Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengajarkan Hal Sederhana namun Memberikan Manfaat Besar bagi Mereka

Ketika saya mengajarkan siswa kelas 9 tentang materi seni kriya. Saya mencoba mengajarkan mereka dengan bahan dan alat yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan mereka tanpa banyak membutuhkan uang untuk membeli. 

Pada minggu pertama saya ajarkan bagaimana membuat kipas dari kertas bekas kalender, kalau tidak ada kertas bekas kalender mereka bisa menggunakan kertas kado, selain kertas disiapkan bambu yang dibelah dan diiris-iris ukuran 1 cm x 22 cm sebanyak 12 buah. 

Dokumen Pribadi

Saya rasa bambu sangat mudah didapatkan apalagi siswa saya rata-rata berasal dari kampung pedesaan yang orang tuanya berprofesi petani, pedagang, buruh, tukang bahkan ada yang menjadi pengojek. 

Dari latar belakang siswa tersebut saya sering mengajarkan mereka seni kriya atau keterampilan dari bahan bekas atau bahan murah mereka beli. 

Ketika saya ajarkan bagaimana membuat kipas mereka sangat bersemangat, senang dan mereka ingin mengembangkan dengan bahan lain seperti kain atau sejenisnya. 

Dokumen Pribadi 

Begitu selesai dan karya jadi mereka langsung menggunakan karya masing-masing setiap hari karna kebetulan sekarang ini sedang musim panas. Jadi mereka bisa membuat dan tidak membeli kipas yang jadi dipasaran. 

Dokumen Pribadi 

Sedangkan pada minggu berikutnya saya ajarkan cara membuat tas lagi-lagi dari kertas kado, mereka pun tak kalah antusias dari praktek sebelumnya, diantara mereka mengatakan ingin buat banyak-banyak lalu dijual. 

Dokumen Pribadi

Dari kedua materi saya ajarkan diatas ini merupakan hal sederhana bagi kita namun akan sangat membawa manfaat bagi siswa kelak ketika tidak lagi menjadi pelajar. Mereka bisa berwirausaha secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mungkin sekarang tidak dirasakan manfaatnya tapi saya yakin kedepan pasti akan terasa. 

Itulah sekelumit pengalaman saya mengajar seni budaya di MTsN 1 Lombok Barat tempat ditugaskan sejak 2009 yang silam. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi sahabat blog ruslanwahid.

Posting Komentar untuk "Mengajarkan Hal Sederhana namun Memberikan Manfaat Besar bagi Mereka"