50 Contoh Soal PPPK Guru 2024 Lengkap dengan Jawaban: Panduan Menuju Sukses

Soal PPPK Guru 2024

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun 2024 telah di depan mata. Bagi para pejuang pengabdi pendidikan, ini adalah kesempatan emas untuk meraih mimpi menjadi guru ASN.

Sebagai persiapan, tentunya Anda membutuhkan latihan soal yang memadai. Kabar baiknya, di artikel ini, kami hadirkan 50 contoh soal PPPK Guru 2024 beserta jawabannya yang bisa Anda jadikan bahan belajar.

Soal-soal ini disusun berdasarkan kisi-kisi terbaru dan materi yang diujikan dalam seleksi PPPK Guru 2024. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal ini, Anda akan lebih terbiasa dengan format soal dan meningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Tunggu apa lagi? Ayo, manfaatkan artikel ini sebaik mungkin untuk meraih kesuksesan dalam seleksi PPPK Guru 2024!

Ingatlah, kunci utama dalam meraih kesuksesan adalah persiapan yang matang. Dengan berlatih secara konsisten dan mempelajari materi dengan tekun, Anda pasti akan mencapai tujuan Anda.

Semangat Pejuang Pengabdi Pendidikan!

50 Contoh Soal PPPK Guru 2024 Lengkap dengan Jawaban

1. Menurut teori kognitif, ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan ....


A. Materi belajar

B. Guru

C. Teman belajar

D. Keluarga

E. Lingkungan


Jawaban E.


2. Anak belajar melalui bentuk perumpamaan dan perbandingan untuk memahami dunia sekitarnya merupakan salah satu tahapan dalam perkembangan kognitif menurut Bruner, tepatnya tahap ....


A. Enaktif

B. Ikonik

C. Simbolik

D. Komparasi

E. Informatif

Jawaban B.


3. Tujuan belajar dirangkum dalam tiga kawasan yang biasa disebut dengan Taksonomi Bloom. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam tingkatan kawasan afektif adalah .....


A. Penerimaan

B. Penggunaan

C. Pemberian respons

D. Pemberian nilai

E. Karakterisasi

Jawaban B.


4. Materi pelajaran yang disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks merupakan penerapan dari teori belajar ....


A. Konstruktivisme

B. Humanistik

C. Behavioristik

D. Kognitif

E. Semua jawaban benar

Jawaban D.


5. Berdasarkan Teori Kolb, peserta didik yang sangat kritis, suka menganalisis, selalu berpikir rasional menggunakan penalarannya termasuk dalam tipe peserta didik .....


A. Teoris

B. Aktivis

C. Pragmatis

D. Reflektor

E. Evaluator

Jawaban A.


6. Dalam teori belajar konstruktivistik, guru tidak mentransfer pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan membantu peserta didik untuk ....


A. Menemukan cara belajar yang tepat

B. Memahami konsep pengetahuan

C. Menemukan pengetahuan baru

D. Mengembangkan kepribadian dan karakter

E. Membentuk pengetahuannya sendiri

Jawaban E.


7. Dalam proses mengajar Bu Ida berusaha untuk menawarkan berbagai sumber belajar kepada peserta didik seperti situs-situs web yang mendukung pembelajaran. Tindakan yang dilakukan oleh Bu Ida tersebut merupakan penerapan dari teori ....


A. Humanistik

B. Behavioristik

C. Kognitif

D. Konstruktivistik

E. Mimetik

Jawaban A.


8. Zona perkembangan proksimal menurut Vygotsky meliputi tahapan-tahapan di bawah ini, kecuali ....


A. Tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain

B. Tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri

C. Tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi

D. Tindakan anak berkembang terarah dan memiliki tujuan

E. Tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berpikir abstrak

Jawaban D.


9. Dalam menerapkan teori belajar Ausubel terdapat dua fase yang harus dilalui yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Dalam fase perencanaan guru melakukan beberapa hal di bawah ini, kecuali ....


A. Menetapkan tujuan pembelajaran

B. Mendiagnosis latar belakang pengetahuan peserta didik

C. Membuat struktur materi

D. Memformulasikan Advance Organizer

E. Memformulasikan rekonsiliasi integratif

Jawaban E.


10. Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu aturan melalui contoh-contoh yang menggambarkan aturan yang menjadi sumbernya. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari .....


A. Thorndike

B. Piaget

C. Bruner

D. Ausubel

E. Dorman

Jawaban C.


11. Aktivitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal merupakan hakikat belajar berdasarkan teori ....


A. Behavioristik

B. Kognitif

C. Humanistik

D. Konstruktivisme

E. Elaborastik

Jawaban B.


12. Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan pesan adalah .....


A. Simbol komunikasi

B. Media pembelajaran

C. Informasi dari guru

D. Materi pembelajaran

E. Pernyataan dari guru

Jawaban E.


13. Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek termasuk ke dalam jenis pengetahuan .....


A. Prosedural

B. Teknikal

C. Metakognitif

D. Faktual

E. Konseptual

Jawaban A.


14. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam gejala alam abiotik adalah .....


A. Penyebaran hama

B. Pelangi

C. Terjadinya siang dan malam

D. Terjadinya tsunami

E. Bertiupnya angin

Jawaban A.


15. Guru yang baik harus mampu mengelola pesan yang menarik yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahapan pertama dalam penyusunan pesan yang baik adalah ....


A. Tahap penelitian

B. Tahap kebutuhan

C. Tahap tindakan

D. Tahap perhatian

E. Tahap visualisasi

Jawaban D.


16. Perkembangan sosial peserta didik dapat dilihat dari kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosial peserta didik dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, kecuali .....


A. Keluarga

B. Kematangan

C. Teman

D. Pengalaman

E. Status sosial

Jawaban D.


17. Mengikat tali sepatu dan mengancingkan pakaian adalah perkembangan motorik halus yang dimiliki oleh anak berusia ....


A. 4 tahun

B. 5 tahun

C. 6 tahun

D. 7 tahun

E. 8 tahun

Jawaban C.



18. Sebelum memulai proses pembelajaran, Bu Damara meminta anak didiknya untuk mengisi sebuah angket yang berisi pertanyaan terkait kegiatan yang biasa dilakukan anak didik di rumah dan kebiasaan saat menghabiskan waktu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ....


A. Motivasi peserta didik

B. Emosi peserta didik

C. Kemampuan awal peserta didik

D. Kondisi sosial peserta didik

E. Gaya belajar peserta didik

Jawaban E.


19. Media dan proses pembelajaran berikut sangat sesuai digunakan untuk peserta didik dengan gaya belajar visual, kecuali .....


A. Mengunjungi tempat bersejarah

B. Diskusi dua arah

C. Handout

D. Multimedia

E. Poster

Jawaban B.


20. Karakteristik peserta didik harus menjadi perhatian dan pijakan pendidik dalam melakukan seluruh aktivitas pembelajaran. Karakteristik peserta didik meliputi hal-hal berikut ini, kecuali .....


A. Etnik

B. Kultural

C. Minat

D. Perkembangan moral dan spiritual

E. Wilayah

Jawaban E.


21. Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan yang meliputi ....


A. Pengetahuan, keterampilan dan kreativitas

B. Sikap, pengetahuan dan kreativitas

C. Sikap, pengetahuan dan keterampilan

D. Sikap, keterampilan dan kreatifitas

E. Keterampilan, kreativitas dan pemahaman

Jawaban C.



22. Indikator Pencapaian Kompetensi yang utama adalah indikator kunci yang memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ....


A. Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK

B. Memiliki sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD

C. Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP

D. Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD

E. Kompetensi yang dituntut melebihi dari tuntutan kompetensi standar minimal KD

Jawaban E.


23. Langkah pertama dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran adalah ....


A. Rumuskan kegiatan inti

B. Pahami KD yang sudah dianalisis

C. Pahami IPK dan materi pembelajaran yang telah dikembangkan

D. Pahami sintak-sintak yang ada pada model pembelajaran

E. Tentukan sumber belajar

Jawaban B.


24. Langkah strategi terakhir dalam mendesain pembelajaran berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah ....


A. Menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi

B. Menentukan dan menganalisis KD sekaligus menentukan target yang akan dicapai

C. Merumuskan indikator

D. Merumuskan tujuan pembelajaran

E. Memproyeksikan sumbu simetri dengan mengombinasikan dimensi pengetahuan dan proses berpikir

Jawaban A.


25. IPK pengayaan dirumuskan apabila peserta didik sudah memenuhi ....


A. IPK kunci

B. IPK pendukung

C. Kompetensi minimal KD

D. Kompetensi minimal KI

E. Standar kelulusan

Jawaban C.


26. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan analisis SKL dan KI adalah ....


A. Membaca dan memahami tentang SKL dan standar isi

B. Melihat keterkaitan antara SKL dan KI

C. Melihat tuntutan yang ada pada deskripsi SKL dan KI

D. Melihat target dan pembelajaran pada SKL dan KI

E. Memperhatikan tempat penerapan yang digambarkan pada SKL dan KI

Jawaban A.


27. Dalam pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi, rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi harus menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang ....


A. Sesuai karakteristik peserta didik

B. Sesuai Kompetensi Dasar

C. Memperhatikan kebutuhan peserta didik

D. Bisa diukur

E. Tepat sasaran

Jawaban D.


28. Sesuai dengan tuntutan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Dasar, pasangan target KD terdiri atas Kompetensi Dasar ....


A. Inti dan Pengayaan

B. Pengetahuan dan Keterampilan

C. Pengayaan dan Pendukung

D. Inti dan Pengetahuan

E. Pengetahuan dan Pengayaan

Jawaban B.


29. Pendekatan saintifik terdiri atas lima langkah kegiatan belajar berikut ini, kecuali ....


A. Mengamati

B. Menelaah

C. Mencoba

D. Menanya

E. Menalar

Jawaban B.


30. Rumusan kegiatan inti pembelajaran berdasarkan pada hal-hal berikut ini, kecuali ....


A. IPK

B. Karakteristik peserta didik

C. Pendekatan saintifik

D. Sumber belajar

E. PPK dan literasi

Jawaban D.


31. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus...


A. Merencanakan penilaian secara bertahap dan terus-menerus.

B. Menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar.

C. Menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor.

D. Menggunakan teknik penilaian yang beragam.

E. Ada tiga jawaban benar.

Jawaban C.



32. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut...


A. Pengukuran.

B. Asesmen.

C. Tes.

D. Evaluasi.

E. Semua benar.

Jawaban D.



33. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar...


A. Tes dikerjakan dengan santai, tidak serius.

B. Kemampuan siswa dapat meningkat.

C. Siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya.

D. Siswa tidak merasa rendah diri.

E. Semua jawaban salah.

Jawaban C.


34. Kelemahan dari penilaian acuan kriteria adalah...


A. Harus menghitung rata-rata lebih dahulu.

B. Kriteria keberhasilan selalu berubah.

C. Tidak dapat dijadikan ukuran untuk menilai keberhasilan pengajaran.

D. Dapat terjadi semua siswa tidak lulus.

E. Semua jawaban benar.

Jawaban D.


35. Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian antara lain...


A. Pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator.

B. Rumusan kalimat harus dalam bentuk kalimat tanya.

C. Pertanyaan menurut jawaban terurai dan ada pedoman penyekorannya.

D. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda.

E. Ada dua jawaban benar.

Jawaban C.


36. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah...


A. Menentukan siapa yang akan mengobservasi.

B. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi.

C. Menentukan kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi.

D. Menentukan rencana sampling.

E. Semua jawaban salah.

Jawaban B.


37. Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan mata pelajaran Fisika adalah 70 persen. Jika suatu tes skor maksimalnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah...


A. 45,5.

B. 56.

C. 65.

D. 70.

E. 75.

Jawaban B.


38. Adat yang sudah mengakar dan menjadi tradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan di bidang...


A. Cultural block.

B. Mental block barries.

C. Social block.

D. System block.

E. Cultural social.

Jawaban A.


39. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.


A. Dapat memecahkan suatu masalah.

B. Memiliki unsur keterbaruan.

C. Memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah.

D. Tidak harus baru yang penting pembelajarannya menjadi bervariasi.

E. Ada dua jawaban benar.

Jawaban B.


40. Kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi, dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep...


A. Kompetensi.

B. Standar kompetensi.

C. Kompetensi dasar.

D. Indikator pencapaian belajar.

E. Semua jawaban benar.

Jawaban B.


41. Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah pada umumnya menyajikan tentang...


A. Rangkuman dan tindak lanjut.

B. Simpulan umum.

C. Rekomendasi penulis.

D. Simpulan dan saran.

E. Ada dua jawaban benar.

Jawaban D.


42. Tulisan analisis konseptual terdiri dari...


A. Judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi.

B. Judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, dan referensi.

C. Judul, pendahuluan, diskusi, kesimpulan, dan referensi.

D. Judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, dan referensi.

E. Tidak ada jawaban benar.

Jawaban B.


43. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhatikan dalam menelaah soal bentuk uraian, kecuali...


A. Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi.

B. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian.

C. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.

D. Tabel dan grafik disajikan dengan jelas dan terbaca.

E. Tidak ada jawaban benar.

Jawaban A.


44. Referensi memuat semua rujukan yang...


A. Pernah dibaca penulis.

B. Perlu dibaca pembaca.

C. Dimuat dalam badan tulisan.

D. Diperlukan dalam pengembangan tulisan.

E. Semua jawaban benar.

Jawaban C.


45. Adalah proses komunikasi di mana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. Pernyataan tersebut termasuk komunikasi...


A. Linier.

B. Kontradiktif.

C. Konvergen.

D. Collective.

E. Semua jawaban benar.

Jawaban C.


46. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang atau geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan...


A. Kegiatan pemeliharaan terbatas.

B. Fasilitas fisik.

C. Ukuran kewilayahan.

D. Penggunaan waktu.

E. Tidak ada jawaban.

Jawaban C.


47. Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa...


A. Tes.

B. Daftar pertanyaan.

C. Lembar observasi.

D. Lembar wawancara.

E. Semua jawaban benar.

Jawaban A.


48. Suatu kegiatan yang dilakukan suatu pihak untuk menyampaikan berita kepada pihak yang lain disebut...


A. Telepon.

B. Telegram.

C. Telekomunikasi.

D. Komunikasi.

E. Semua jawaban salah.

Jawaban D.


49. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah...


A. Menjelaskan partisipan.

B. Menulis masalah yang sudah pernah dibahas.

C. Memecahkan suatu penelitian menjadi beberapa artikel.

D. Melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian.

E. Semua jawaban salah.

Jawaban C.


50. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali...


A. Memberikan umpan balik bagi siswa.

B. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa.

C. Memberikan umpan balik bagi guru.

D. Mengontrol perkembangan siswa.

E. Semua jawaban salah.

Jawaban D.


Itulah 50 contoh soal PPPK guru 2023 beserta jawabannya, semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam menghadapi PPPK Guru.

Posting Komentar untuk "50 Contoh Soal PPPK Guru 2024 Lengkap dengan Jawaban: Panduan Menuju Sukses"