Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 7 Lengkap Semester 2
Perangkat pembelajaran adalah komponen penting dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Untuk mata pelajaran Al-Qur'an Hadist kelas 7 semester 2, perangkat ini dirancang untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka (IKM) yang menekankan pada pembelajaran yang fleksibel, berpusat pada siswa, dan berorientasi pada pencapaian kompetensi.
Komponen Perangkat Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas 7
Perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Al-Qur'an
Hadist kelas 7 dirancang agar pembelajaran berjalan efektif, efisien, dan
sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Komponen perangkat ini meliputi beberapa
dokumen penting, yaitu:
1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan
pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan berurutan, mencakup:
- Tujuan
pembelajaran: Menguraikan kemampuan yang harus dicapai siswa dalam
setiap tahap pembelajaran.
- Konten
pembelajaran: Memuat tema atau topik yang relevan, seperti pentingnya
membaca Al-Qur'an, nilai akhlak dalam Hadist, dan ayat-ayat tentang
menuntut ilmu.
- Keterkaitan
antar tujuan: Setiap tujuan pembelajaran dirancang saling mendukung
sehingga membentuk alur yang logis dan terarah.
Contoh ATP untuk semester 2:
- Tujuan
1: Siswa mampu membaca ayat-ayat pilihan Al-Qur'an dengan tajwid yang
benar.
- Tujuan
2: Siswa memahami makna dan nilai-nilai dari Hadist tentang menuntut ilmu.
- Tujuan
3: Siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadist dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Modul Ajar
Modul Ajar (sebelumnya dikenal sebagai RPP) adalah panduan
lengkap bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Modul ajar meliputi:
- Identitas
pelajaran: Nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu
pembelajaran.
- Tujuan
pembelajaran: Disesuaikan dengan ATP.
- Kegiatan
pembelajaran:
- Pendahuluan:
Menarik perhatian siswa dan mengaitkan materi dengan kehidupan
sehari-hari.
- Inti:
Penjelasan materi, diskusi, dan kegiatan siswa (praktik membaca
Al-Qur'an, analisis Hadist, dll.).
- Penutup:
Refleksi dan penguatan materi.
- Asesmen
dan evaluasi: Cara mengukur pencapaian siswa.
3. Program Semester (Prosem)
Program Semester adalah rencana kegiatan pembelajaran untuk
satu semester, yang memuat:
- Pembagian
waktu untuk setiap tema atau subtema.
- Jadwal
penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir
semester (PAS).
- Penyesuaian
waktu untuk kegiatan sekolah lainnya, seperti hari besar Islam atau acara
keagamaan.
4. Program Tahunan (Prota)
Program Tahunan adalah perencanaan jangka panjang untuk satu
tahun ajaran, yang mencakup:
- Rincian
alokasi waktu untuk setiap semester.
- Gambaran
umum materi yang akan diajarkan sepanjang tahun.
- Penyelarasan
dengan kalender akademik sekolah.
5. Bahan Ajar
Bahan ajar adalah materi pendukung yang digunakan untuk
menyampaikan pembelajaran. Untuk Al-Qur'an Hadist, bahan ajar meliputi:
- Buku
teks: Buku pegangan siswa dan guru.
- Teks
ayat Al-Qur'an dan Hadist: Pilihan ayat dan Hadist yang relevan dengan
tema pembelajaran.
- Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD): Berisi latihan soal, analisis, dan tugas
yang mendorong pemahaman siswa.
6. Media Pembelajaran
Media pembelajaran membantu menyampaikan materi secara
menarik dan interaktif. Media yang digunakan dapat berupa:
- Digital:
Video pembelajaran, aplikasi Al-Qur'an digital, atau presentasi
interaktif.
- Fisik:
Poster ayat-ayat Al-Qur'an, kartu Hadist, atau alat peraga lainnya.
- Lingkungan
sekitar: Menggunakan masjid sekolah atau ruang khusus untuk praktik
membaca Al-Qur'an.
7. Penilaian
Penilaian dilakukan untuk mengukur pencapaian siswa, baik
secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Jenis-jenis penilaian meliputi:
- Penilaian
Sikap: Observasi terhadap perilaku dan akhlak siswa, seperti
kesungguhan dalam membaca Al-Qur'an.
- Penilaian
Pengetahuan: Tes tertulis atau lisan untuk mengukur pemahaman siswa
terhadap materi Al-Qur'an dan Hadist.
- Penilaian
Keterampilan: Praktik membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar atau
hafalan Hadist.
Strategi Pembelajaran dalam IKM
Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran Al-Qur'an Hadist lebih
menekankan pada pendekatan berbasis proyek dan pemecahan masalah. Guru dapat
menerapkan strategi seperti:
- Proyek
Mini: Membuat karya tulis atau video tentang nilai-nilai akhlak dalam
Hadist.
- Diskusi
Kelompok: Membahas makna ayat Al-Qur'an tentang pentingnya menuntut
ilmu.
- Praktik
Langsung: Membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan dari perangkat ini adalah membantu siswa untuk:
- Memahami
dan mengamalkan isi Al-Qur'an dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan
keterampilan membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.
- Menanamkan nilai-nilai akhlak mulia yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadist.
Download Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 7 Semester 2
Perangkat pembelajaran ini disusun untuk memfasilitasi guru
dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Dengan
adanya komponen yang lengkap, pembelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas 7 semester
2 diharapkan dapat berlangsung secara terarah, menyenangkan, dan mampu
membentuk siswa yang berkarakter Islami.
Jika Anda memerlukan perangkat pembelajaran dalam bentuk
dokumen atau file. Silahkan unduh pada tautan berikut ini:
Posting Komentar untuk "Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 7 Lengkap Semester 2"
Posting Komentar