Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman | Pintar Kemenag

Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman

Kementerian Agama RI mengadakan Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman melalui Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka. Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari.

Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.

 

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :

A. Literasi dalam Kurikulum Merdeka

1. Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

2. Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022

3. Ragam Kegiatan Membaca

 

B. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

1. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Penguasaan Huruf

2. Bahan Bacaan untuk Kelompok Penguasaan Huruf

3. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Suku Kata

4. Bahan Bacaan untuk Kelompok Suku Kata

5. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Kata

6. Bahan Bacaan untuk Kelompok Kata

7. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Membaca Lancar

8. Bahan Bacaan untuk Kelompok Membaca Lancar

 

C. Keterampilan Membaca Pemahaman

1. Cara Mengenali Kemampuan Peserta Didik Memahami Bacaan

2. Keterampilan Menyimak

3. Pemahaman Literal dan Inferensial

 

D. Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan

1. Membaca Bersama dengan Fokus Pemahaman

2. Mengurutkan Peristiwa dengan Gambar Berseri

3. Mengisi Peta Cerita untuk Menanggapi Bacaan

 

Kompetensi yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan :

- Pemahaman literasi dalam Kurikulum Merdeka

- Penerapan ragam kegiatan membaca untuk meningkatkan pemahaman

- Penerapan kegiatan berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan membaca

Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman - Pintar Kemenag

 

1. Tugas yang dapat diberikan pendidik untuk mengukur kemampuan membaca kata adalah...

A. Meminta peserta didik menyebut 30 nama huruf

B. Meminta peserta didik membaca 10 kata dari sebua daftar

C. Meminta peserta didik membaca sebuat daftar berisi 10 suku kata

D. Meminta peserta didik membacakan teks dengan nyaring.

Jawaban: B.

 

2. Berikut yang bukan lima komponen penting dalam kemampuan membaca kelas awal, adalah...

A. Cerita pendek

B. Huruf dan suku kata

C. Kata dan paragraf

D. Cerita kompleks

Jawaban: D.

 

3. Berikut beberapa kegiatan yang dapat pendidik berikan kepada peserta didik lain saat pendidik melakukan kegiatan membaca terbimbing pada satu kelompok, kecuali...

A. Memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang mereka minati

B. Memberikan tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan peserta didik

C. Memberikan kebebesan bagi peserta didik untuk memilih bacaan yang sesuai dengan kemampuannya.

D. Memberikan tugas mandiri terkait dengan materi yang sedang diajarkan.

Jawaban: A.

 

4. Untuk memetakan kemampuan peserta didik di awal tahun, pendidik harus melakukan...

A. Asesmen sumatif

B. Asesmen akhir

C. Asesmen awal pembelajaran

D. Asesmen formatif saat pembelajaran

Jawaban: C.

 

5. Tingkat kesulitan dalam asesmen awal dimulai dengan tugas yang mudah ke tugas yang sulit agar...

A. Pendidik mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam kegiatan membaca

B. Peserta didik termotivasi untuk mengerjakan tugas

C. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik

D. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas.

Jawaban: A.

 

6. Peserta didik yang belum menguasi lingkup materi dapat diberikan kesempatan untuk...

A. Melanjutkan materi saat ini

B. Mempelajari kompetensi pada tingkat yang lebih tinggi

C. Mempelajari materi yang lebih mudah

D. Mempelajari materi yang lebih sulit.

Jawaban: C.

 

7. Dalam kegiatan menyebut nama huruf, hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik adalah...

A. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik

B. Menandai huruf yang dibaca benar dan yang dibaca salah

C. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas

D. Sikap peserta didik dalam menunjuk huruf yang disebutkan.

Jawaban: B.

 

8. Salah satu langkah dalam memperisapkan asesmen awal kegiatan membaca adalah...

A. Memetakan kemampuan peserta didik.

B. Mempersiapkan jadwal dan lokasi asesmen

C. Membuat soal tes di luar kemampuan peserta didik.

D. Meminta izin kepada setiap orangtua

Jawaban: B.

 

9. Asesmen formatif dalam pembelajaran bertujuan untuk...

A. Menentukan nilai di rapor

B. Memberi julukan/label pada siswa

C. Melihat kemajuan belajar dan melakukan pengelompokan kembali

D. Membantu siswa yang kesulitan

Jawaban: C.

 

10. Berikut adalah lima komponen penting dalam kemampuan membaca kelas awal yaitu...

A. Suku kata, kalimat, paragraf, cerita pendek, cerita kompleks

B. Huruf, suku kata, kata, paragraf, cerita pendek

C. Suku kata, kata, kalimat, cerita pendek, cerita panjang

D. Huruf, kata, paragraf, cerita fiksi, cerita non fiksi

Jawaban: B.

Demikian Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman | Pintar Kemenag"