Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman | Pintar Kemenag
Kementerian Agama RI mengadakan Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman melalui Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka. Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari.
Peserta wajib
mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan
dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama
masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Pada pelatihan ini
peserta akan mempelajari :
A. Literasi dalam
Kurikulum Merdeka
1. Penguatan
Literasi dalam Kurikulum Merdeka
2. Kompetensi
Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022
3. Ragam Kegiatan
Membaca
B. Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Dekoding
1. Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Penguasaan Huruf
2. Bahan Bacaan
untuk Kelompok Penguasaan Huruf
3. Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Suku Kata
4. Bahan Bacaan
untuk Kelompok Suku Kata
5. Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Kata
6. Bahan Bacaan
untuk Kelompok Kata
7. Pembelajaran
Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Membaca Lancar
8. Bahan Bacaan
untuk Kelompok Membaca Lancar
C. Keterampilan
Membaca Pemahaman
1. Cara Mengenali
Kemampuan Peserta Didik Memahami Bacaan
2. Keterampilan
Menyimak
3. Pemahaman
Literal dan Inferensial
D. Pembelajaran
Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan
1. Membaca Bersama
dengan Fokus Pemahaman
2. Mengurutkan
Peristiwa dengan Gambar Berseri
3. Mengisi Peta
Cerita untuk Menanggapi Bacaan
Kompetensi yang
diharapkan setelah mengikuti pelatihan :
- Pemahaman
literasi dalam Kurikulum Merdeka
- Penerapan ragam
kegiatan membaca untuk meningkatkan pemahaman
- Penerapan
kegiatan berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan membaca
Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi :
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman
- Pintar Kemenag
1. Tugas yang dapat diberikan pendidik untuk mengukur
kemampuan membaca kata adalah...
A. Meminta peserta didik menyebut 30 nama huruf
B. Meminta peserta didik membaca 10 kata dari sebua daftar
C. Meminta peserta didik membaca sebuat daftar berisi 10
suku kata
D. Meminta peserta didik membacakan teks dengan nyaring.
Jawaban: B.
2. Berikut yang bukan lima komponen penting dalam kemampuan
membaca kelas awal, adalah...
A. Cerita pendek
B. Huruf dan suku kata
C. Kata dan paragraf
D. Cerita kompleks
Jawaban: D.
3. Berikut beberapa kegiatan yang dapat pendidik berikan
kepada peserta didik lain saat pendidik melakukan kegiatan membaca terbimbing
pada satu kelompok, kecuali...
A. Memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk melakukan
kegiatan yang mereka minati
B. Memberikan tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan
peserta didik
C. Memberikan kebebesan bagi peserta didik untuk memilih
bacaan yang sesuai dengan kemampuannya.
D. Memberikan tugas mandiri terkait dengan materi yang
sedang diajarkan.
Jawaban: A.
4. Untuk memetakan kemampuan peserta didik di awal tahun,
pendidik harus melakukan...
A. Asesmen sumatif
B. Asesmen akhir
C. Asesmen awal pembelajaran
D. Asesmen formatif saat pembelajaran
Jawaban: C.
5. Tingkat kesulitan dalam asesmen awal dimulai dengan tugas
yang mudah ke tugas yang sulit agar...
A. Pendidik mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik
dalam kegiatan membaca
B. Peserta didik termotivasi untuk mengerjakan tugas
C. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik
D. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan
tugas.
Jawaban: A.
6. Peserta didik yang belum menguasi lingkup materi dapat
diberikan kesempatan untuk...
A. Melanjutkan materi saat ini
B. Mempelajari kompetensi pada tingkat yang lebih tinggi
C. Mempelajari materi yang lebih mudah
D. Mempelajari materi yang lebih sulit.
Jawaban: C.
7. Dalam kegiatan menyebut nama huruf, hal yang perlu
diperhatikan oleh pendidik adalah...
A. Memudahkan pendidik dalam menilai pekerjaan peserta didik
B. Menandai huruf yang dibaca benar dan yang dibaca salah
C. Peserta didik tidak merasa tertekan ketika mengerjakan
tugas
D. Sikap peserta didik dalam menunjuk huruf yang disebutkan.
Jawaban: B.
8. Salah satu langkah dalam memperisapkan asesmen awal
kegiatan membaca adalah...
A. Memetakan kemampuan peserta didik.
B. Mempersiapkan jadwal dan lokasi asesmen
C. Membuat soal tes di luar kemampuan peserta didik.
D. Meminta izin kepada setiap orangtua
Jawaban: B.
9. Asesmen formatif dalam pembelajaran bertujuan untuk...
A. Menentukan nilai di rapor
B. Memberi julukan/label pada siswa
C. Melihat kemajuan belajar dan melakukan pengelompokan
kembali
D. Membantu siswa yang kesulitan
Jawaban: C.
10. Berikut adalah lima komponen penting dalam kemampuan
membaca kelas awal yaitu...
A. Suku kata, kalimat, paragraf, cerita pendek, cerita
kompleks
B. Huruf, suku kata, kata, paragraf, cerita pendek
C. Suku kata, kata, kalimat, cerita pendek, cerita panjang
D. Huruf, kata, paragraf, cerita fiksi, cerita non fiksi
Jawaban: B.
Demikian Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban 3.3 Ragam Kegiatan Membaca - Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman | Pintar Kemenag"
Posting Komentar