Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 9 Lengkap Semester 2

Modul Ajar IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 9 Semester 2

Perangkat pembelajaran adalah komponen penting dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Untuk mata pelajaran Al-Qur'an Hadist kelas 9 semester 2, perangkat ini dirancang untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka (IKM) yang menekankan pada pembelajaran yang fleksibel, berpusat pada siswa, dan berorientasi pada pencapaian kompetensi.

Komponen Perangkat Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas 9

Perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Al-Qur'an Hadist kelas 9 dirancang agar pembelajaran berjalan efektif, efisien, dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Komponen perangkat ini meliputi beberapa dokumen penting, yaitu:

1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan berurutan, mencakup:

  • Tujuan pembelajaran: Menguraikan kemampuan yang harus dicapai siswa dalam setiap tahap pembelajaran.
  • Konten pembelajaran: Memuat tema atau topik yang relevan, seperti pentingnya membaca Al-Qur'an, nilai akhlak dalam Hadist, dan ayat-ayat tentang menuntut ilmu.
  • Keterkaitan antar tujuan: Setiap tujuan pembelajaran dirancang saling mendukung sehingga membentuk alur yang logis dan terarah.

Contoh ATP untuk semester 2:

  • Tujuan 1: Siswa mampu membaca ayat-ayat pilihan Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.
  • Tujuan 2: Siswa memahami makna dan nilai-nilai dari Hadist tentang menuntut ilmu.
  • Tujuan 3: Siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari.

2. Modul Ajar

Modul Ajar (sebelumnya dikenal sebagai RPP) adalah panduan lengkap bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Modul ajar meliputi:

  • Identitas pelajaran: Nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu pembelajaran.
  • Tujuan pembelajaran: Disesuaikan dengan ATP.
  • Kegiatan pembelajaran:
    • Pendahuluan: Menarik perhatian siswa dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari.
    • Inti: Penjelasan materi, diskusi, dan kegiatan siswa (praktik membaca Al-Qur'an, analisis Hadist, dll.).
    • Penutup: Refleksi dan penguatan materi.
  • Asesmen dan evaluasi: Cara mengukur pencapaian siswa.

3. Program Semester (Prosem)

Program Semester adalah rencana kegiatan pembelajaran untuk satu semester, yang memuat:

  • Pembagian waktu untuk setiap tema atau subtema.
  • Jadwal penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS).
  • Penyesuaian waktu untuk kegiatan sekolah lainnya, seperti hari besar Islam atau acara keagamaan.

4. Program Tahunan (Prota)

Program Tahunan adalah perencanaan jangka panjang untuk satu tahun ajaran, yang mencakup:

  • Rincian alokasi waktu untuk setiap semester.
  • Gambaran umum materi yang akan diajarkan sepanjang tahun.
  • Penyelarasan dengan kalender akademik sekolah.

5. Bahan Ajar

Bahan ajar adalah materi pendukung yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran. Untuk Al-Qur'an Hadist, bahan ajar meliputi:

  • Buku teks: Buku pegangan siswa dan guru.
  • Teks ayat Al-Qur'an dan Hadist: Pilihan ayat dan Hadist yang relevan dengan tema pembelajaran.
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Berisi latihan soal, analisis, dan tugas yang mendorong pemahaman siswa.

6. Media Pembelajaran

Media pembelajaran membantu menyampaikan materi secara menarik dan interaktif. Media yang digunakan dapat berupa:

  • Digital: Video pembelajaran, aplikasi Al-Qur'an digital, atau presentasi interaktif.
  • Fisik: Poster ayat-ayat Al-Qur'an, kartu Hadist, atau alat peraga lainnya.
  • Lingkungan sekitar: Menggunakan masjid sekolah atau ruang khusus untuk praktik membaca Al-Qur'an.

7. Penilaian

Penilaian dilakukan untuk mengukur pencapaian siswa, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Jenis-jenis penilaian meliputi:

  • Penilaian Sikap: Observasi terhadap perilaku dan akhlak siswa, seperti kesungguhan dalam membaca Al-Qur'an.
  • Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis atau lisan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi Al-Qur'an dan Hadist.
  • Penilaian Keterampilan: Praktik membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar atau hafalan Hadist.

Strategi Pembelajaran dalam IKM

Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran Al-Qur'an Hadist lebih menekankan pada pendekatan berbasis proyek dan pemecahan masalah. Guru dapat menerapkan strategi seperti:

  • Proyek Mini: Membuat karya tulis atau video tentang nilai-nilai akhlak dalam Hadist.
  • Diskusi Kelompok: Membahas makna ayat Al-Qur'an tentang pentingnya menuntut ilmu.
  • Praktik Langsung: Membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan dari perangkat ini adalah membantu siswa untuk:

  1. Memahami dan mengamalkan isi Al-Qur'an dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengembangkan keterampilan membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar.
  3. Menanamkan nilai-nilai akhlak mulia yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadist.

Download Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 9 Semester 2

Perangkat pembelajaran ini disusun untuk memfasilitasi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Dengan adanya komponen yang lengkap, pembelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas 9 semester 2 diharapkan dapat berlangsung secara terarah, menyenangkan, dan mampu membentuk siswa yang berkarakter Islami.

Jika Anda memerlukan perangkat pembelajaran dalam bentuk dokumen atau file. Silahkan unduh pada tautan berikut ini:


Cara Download

Untuk langkah-langkah download file Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 9 Lengkap Semester 2, ikuti cara berikut ini :
1. Klik link tautan download
2. Setelah muncul tampilan tab baru (Safelink), klik 2x tautan pada kotak berikut ini

3. Kemudian tunggu 10/9 detik lalu akan diarahkan pada link tautan file

4. Klik tautan GET LINK ACCES
4. Done tinggal unduh file

Posting Komentar untuk "Perangkat IKM Al-Qur'an Hadist Kelas 9 Lengkap Semester 2"