Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Kapten Jack Sparrow, yuk kenali ternyata dia seorang muslim

Jack Sparrow

Kapten Jack Sparrow ternyata ia seorang Muslim, yang diputarbalikkan oleh film-film Hollywood.

Kita selalu mendengar tentang Kapten Jack Sparrow, bajak laut terkenal yang mempesona kita dengan cerita-cerita dan petualangannya di lautan, melalui seri film terkenal Pirates of the Caribbean yang diproduksi oleh Hollywood.

Tapi pernahkah kita bertanya-tanya tentang identitas karakter sejarah ini?! Dan apa pencapaiannya yang menyebabkan Hollywood memproduksi serangkaian film yang terinspirasi dari karakternya?! Jadi, inilah ceritanya..

Dia adalah Jack Ward (Jack Birdy) atau Jack Sparrow, karena kegemarannya yang besar terhadap burung-burung, tetapi setelah mengumumkan Islamnya, dia menyebut dirinya sendiri Yusuf Reis.

Dia lahir di Inggris pada tahun 1553 dari keluarga sederhana dan bekerja sebagai pemburu ikan di masa mudanya, dan segera dia beralih ke dunia bajak laut dan menjadi salah satu bajak laut paling berbahaya dan kuat setelah berhasil mengalahkan armada Spanyol dengan izin dari Ratu Elizabeth I dari Inggris. Mirip-mirip kisah di film khan, dimana Jack Sparrow kerjasama sama kerajaan Inggris.

Setelah Raja James I naik takhta Inggris, dia memerintahkan untuk mengakhiri perang dengan Spanyol yang menyebabkan banyak bajak laut Inggris termasuk Jack Ward merugi karena sumber penghasilan terhenti, dan kebanyakan dari mereka bekerja di Angkatan Laut Kerajaan Britania atas perintah RAJA yang tidak disukai Jack Ward sama sekali bersama dengan kebanyakan pelaut. Di film nya juga, Jack Sparrow jadi buronan kerajaan... dia eneg banget sama rajanya Inggris.

Hanya dua minggu setelah itu, Kapten Jack dan 30 kru lainnya merampok salah satu kapal armada Inggris dan dia terpilih sebagai pemimpin bajak laut oleh krunya dan mereka berlayar menuju Laut Tengah untuk melanjutkan profesi bajak laut melawan kapal-kapal Spanyol dan Portugis secara khusus.

Setelah itu, Kapten Jack menuju Tunisia yang saat itu berada di bawah kekuasaan Utsmaniyah dan sepakat dengan gubernurnya, Utsman Dey, untuk menjadikannya sebagai pangkalan operasinya melawan Spanyol dengan imbalan membagi lima dari rampasan dan kekayaan untuk kepentingan Tunisia. 

Di situlah Jack mengumumkan Islamnya bersama dengan awak kapalnya dan mengubah namanya menjadi Yusuf Reis.

Yusuf Reis (Kapten Jack) melanjutkan kampanyenya melawan armada Eropa terutama Spanyol dan Portugis hingga namanya menjadi sumber kegelisahan dan ketakutan di seluruh Eropa, dan banyak penulis Eropa menyebutnya sebagai pejuang laut murtad dari agama Kristen yang memeluk agama Arab. 

Dia memainkan peran penting dan vital dalam menyelamatkan ribuan Muslim dan Yahudi yang melarikan diri dari kekejaman Spanyol setelah jatuhnya Andalusia.

Yusuf Reis menikahi seorang wanita Italia yang juga telah memeluk Islam bernama Yasmina Sicilia. Sementara itu dia terus mengirim uang kepada mantan istrinya yang Inggris dan dia hidup sisa hidupnya di istananya di Tunisia hingga meninggal dunia pada usia sekitar 70 tahun pada sekitar tahun 1622 Masehi.

Bagaimana dengan "partner in crime" Jack Sparrow di film, kapten Barbossa? Ini pun juga bajak laut muslim terkenal zaman pertengahan, penguasa laut Mediterania, yaitu kapten Khaeruddin Barbarossa! 


Sumber:

1- Perang Bajak Laut - Peter Earle.

2- Bajak Laut Barbary: Kehidupan dan Kejahatan John Ward - Greg Bak.

Posting Komentar untuk "Siapakah Kapten Jack Sparrow, yuk kenali ternyata dia seorang muslim"