Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MTsN 3 Mataram Gelar Upacara Pembukaan Matsama

Pada hari pertama masuk sekolah Senin (15/7/2019) seluruh guru dan staf karyawan serta siswa siswi MTsN 3 Mataram mengikuti apel pembukaan kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2019/2020 yang dipusatkan di halaman madrasah.
Masa Ta'aruf Siswa Madrasah yang selanjutnya disingkat menjadi MATSAMA merupakan kegiatan yang dilaksanakan bagi peserta didik baru pada awal tahun pelajaran. Agar kegiatan MATSAMA bermanfaat, edukatif, kreatif, dan menyenangkan bagi peserta didik baru sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Panitia MATSAMA Lalu Irwandi bahwa materi yang diberikan kepada siswa peserta didik baru selain pengenalan lingkungan madrasah adalah materi tentang Penyalahgunaan Narkoba oleh BNN Provinsi NTB, Bahaya Tawuran yang disampaikan oleh Kapolsek Ampenan, Budaya Literasi oleh Kantor Bahasa Prov. NTB dan Gerakan Hidup Sehat dari unsur Puskesmas Karang Pule Mataram. 
Menurut Lalu Irwandi bahwa kegiatan MATSAMA yang diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2019 diikuti oleh 190 siswa peserta didik baru yang sudah dinyatakan lulus seleksi pada proses penerimaan siswa baru (PPDB) yang dijaring secara online dari 400 orang yang mendaftar mengangkat tema "Menjadi Siswa Unggul Dengan Sikap dan Perilaku yang Islami". 
Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman, M.Pd.I dalam sambutannya menegaskan kepada siswa kelas VII yang mengikuti MATSAMA agar lebih bersemangat dalam membentuk diri pribadi menjadi anak sukses, pintar, cerdas dan soleh sesuai tema yang diangkat oleh panitia MATSAMA, bagaimana mengejar cita-cita menjadi anak yang unggul dalam segala hal, unggul dalam prestasi, unggul dalam sikap tingkah laku, unggul dalam hal yang baik. "Harapan saya tema ini tidak sekedar tulisan saja tapi bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari", ungkap H. Suparman.
Disela-sela sambutannya H. Suparman menyampaikan kata-kata selamat dan bersyukur kepada siswa kelas VIII dan IX yang telah berhasil naik kelas serta kepada  peserta didik baru. Tentunya keberhasilan ini tidak cukup diungkapkan dengan mengucapkan Alhamdulillah tetapi kesyukuran itu harus dibuktikan dalam sikap tingkah laku yang baik seperti memberikan contoh yang baik kepada adik-adiknya yang kelas VII.
Sebelum mengakhiri sambutannya H.  Suparman berpesan kepada peserta didik baru khususnya kelas VII yang sudah diterima melalui seleksi ketat agar benar-benar masuk di MTsN 3 Mataram menjadikan madrasah tempat belajar dan beribadah, "Karena orang sukses itu ciri-cirinya adalh menghabiskan waktunya untuk belajar, mengejar prestasi sebab kalau berprestasi sangat mudah untuk masuk di sekolah-sekolah favorit", ungkapnya.
Pada akhir kegiatan apel pembukaan MATSAMA dilakukan pelepasan balon udara dan penyematan atribut orientasi siswa secara langsung oleh Kepala Madrasah  MTsN 3 Mataram sebagai tanda resminya dibuka kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah tahun pelajaran 2019/2020. (@ruslanwahid)

Posting Komentar untuk "MTsN 3 Mataram Gelar Upacara Pembukaan Matsama"