, sehingga loka diklat keagamaan bandar lampung memilih para talentnya adalah para pelaku praktik baik program-program unggulan madrasah.
Kompetensi Teknis Pelatihan: melalui pelatihan ini diharapakan pelatihan ini peserta memiliki wawasan tentang inovasi yang dapat dilakukan disatuan Pendidikan masing-masing, dan dapat berbagi praktik baik dan menularkan pada yang lain.
Persyaratan
- PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
- Syarat Pangkat/Golongan Ruang : Semua
- Syarat Jenis Kelamin : Semua
- Syarat Pendidikan Umum : Semua
Kunci Jawaban Soal 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice) Pelatihan Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag
1 dari 10 soal
Ciri-ciri Madrasah Unggul adalah…
A Kegiatan pembelajaran di sekolah yang sangat
seragam
B Warga sekolah inti memahami dan melaksanakan
visi dan misi sekolah.
C Susana pembelajaran sesuai target kurikulum.
Hal ini ditandai dengan suasana kelas yang mendukung penyelesaian target.
D Terjalinnya kemitraan yang baik antara
sekolah dan orang tua siswa.
Jawaban C
2 dari 10 soal
Berikut adalah Konsekuensi dari sebuah
improvisasi kurikulum pada sebuah madrasah yang memiliki kelas Unggulan, kecuali….
ATuntutan untuk meningkatkan kemampuan dan
kreativitas guru.
B Hasil lulusan 100% diatas standar.
C Waktu belajar yang relatif lebih lama
D Pembiayaan belajar yang relative lebih mahal
Jawaban C
3 dari 10 soal
Pengertian Madrasah Unggul adalah….
A Madrasah Unggul menitikberatkan pada the
best input
B Orang tua siswa memahami apa yang madrasah
inginkan
C Madrasah unggul adalah Madrasah yang fokus
pada kualitas proses pembelajaran
D Kualitas siswa madrasah harus diseleksi saat
Penerimaan siswa baru
Jawaban C
4 dari 10 soal
Jika seorang siswa yang mudah bergaul, mampu
berempati secara baik, mampu memahami suasana hati orang lain, dan mampu
menjalin komunikasi dengan baik. Maka ini adalah ciri ciri bahwa ia memiliki
kecerdasan….
A Kecerdasan Naturalis
B Kecerdasan Kinestetis
C Kecerdasan Interpersonal
D Kecerdasan Intrapersonal
Jawaban C
5 dari 10 soal
Berikut adalah alasan Kenapa harus ada kelas
unggulan, kecuali…
A untuk mendorong siswa agar mencapai prestasi
akademis atau non akademis yang baik.
B untuk memelihara minat siswa terhadap
sekolah.
C untuk menyelesaikan pendidikan dalam tingkat
yang lebih tinggi bagi keuntungan Sekolah.
D untuk memberikan benchmarking dengan kelas
Reguler
Jawaban C
6 dari 10 soal
Guru didorong untuk meningkatkan kompetensinya
melalui Diklat atau workshop yang diadakan oleh Kementerian Agama, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan maupun madrasah sendiri. bahkan dengan menggunakan
biaya sendiri seperti: belajar membuat media pembelajaran yang kreatif baik
manual maupun digital. Hal ini adalah sebagai salah satu tuntutan dalam…
penerapan strategi madrasah unggul.
A The best process
B The best Output
C The best Curiculum
D The best input
Jawaban A
7 dari 10 soal
Berikut adalah Kriteria madrasah Unggul, kecuali….
A Memenuhi kebutuhan peserta didik yang pada
umumnya memilik motivasi belajar yang tinggi dibandingkan dengan seusianya.
B Iklim dan suasana mendukung untuk kegiatan
belajar.
C Sarana dan prasarana pendidikan terpenuhi
dan kondusif bagi proses pembelajaran
D Guru dan tenaga kependidikan memiliki
tingkat kesejahteraan yang tinggi.
Jawaban D
8 dari 10 soal
Dampak positif suatu madrasah yang membuka
program unggulan adalah….
A Keberhasilan siswa dapat di lihat sedikit
banyaknya dari pengetahuan dan hafalan bidang studi.
B Meningkatnya pembiayaan di madrasah
tersebut.
C Berkembangnya karakter yang baik sesuai
dengan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Pusat Kurikulum Balitbang
Kemendikbud
D Indikator keberhasilan pendidikan karakter
akan dimiliki sebagian warga sekolah.
Jawaban C
9 dari 10 soal
Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri madrasah
unggul, kecuali….
A Kepemimpinan kepala sekolah yang
profesional.
B Suasana pembelajaran yang menyenangkan.
C Program yang positif hanya mendapatkan
dukungan dari sekolah.
D Semua warga sekolah memahami dan
melaksanakan visi dan misi sekolah.
Jawaban C
10 dari 10 soal
Salah satu cara menjadikan Madrasah unggul
adalah….
A Peserta didik yang diseleksi dengan baik
B Fasilitas seadanya
C Memiliki visi dan misi yang jelas
D Kepala madrasah yang pintar
Jawaban C
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice) Pelatihan Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag"
Posting Komentar