Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MTsN 3 Mataram Gandeng KPU Kota Mataram Dalam Pemilihan Ketua OSIM

MTsN 3 Mataram yang berlokasi di jalan lingkar nomor 191 Jempong Baru Kecamatan  Sekarbela Kota Mataram Nusa Tenggara Barat menggelar pemilihan umum calon ketua dan wakil ketua osim masa bakti 2019-2020 secara langsung pada Kamis (15/8/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan selayaknya pemilukada dengan Luber (langsung umum bebas rahasia) didampingi pihak KPU Kota Mataram Sopan Sopian Hadi mulai dari persiapan, pembentukan panitia Komisi Pemilihan Osim (KPO), pendaftaran calon,  sosialisasi tata cara pencoblosan, pencetakan surat suara, penyampaian visi misi hingga pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara.
Ssebagaimana diketahui pemilu umum Osim tahun 2019 kali ini diikuti oleh 4 pasangan calon yaitu pasangan calon urut 1 adalah Azelia Uci Dwiartanti Syarif dan Fadel Rahman, calon urut nomor 2 yakni Zaki Akhmad Azril dengan Tara Amelya Aufa, urut nomor 3 atas nama Anggun Frasetya Ramdhani berpasangan dengan Lalu Muhammad Sakit Taqwa dan urut pasangan nomor 4 adalah Baik Italia Ayu Utami dengan Deswita Maulana Putri.
Pada pelaksanaan pencoblosan dibagi menjadi 3 tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing TPS terdiri dari 200 orang daftar pemilih tetap dari siswa-siswa, guru-guru dan karyawan. Setiap TPS mempunyai 2 bilik suara dan 1 Kota suara yang mana bilik dan kotak suara tersebut didatangkan dari kantor KPU Mataram. Selain itu anggota tiap TPS diatur seperti TPS pada saat Pilpres atau Pemilukada, dengan anggota 7 orang KPPS, masing-masing anggota berperan sebagai ketua KPPS, penerimaan dan pengecekan peserta pemilih, bagian tinta, mengarahkan peserta ke bilik dan kotak suara serta pengamanan TPS. 
Sebagai tanda pencoblosan surat suara dimulai pada pukul 08.00 WITA pagi pelaksanaan pencoblosan diawali oleh Waka Kesiswaan Lalu Junaidi, kemudian secara berturut-turut oleh guru, karyawan TU dan siswa-siswa, dilayani secara tertib dan teratur oleh anggota KPPS yang bertugas menerima dan mencentang nama yang terdaftar dalam DPT dibantu oleh bagian Linmas.
H. Suparman mengungkapkan bahwa proses pemilihan umum Osim ini adalah merupakan salah satu bentuk edukasi tentang berdemokrasi agar kedepan siswa sebagai generasi muda masa depan terbiasa menyampaikan  hak pilihannya pada pesta demokrasi pemilukada bupati, pemilu gubernur, Pilpres maupun pemilu legislatif. Ia mengakui bahwa cara berdemokrasi seperti ini tidak pernah didapatkan dari guru-guru dalam kelas namun langsung dipraktikkan secara terbuka apalagi dipandu oleh pihak KPU Kota Mataram. 
"Tidak semua madrasah dapat difasilitasi oleh KPU Kota Mataram, alhamdulillah MTsN 3 Mataram mendapatkan perhatian penuh maka kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya dan berterima kasih atas dukungan KPU Kota Mataram, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan", ungkap  Suparman.
Setelah dilakukan rekapituasi penghitungan surat suara dari 3 (tiga) TPS maka dimenangkan oleh pasangan urut 3 yakni Anggun Frasetya Ramdhani dengan Lalu Muhammad Sakit Taqwa dengan perolehan 298 suara mengungguli 3 pasang calon lainnya calon urut 1 hanya mendapat 36 suara, urut 2 mendapat 172 suara dan nomor urut 4 hanya memperoleh 48 suara. Dengan terpilihnya pengurus Osim periode 2019-2020 diharapkan mampu mengakomodir anggota lainnya untuk bersama-sama menjalankan program-program yang direncanakan demi kemajuan madrasah. Amin (@ruslanwahid)

Posting Komentar untuk "MTsN 3 Mataram Gandeng KPU Kota Mataram Dalam Pemilihan Ketua OSIM"