Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Workshop E-Learning Kementerian Agama Bagi Guru Madrasah

Melihat situasi sekarang ini dengan merebak pandemi penyebaran virus corona di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia dan berdampak pada dunia pendidikan sehingga pemerintah Indonesia mengeluarkan edaran untuk berdiam diri dalam rumah. Dalam arti sekolah maupun madrasah diliburkan selama 14 hari sehingga pembelajaran harus dilakukan dirumah pula dengan cara daring.

Pada guru-guru diminta untuk melakukan pembelajaran kepada siswa secara online melalui medsos seperti WA, Telegram, Facebook. Bahkan ada juga menggunakan fasilitas class room berbasis daring dan gratis seperti google classroom, aplikasi ruangguru, dan kanal-kwnal pembelajaran daring lainnya.

Atas dasar tersebut Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI melalui kanal pelatihan daring edutech.madrasah.id membuka workshop E-learning bagi guru-guru madrasah baik madrasah negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. 
Kementerian Agama RI
edutech.madrasah.id

Workshop E-Learning Kementerian Agama Bagi Guru Madrasah 


Sebagaimana dilansir pada laman edutech.madrasah.id dijelaskan bahwa untuk mewujudkan Digitalisasi Madrasah Menyongsong Revolusi Industri 4.0, Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia menerapkan penggunaan e-Learning Madrasah dalam pembelajaran. 

Saat ini, sudah lebih dari ribuan madrasah dengan puluhan ribu guru dan siswa yang telah menggunakan e-learning madrasah. Dalam E-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat.

Selain siswa siswi, terdapat lima user lain yang dapat mengakses e–Learning Madrasah yaitu untuk Operator Madrasah, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling, wali kelas dan kepala madrasah. Masing-masing memiliki user sendiri untuk masuk ke dalam aplikasi e-Learning Madrasah, kapanpun dan dimanapun.

Maka pada Workshop ini peserta akan praktik menggunakan akun sebagai guru mata pelajaran, dimana nanti kita akan belajar banyak fitur dalam kegiatan proses pembelajaran. Dimulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Peserta Workshop dan Waktu Pelaksanaan


Adapun peserta pada workshop ini adalah guru-guru Madrasah di Indonesia yang belum melakukan pelatihan maupun yang belum melakukan instalasi aplikasi di Madrasahnya. Diharapkan dengan pelatihan ini, guru dapat langsung mengimplementasikan secara cepat jika Madrasahnya sudah siap dari infrastrukturnya.

Workshop ini dilaksanakan mulai pada Sabtu tanggal 28 Maret 2020 mendatang dan berakhir hingga kegiatan selesai. Hingga artikel ini ditulis sudah 300 orang mendaftar dan sisa kuota 220 orang.

Cara Mendaftar 


Bagi sahabat guru-guru yang ingin mengikuti kegiatan workshop E-Learning Kementerian Agama Bagi Guru Madrasah secara daring ini Anda bisa melakukan pendaftaran pada link di bawah ini;

Setelah anda klik link diatas maka diarahkan kepada website edutech.madrasah.id lalu klik Daftar seperti gambar di bawah ini 
edutech.madrasah.id

Kalau anda sudah memiliki akun langsung saja untuk melakukan login. Bila belum memiliki akun silahkan isi sesuai form yang diminta mulai dari Nama, Kategori (pekerjaan seperti guru, dosen dll), Jenjang (sekolah contoh MTs, SMP dst), Nama Instansi/Sekolah, No. Telp/Handphone, email aktif, membuat Password dan konfirmasi password yang telah dibuat. Terakhir klik Submit. 
Kementerian Agama RI, edutech.madrasah.id

Setelah selesai melakukan pendaftaran anda akan mendapat kode registrasi dan silahkan login dengan akun yang anda buat. Dan tunggu konfirmasi pendaftaran anda dari admin. Setelah pendaftaran anda sudah termonfirmasi maka Anda bisa unduh tiket sebagai bukti keikutsertaan anda dalam workshop. 

Demikian informasi tentang pendaftaran workshop E-Learning Kementerian Agama Bagi Guru Madrasah yang dapat kami sampaikan bagi sahabat guru di Nusantara. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda. Bila informasi ini penting jangan lupa untuk share....

Sumber : http://edutech.madrasah.id

Posting Komentar untuk "Workshop E-Learning Kementerian Agama Bagi Guru Madrasah"