Materi Informatika Kelas 7 Bab 1: Informatika dan Keterampilan Generik
Melalui
artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami betapa relevannya informatika
dan keterampilan generik dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang telah
mengubah pola pikir dan cara kerja masyarakat global. Siswa-siswa kelas 7
diharapkan dapat memanfaatkan materi ini sebagai langkah awal untuk
mengembangkan potensi diri dan meraih kesuksesan di dunia yang semakin canggih
dan kompleks.
Kami
berharap, artikel ini dapat memberikan manfaat dan wawasan yang berarti bagi
para pembaca. Selamat menikmati pembelajaran tentang informatika dan
keterampilan generik ini, semoga dapat menjadi pencerahan dan inspirasi dalam
menapaki perjalanan menuju masa depan yang cerah.
A. Informatika untuk Pelajar SMP
1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?
Informatika adalah
bidang ilmu mengenai
studi, perancangan, dan pembuatan
sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi
dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan
pemodelan matematika dan penggunaan
komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan
dengan istilah dalam bahasa Inggris
informatics, computing, atau computer science.
Informatika
mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem
Komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan
dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan
menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan
urutan langkah yang diberikan.
Landasan
berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir kom- putasional
(computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka
dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan
menalar (reasoning) mengenai sistem
dan persoalan. Moda berpikir
(thinking mode) ini didukung dan dilengkapi
dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan
persoalan. Siswa yang belajar
informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi,
baik yang mengandung komputer maupun tidak.
Setelah
melalui perkembangan lebih dari
20 tahun, Informatika telah
menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri.
Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena
membawa seseorang ke suatu cara
berpikir yang unik dan
berbeda dari bidang ilmu lainnya
(computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah berusia 20
tahun atau lebih, dan masih
terpakai sampai sekarang),
dan setiap prinsip inti dapat diajarkan
tanpa bergantung pada teknologi tertentu.
Semula,
Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai
negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di
tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.
Saat ini,
manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri
4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas
berbasis komputer dan internet.
Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0f
karena hidup di dunia isik
sekaligus di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring
(dalam jaringan). Banyak kegiatan dilakukan manusia secara isik maupun secara daring dengan pemanfaatan teknologi komputer
dan internet. Kalian tentu bisa mengingat pengalaman kegiatan
kalian yang didukung teknologi komputer dan internet, mulai dari berkomunikasi
dengan media sosial, bermain game online, memesan makanan, memesan
transportasi, mendaftar sekolah,
belajar secara daring, dan sebagainya.
Dunia yang
seperti ini menjadi makin cepat berubah, banyak hal menjadi tidak pasti, persoalan
yang dihadapi manusia makin rumit, dan
beragam cara untuk melakukan hal yang
sama. Sebagai contoh, dulu
orang harus pergi ke toko atau ke
pasar untuk berbelanja. Penjual juga harus
mempunyai bangunan kios atau
toko. Pemilik toko mempekerjakan pegawai
untuk mengurus gudang, menjadi kasir, dan menangani berbagai pekerjaan
lain. Pembeli juga harus membawa uang
tunai untuk membayar. Sekarang, orang bisa berbelanja dari rumah, tidak
harus pergi ke mana-mana walaupun tidak
ada penjual keliling yang datang. Penjual juga bisa berjualan dari rumah tanpa
perlu memiliki bangunan kios atau
toko. Pembeli tidak harus
mengambil uang di bank untuk
membayar barang yang dibelinya karena bisa membayar dengan menggunakan uang
digital. Contoh lain juga bisa kita
temukan atau kita alami sendiri. Pembelajaran daring selama masa pandemi adalah
salah satunya. Di dunia industri, lebih
banyak lagi hal yang kini dilakukan dengan bantuan teknologi komputer. Segala
sesuatu diselesaikan secara otomatis karena sudah ada robot-robot yang mampu
mengerjakan pekerjaan rutin yang berulang-ulang. Cara orang melakukan kegiatan
menjadi berubah karena teknologi komputer dan internet yang dimanfaatkan di
berbagai bidang.
Nah,
situasi seperti contoh di atas memudahkan orang untuk melakukan kegiatan
berbelanja, belajar, dan sebagainya. Namun, coba pikirkan, bagaimana nasib para
pekerja yang semula bekerja
sebagai kasir, pegawai
gudang, pegawai yang melakukan pengepakan barang di pabrik, teller di
bank, dan sebagainya? Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena
teknologi mengambil alih hal-hal yang
biasa mereka kerjakan. Di
masa depan, pasti akan lebih
banyak lagi peran teknologi dalam
kegiatan manusia. Mungkin juga akan makin banyak jenis pekerjaan yang
hilang. Sebaliknya, pencipta teknologi itulah
yang makin dibutuhkan.
Menghadapi
situasi tersebut, sebagai siswa yang sedang belajar di jenjang SMP, bayangkan saat kalian
lulus sekolah dan harus bekerja: kemampuan apa yang akan kalian butuhkan?
Apakah pekerjaan kalian besok membutuhkan pengetahuan dan kemampuan dalam
bidang teknologi, terutama teknologi komputer dan Internet? Sangat mungkin seperti itu, bukan?
Nah, untuk
itulah, kalian akan
belajar mata pelajaran informatika. Dalam mata pelajaran ini, kalian
akan belajar mengenai teknologi komputer dan sistem yang
dibangun menggunakan teknologi komputer tersebut. Kalian akan belajar cara
memanfaatkan teknologi komputer, juga
teori untuk memahami cara
kerja komputer. Dengan demikian,
kalian akan bisa
menyiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang pasti akan lebih maju
teknologinya.
Melalui mata
pelajaran informatika,
diharapkan di masa
mendatang, kalian tidak hanya
bisa mempergunakan teknologi komputer,
tetapi juga tahu kapan teknologi tepat
dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan juga tahu bagaimana membuat
aplikasi teknologi untuk mengatasi berbagai persoalan. Dengan demikian,
akan makin banyak orang
Indonesia yang mampu menciptakan
teknologi berbasis komputer yang
bermanfaat bagi banyak orang. Menarik, bukan?
2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
Informatika
mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian
untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan
penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan
mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami
dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan
perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan
prinsip, praktik, dan penemuan (principles,
practice, and invention),
kalian akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya.
Karena tidak hanya teoretis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”,
baik karena akan berefek bahwa produk
menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik secara
intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so beautiful”).
Kalian akan
mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi
Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI),
Analisis Data (AD),
Algoritma dan Pemrograman
(AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).
Dalam bahasa Inggris, bidang itu
disebut: Computational Thinking (CT),
Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer
Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social
Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP). Gambar 1.1 berikut ini menggambarkan bidang-bidang
pengetahuan atau elemen pengetahuan informatika tersebut.
a. Apa yang Dipelajari di Kelas VII?
Agar kalian
bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan dengan kemampuan yang mencukupi, dalam mata
pelajaran Informatika ini, kalian akan belajar hal-hal berikut ini.
- Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.
- Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile dalam folder.
- Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.
- Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
- Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif.
- Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari- hari.
- Praktika Lintas Bidang: selain mempelajari materi-materi di atas, kalian juga akan belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba memenyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian dapatkan di atas.
b. Apa Harapan Para Guru?
Di akhir
kelas VII nantinya, para guru
berharap kalian akan mampu melakukan beberapa hal berikut ini.
- Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan- persoalan sehari-hari.
- Memahami sejarah perkembangan, peranan, dan dampak teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, serta memahami dampak positif maupun negatifnya.
- Memahami deinisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, serta
- menjelaskan bagian-bagian utama sebuah komputer dan fungsinya.
- Memahami bagaimana perangkat keras berinteraksi dengan perangkat lunak sistem dan piranti lain, juga cara menghubungkan piranti tersebut.
- Mendeinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari data tersebut.
- Membuat program dengan menggunakan blok visual.
- Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas suatu persoalan, dengan menggunakan 6 (enam) kemampuan yang sudah disebut di atas.
3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila
Untuk
menyiapkan diri menghadapi masa depan di era
digital, kalian juga perlu
membangun kebiasaan-kebiasaan baik
yang menumbuhkan karakter yang
baik pula. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai
Proil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini.
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
- Berkebinekaan global
- Mandiri
- Bergotong Royong
- Bernalar kritis
- Kreatif
Nah, melalui
mata pelajaran informatika,
kalian akan belajar
juga menum- buhkan
karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia
nyata dan sebagai warga dunia maya. Saat membahas materi tentang berpikir
komputasional, analisis data, pemrograman, dan
dampak sosial informatika,
kalian akan mengasah kemam- puan bernalar kritis dan
kreatif. Dalam proses belajar berbagai materi dalam informatika, kalian akan
belajar untuk mandiri saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Kalian juga akan mengembangkan kemampuan bergotong royong, bernalar
kritis, dan kreatif saat berdiskusi dan berkreasi menyelesaikan atau membuat proyek
bersama teman-teman kalian. Teman-teman kalian mungkin berasal dari berbagai
daerah, bahkan mungkin kalian akan bertemu dengan teman- teman dari berbagai
negara melalui dunia maya. Saat itulah, kalian akan belajar menumbuhkan
toleransi dan saling menghargai antarteman yang beraneka ragam latar
belakangnya. Hal itu tentu dilakukan karena kita meyakini bahwa semua makhluk ciptaan
Tuhan YME itu baik dan harus dihormati.
Cara berkomunikasi yang baik dengan sesama menunjukkan akhlak yang mulia.
B. Pengantar Keterampilan Generik
Dalam
konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktika lintas
bidang, di mana
2 di antaranya bersifat umum dan
akan dipraktikkan di mana-mana.
Tentunya, tidak semuanya harus
dipraktikkan sekaligus pada satu
aktivitas.
Tujuh aspek
praktika informatika itu adalah seperti
berikut.
- Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
- Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.
- Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.
- Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
- Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
- Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.
- Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.
Bekerja dalam
kelompok akan mencakup hampir
semua aspek tersebut dan
hasil kerja kelompok akan
dipaparkan, baik secara lisan,
menjadi bahan presentasi, poster, atau
karya lainnya. Di zaman digital,
komunikasi grais visual memudahkan informasi tersampaikan. Oleh karena
itu, kalian perlu berlatih berkomunikasi lisan, tertulis, maupun menyiapkan
bahan paparan dalam bentuk grais.
Mengomunikasikan ide dalam bahasa
lisan ataupun tertulis tentunya
kalian pelajari secara mendalam dalam
pelajaran bahasa. Ini merupakan salah
satu contoh, bahwa mata
pelajaran bahasa sangat penting untuk menunjang informatika.
Kalian harus mempraktikkan apa yang telah dipelajari dari
pelajaran bahasa.
Pada bagian
ini, kita tidak akan
membahas tentang perkakas
untuk berkolaborasi, membuat bahan presentasi, ataupun infograis.
Bekerja dalam kelompok akan disimulasikan dalam permainan peran, presentasi
akan diberikan praktik baiknya, sedangkan infograis
akan diberikan arahan tentang apa yang disebut infograis yang
baik.
1. Bekerja dalam Kelompok
Tugas diberikan
untuk dikerjakan dalam
kelompok agar kalian
dapat berdiskusi dan mengerjakan
suatu tugas yang lebih
besar, dibandingkan dengan hanya mengerjakan seorang diri. Jumlah
anggota kelompok akan ditentukan oleh
guru, sesuai dengan tugas
yang diberikan. Makin besar
tugasnya, biasanya makin
banyak anggota kelompoknya.
Secara umum, tujuan kerja
kelompok adalah agar kalian dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat
dan memupuk semangat bergotong royong.
Benarkah
bahwa jika tugas dikerjakan oleh
lebih banyak orang akan selalu lebih cepat? Belum tentu.
Misalnya, tugas untuk membungkus dan memasukkan 20 komputer ke dalam kardus. Jika
dikerjakan oleh 5 orang,
akan jauh lebih
cepat dibandingkan dengan
jika dikerjakan oleh
2 orang, atau bahkan 1
orang. Hal ini terjadi jika
masing-masing dapat membungkus dan memasukkan ke setiap kardus sendiri-sendiri.
Ada pekerjaan yang tidak semudah itu untuk dibagi. Misalnya, jika hanya tersedia 2 gulungan
selotip penutup kardus, dan hanya ada 1 gunting, setiap orang tidak dapat
bekerja mandiri karena saat membutuhkan
selotip, harus menunggu jika sedang dipakai. Ada juga tugas di mana setiap orang
tidak mengerjakan tugas yang sama, dan harus dikerjakan dalam beberapa tahap.
2. Mengomunikasikan Hasil Kerja
Hasil kerja
yang telah kita kembangkan atau dibuat perlu dikomunikasikan dengan baik kepada pihak
yang berkepentingan, seperti:
pemberi kerja, khalayak umum, dan lainnya. Komunikasi hasil kerja bisa
dilakukan dengan presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan
seperti infografis dan presentasi.
Demikian materi Informatika Kelas 7 Bab 1 tentang Informatika dan Keterampilan Generik dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Posting Komentar untuk "Materi Informatika Kelas 7 Bab 1: Informatika dan Keterampilan Generik"
Posting Komentar