Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru MTsN 3 Mataram Ikut Mewakili Bimtek Jurnalistik Kehumasan Kementerian Agama Propinsi NTB

Bertempat di Hotel Lombok Plaza Jl Pejanggik No.8 Cakranegara Kota Mataram NTB Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. NTB Kepala Kanwil Kemenag Prov. NTB, H. Nasruddin, S.Sos, M.Pdi. membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Kehumasan. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, Rabu (24/07) hingga Jum’at (26/07). Kegiatan yang diikuti sekitar 40 orang perwakilan dari humas masing-masing satker terdiri dari satker atker KUA kota/kabupaten, satker kantor Kemenag Kota/Kabupaten, Kanwil Kemenag NTB sendiri dan satker madrasah baik tingkat MI, MTs dan MA, tak terkecuali salah satu guru MTsN 3 Mataram atas nama Ruslan Wahid, ST ditugaskan langsung Oleh Humas Kanwil Kemenag NTB sesuai surat pemanggilan tertanggal 17 Juli 2019 untuk mengikuti Bimtek Jurnalis Kehumasan.
Diikutkan peserta dari satker madrasah adalah sebagai bentuk apresiasi dari kehumasan Kanwil Kemenag Provinsi NTB karna ikut andil dalam menyampaikan informasi berita dan artikel kegiatan satker masing-masing khususnya kegiatan madrasah di portal website kantor Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan laman http://www.ntb.kemenag.go.id.
Kegiatan bimtek dibuka mulai pada pukul 17.00 WITA diawali dengan pelaporan Ketua Panitia sekaligus Kepala Sub bagian Humas Kemenag NTB oleh Suherman, S.Ag, ME. Dalam pelaporannya mengatakan bahwa, humas merupakan hardisk atau data bagi informasi lingkungan Kemenag di NTB. Harus satu persepsi, humas tempat sumber-sumber data yang ada di Kemenag baik Provinsi maupun Kab/kota.
Menurut Suherman, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang jurnalistik dan kehumasan. Karena setiap Humas kata dia, harus betul-betul paham dengan tugasnya masing-masing. Ia pun berharap kepada peserta harus bisa melaksanakan kegiatan bimtek ini dengan baik. Agar semua Humas bisa melaksanakan kegiatannya sesuai dengan bidangnya.
Sementara Kepala Kanwil Kemenag Prov. NTB dalam sambutannya menjelaskan tentang tujuan dari kegiatan yakni bagaimana mendorong pelaksana kehumasan untuk meningkatkan kinerja kehumasannya di satkernya masing-masing.  Pelaksana kehumasan merupakan tugas yang sangat strategis dan penting untuk menjembatani lembaga dengan masyarakat. Dalam melaksanakan kehumasan maka harus profesional dan berkualitas dengan mempersiapkan skill dan keahlian dalam mengawal dan mengoperasikan teknologi seperti media, membuat situs serta mengelola website.
Adapun materi pada kegiatan bimtek kehumasan kanwil Kemenag NTB sesuai jadwal pada  hari pertama, antara lain 1) Kebijakan Kanwil Kemenag NTB tentang Kehumasan yang disampaikan langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. NTB, 2) Sinergitas dan Strategi Kegiatan Kehumasan yang disampaikan oleh Kasubag Humas Kakanwil Kemenag Prov. NTB Suherman, S.Pd, ME.
Sedangkan materi pada hari kedua adalah 1) Peran Kehumasan Sebuah Instansi/ Lembaga yang disampaikan oleh Kabag TU Kakanwil Kemenag Prov. NTB H. Sirojuddin, MM, 2) Fungsi PPID dalam Sebuah Instansi/ Lembaga yang disampaikan oleh Fairus, 3) Teknis Pembuatan Berita yang disampaikan oleh wartawan Lombok Post, dan 4) Teknis dan Praktik Penguploadan Kedalam Website yang disampaikan oleh staf humas Kemenag Prov. NTB Lalu Abdullah.
Pada hari terakhir hari ketiga materi yang diberikan adalah Lanjutan Teknis dan Praktik Penguploadan Kedalam Website yang disampaikan oleh staf humas Kemenag Prov. NTB Lalu Abdullah. Kemudian dilanjutkan dengan Penutupan kegiatan oleh panitia pada Jum’at, 26 Juli 2019. (@ruslanwahid)

Posting Komentar untuk "Guru MTsN 3 Mataram Ikut Mewakili Bimtek Jurnalistik Kehumasan Kementerian Agama Propinsi NTB"