Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PAT Qur'an Hadist Kelas 9 Lengkap dengan Jawabannya

Ujian
sumber : 
darunnajah.com

Halo para pembaca setia, apakah kalian sedang mencari contoh soal Ujian Akhir Semester (PAT) untuk mata pelajaran Qur'an dan Hadits kelas 9 yang lengkap beserta kunci jawabannya? Jika iya, kalian berada di tempat yang tepat! Dalam blog post kali ini, saya akan membagikan berbagai contoh soal PAT Qur'an dan Hadits kelas 9 yang lengkap dengan kunci jawabannya. Dengan adanya contoh soal ini, diharapkan dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester. Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dan meningkatkan pemahaman kalian terhadap materi yang akan diujikan. Yuk, kita mulai belajar bersama-sama!

A. Pilihan Ganda

1. Kata Gharib / Gharibah merupakan bentuk tunggal dari kata gharaib. berikut yang tidak termasuk arti dari kata gharib secara bahasa adalah…

a. Baik
b. Asing
c. Samar
d. Tersembunyi

2. Setelah bacaan imalah diwaqafkan atau berhenti di kata tersebut. Kata yang termasuk ke dalam bacaan imalah tersebut adalah semua lafaz al- Qur’an yang akhirannya terdapat maqsurah (alif bengkong). Pendapat ini dikemukakan oleh Imam Warasy. Berdasarkan uraian tersebut bacaan yang dimaksud adalah bacaan imalah….

a. Sugra
b. Kubra
c. Imam Hasyim
d. Imam Hafs

3. Perhatikan QS. Hud ayat 41 berikut!

وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَاۗ اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Pada ayat tersebut terdapat bacaan imalah yang tetap diwasalkan atau tidak berhenti. Menurut Imam Hafs, bacaan imalah tersebut hanya terdapat pada satu tempat yaitu pada QS. Hud ayat 41.

Berdasarkan uraian di atas, lafaz yang merupakan bacaan imalah adalah…

a. مَجْرٰ۪ىهَا
b. رَّحِيْمٌ
c. وَمُرْسٰىهَاۗ
d. ارْكَبُوْا

4. Perhatikan QS. ‘Abasa ayat 1-6 berikut!

عَبَسَ وَتَوَلّٰىٓۙ (1) اَنْ جَاۤءَهُ الْاَعْمٰىۗ (2) وَمَا يُدْرِيْكَ لَعَلَّهٗ يَزَّكّٰىٓۙ (3) اَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرٰىۗ (4) اَمَّا مَنِ اسْتَغْنٰىۙ (5) فَاَنْتَ لَهٗ تَصَدّٰىۗ (6

Ayat di atas menurut imam warasy di baca dengan bacaan imalah. Berikut ini urutan cara baca imalah yang benar pada lafaz yang digaris bawahi adalah…

a. Tawalla – Yazzakke – Azzikre – Istaghne
b. Tawalle – Yazzakka – Azzikra – Istaghne
c. Tawalla- Yazzakka – Azzikra – Istaghna
d. Tawalle – Yazzakke – Azzikre – Istaghne

5. Mencampurkan suara fathah dan damah pada sukun dengan memoncongkan kedua bibir atau mengangkat dua bibir isyarat damah tanpa disertai suara. Menurut Imam Hafs, bacaan tersebut hanya ada satu tmpat di dalam al-Qur’an, yaitu dalam QS. Yusuf ayat 11. Berdasarkan uraian tersebut bacaan yang dimaksud adalah…

a. Tashil
b. Imalah
c. Isymam
d. Qasr

6. Memindahkan harakat alif fathah pada huruf ‘ain yang mati adalah cara membaca bacaan…

a. Tashil
b. Imalah
c. Naql
d. Isymam


Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!

Qasr memiliki arti memendekkan bacaan AL-Qur’an yang semula dipanjangkan. Qasr dibedakan menjadi dua, yang pertama sifrun mustadir yaitu tanda lingkaran (O) yang tertulis pada lafaz yang di-qasr-kan cara membacanya tidak panjang baik ketika washal maupun waqaf, dan yang kedua sifrun mustatil yiatu tanda oval (0) yang tertulis di atas lafaz yang di-qasr-kan cara membacanya pendek ketika washal dan Panjang ketika waqaf.

7. يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَخِيْهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ pada ayat tersebut lafaz yang bergaris bawah termasuk bacaan..

a. Mad / qasr
b. Sifrun mustadir
c. Sifrun mustaqir
d. Sifrun mustatir

8. Berdasarkan bacaan di atas persamaan antara sifrun mustadir dan sifrun mustatir terletak pada…

a. Cara baca ketika waqaf
b. Tanda bacanya
c. cara baca ketika washal
d. bentuk tanda bacanya

9. Perhatikan QS. Fussilat ayat 44 berikut!

…وَلَوْ جَعَلْنٰهُ قُرْاٰنًا اَعْجَمِيًّا لَّقَالُوْا لَوْلَا فُصِّلَتْ اٰيٰتُهٗ ۗ ءَاَ۬عْجَمِيٌّ وَّعَرَبِيٌّ ۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هُدًى وَّشِفَاۤءٌ

Lafaz yang bergaris bawah mengandung hukum bacaan…

a. Saktah
b. Naql
c. Isymam
d. Tashil

10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Di tengah-tengah antara huruf hamzah dan huruf ha, sehingga lafal yang keluar tidak seperti hamzah tidak seperti hamzah tidak juga seperti ha
2) Memindahkan huruf hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang
3) Mencampurkan damah pada sukun dengan memonconkan bibir
4) Mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya

Dari pernyataan di atas yang menjelaskan bacaan tashil adalah…

a. (3)
b. (2)
c. (4)
d. (1)

11. Perhatikan tabel berikut!

1.

Tashil

A

مَجْرٰ۪ىهَا

2.

Imalah

B

بِئْسَ الإِسْمُ

3.

Naql

C

لَا تَأْمَنَّا

4.

 

Isymam

D

ءَاَ۬عْجَمِيٌّ



a. 1 dan B
b. 2 dan D
c. 3 dan A
d. 4 dan C

12. Pada kata بِئْسَ الإِسْمُ harus menerapkan hukum bacaan naql, yaitu…

a. Membaca antara hamzah dan alif apabila ada dua hamzah qatha’ bertemu dan berurutan dalam satu kata
b. Memiringkan fathah kepada kasrah atau memiringkan alif kepada ya
c. Meencampurkan damah pada sukun dengan memonyongkan bibir
d. Memindahkan harakat ke huruf sebelumnya

13. Menurut Dr. Mahadi Ghulsyani,salah satu ciri yang membedakan islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhaadap masalah .....

a. Ibadah
b. Akida
c. Ilmu/sains
d. Muamalah

14. Farah dan Nayra adalah dua sahabat yang saling mensupport setiap kegiatan yang positif, terutama saat belajar. Suatu saat mereka menghafalkan QS. ‘Abasa (80): 1-10, ketika farah membaca ayat اَمَّا مَنِ اسۡتَغۡنٰى Nayra lalu melanjutkannya…

a. اَوۡ يَذَّكَّرُ فَتَنۡفَعَهُ الذِّكۡرٰىؕ
b. فَاَنۡتَ لَهٗ تَصَدّٰىؕ
c. وَمَا عَلَيۡكَ اَلَّا يَزَّكّٰٓى
d. وَاَمَّا مَنۡ جَآءَكَ يَسۡعٰى

15. Saat Nabi Saw. sedang menjelaskan tentang Islam kepada para pemuka Quraisy, datang Abadullah bin Ummi Maktum dan menyela pembicaraan Nabi Saw. Hal ini dimaklumi karena Abdullah bin Ummi Maktum adalah seseorang yang buta dan fakir. Hal ini digambarkan dalam ayat…

a. فَاَنۡتَ لَهٗ تَصَدّٰىؕ
b. اَمَّا مَنِ اسۡتَغۡنٰى
c. وَمَا عَلَيۡكَ اَلَّا يَزَّكّٰٓى
d. وَاَمَّا مَنۡ جَآءَكَ يَسۡعٰى

16. Perhatikan QS. ‘Abasa ayat 1-10 berikut!

عَبَسَ وَتَوَلّٰىٓۙ (1) اَنْ جَاۤءَهُ الْاَعْمٰىۗ (2) وَمَا يُدْرِيْكَ لَعَلَّهٗ يَزَّكّٰىٓۙ (3) اَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرٰىۗ (4) اَمَّا مَنِ اسْتَغْنٰىۙ (5) فَاَنْتَ لَهٗ تَصَدّٰىۗ (6) وَمَا عَلَيْكَ أَلَّا يَزَّكَّىٰ (7) وَأَمَّا مَن جَآءَكَ يَسْعَىٰ (8) وَهُوَ يَخْشَىٰ (9) فَأَنتَ عَنْهُ تَلَهَّىٰ (10

Isi kandungan yang sesuai dengan ayat tersebut adalah…

a. Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan derajatnya
b. Perintah untuk melapangkan tempat bagi pencari ilmu
c. Allah mengetahui secara detail apa yang dilakukan manusia
d. Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

17. Sofyan kesulitan dalam mengerjakan PR. Sofyan meminta bantuan Hanif. Hanif dengan senang hati membantunya. Perilaku Hanif mencerminkan…

a. Kesederhanaan
b. Kedewasaan
c. Kepedulian
d. Kepintaran

18. Selalu mengawali dengan niat baik, berusaha dengan sungguh-sungguh, menguasai ilmu sepenuhnya, bukan setengah-setengah, mengajarkan pada orang lain agar ilmu menjadi berkah. Uraian tersebut merupakan…

a. Syarat menuntut ilmu
b. Adab menuntut ilmu
c. Manfaat menuntut ilmu
d. Hikmah menuntut ilmu



19. Orang yang bermuka masam yang disebutkan dalam QS. ‘Abasa adalah…

a. Nabi Yusuf as.
b. Nabi Musa as.
c. Nabi Muhammad saw.
d. Nabi Zakaria as.

20. Sikap yang harus ditunjukkan ketika telah mendapatkan banyak ilmu adalah…

a. Memurajaah
b. Menelaah
c. Mengajarkan
d. Menyimpan

21. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Ikhlas mengajarkan ilmu kepada orang lain
2) Mencampurkan perasaan tidak suka terhadap orang yang diajarkan ilmu
3) Menjaga amanah dengan menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulai.
4) Berlatih mengambil keputusan di antara dua perkara dan mengambil yang paling banyak mengandung mudharat.

Dari pernyataan di atas yang bukan termasuk pengamalan QS. ‘Abasa ayat 1-10 adalah…

a) 1 dan 4
b) 1 dan 3
c) 2 dan 4
d) 2 dan 3

22. Perhatikan QS. Al-Mujadalah ayat 11 berikut!

اَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Isi kandungan yang sesuai dengan ayat di atas adalah…

a. Peringatan agar memperhatikan orang yang akan menuntut ilmu
b. Orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan derajatnya
c. Peringatan agar tidak membeda-bedakan antara si kaya dan si miskin
d. Perintah kepada guru memberikan penghargaan dan pelayanan yang sama

23. Dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 terdapat lafal فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ terjemahan yang tepat pada ayat tersebut adalah…

a. Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis
b. Dan apabila dikatakann, “beerdirilah kamu” maka berdirilah
c. Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman
d. Maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan kepadaamu

24. Diantara syarat bagi pencari ilmu adalah sikap pantang menyerah agar mendapatkan ilmu yang diinginkan, yang bermanfaat. Dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 dijelaskan dua syarat kesuksesan hidup adalah…

a. Harta kekayaan dan kesempatan yang cukup
b. Tekad yang kuat dan waktu yang banyak
c. Iman yang kuat dan ilmu yang bermanfaat
d. Guru dan fasilitas yang memadai

25. Untuk meraih kebahagiaan dalam mnuntut ilmu diperlukan

1. Mental yang kuat
2. Mental yang lemah
3. Pribadi pantang menyerah
4. Batasan usia
5. Iman dan ilmu

Jawaban yang tepat adalah…

a. 3 – 2 – 4
b. 5 – 3 – 2
c. 1 – 4 – 5
d. 1 – 3 – 5

26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Menghormati dan menghargai guru
2) Rendah hati dan berlapang dada ketika belajar dengan orang yang lebih muda
3) Gaduh saat pelajaran berlangsung
4) Sungguh dan rajin dalam belajar
5) Mengutamakan belajar sendiri daripada diskusi dengan teeman

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan adab-adab menuntut ilmu adalah…

a. 1 dan 5
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 5

27. Segeralah berdiri untuk melakukan salat dan kebaikan-kebaikan yang lain merupakan makna dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 pada lafaz…

a. Insyuzu
b. Tawassa’u
c. Tafassahu
d. Khabir

28. Dibawah ini yang bukan termasuk hikmah surah Al-Mujadalah ayat 11 adalah….

a. Menjaga ukhuwah Islamiah antarumat Islam
b. Menumbuhkan rasa empati untuk membantu sesame
c. Merasa puas dengan ilmu yang dimiliki
d. Memahami bahwa memiliki ilmu bisa bermanfaat untuk orang lain.

29. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad Saw. keutamaan orang yang berilmu (yang mengamalkan ilmunya) atas ahli ibadah diibaratkan seprti…

a. Utamanya bulan di malah hari atas semua bintang-bintang
b. Utamanya matahari di siang hari
c. Utamanya air laut untuk makhluk hidup di dalamnya
d. Utamanya air mata air untuk kehidupan mahkluk hidup di darat

30. Ali bin Abi Thalib adalah seorang sahabat dan juga menantu Nabi Muhammad SAW karena kecerdasannya, ada pujian yang mengatakan bahwa “ Nabi adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya”. Ali juga pernah menjadi dewan penasihat khalifah Umar bin Khattab dan khalifah Utsman bin ‘Affan. Beliu banyak memberikan sumbang saran dan pemikiran demi kemajuan ummat Islam.

Perilaku Ali bin Abi Thalib adalah kebutuhan manusia terhadap…

a. Pujian orang lain
b. Ilmu pengetahuan
c. Eksistensi diri
d. Kepercayaan diri

31. Berkaitan dengan ilmu,Allah SWT.menjanjikan akan memberi kemudahan jalan menuju surga bagi orang yang .....

a. Mempromosikan ilmunya
b. Tidak mengkomersilkan ilmunya
c. Memiliki banyak ilmu
d. Mau berusaha menuntut ilmu

32. Seorang siswa jika ingin mendapat ilmu dengan baik maka ia harus mempunyai semangat untuk menuntut ilmu berikut yang termasuk sikap semangat mencari ilmu adalah.....

a. Membayar agar diterima di sekolah unggulan
b. Meminta orang tua untuk membelikan motor untuk sekolah
c. Belajar semalaman suntuk ketika akan ujian
d. Membaca buku di perpustakaan pada waktu luang



Perhatikan hadis berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!

عَنْ ابِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ الّٰلهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ الّٰلهِ صَلَّى الّٰلهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا،سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda, “ Siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memberikan kepadanya kemudahan jalan menuju surga.

33. Hadis tersebut diriwayatkan oleh….

a. Ibnu Majah dari Shafwan bin ‘Assal al-Muradi
b. Muslim dari Abu Hurairah
c. Bukhari dan Muslim
d. Muslim dari Mustaurid

34. Terjemahan lafaz yang digaris bawahi adalah…

a. Menempuh
b. Mencari
c. Jalan
d. Kemudahan

35. Perhatikan potongan hadis riwayat Ibnu Majah dari Shafwan bin ‘Assal al-Muradi berikut!

عَنْ صَفْوَانَ بْنَ عَسَّالٍ الْمُرَادِيَّ فَقَالَ مَا..... قُلْتُ جِئْتُ اُطْلُبُ الْعِلْمَ

Lafaz yang tepat untuk melengkapi potongan hadits yang rumpang tersebut adalah…

a. خَارِجٍ
b. فَإِنِّيْ
c. جَاءَ بِكَ
d. بَيْتِهِ

Perhatikan potongan hadis riwayat Ibnu Majah dari Shafwan bin ‘Assal al-Muradi berikut untuk menjawab soal nomor 36 dan 37

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْ خَارِجٍ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ إِلَّا وَضَعَتْ لَهُ الْمَلَائِكَةُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا بِمَا يَصْنَعُ

36. Pernyataan yang tepat sesuai hadis tersebut adalah…
a. Mendapat kemudahan menuju jalan surga
b. Mendapat kemudahan di dunia dan akhirat
c. Ditinggikan derajatnya bersama orang-orang yang beriman
d. Malaikat meletakkan sayap untuk orang yang menuntut ilmu

37. Arti dari lafaz yang digaris bawahi pada hadis tersebut adalah…

a. Meletakkan/mengepakkan
b. Sayap-sayapnya
c. Malaikat
d. Senang

38. Ali bin Abi Thalib berkata, “sesungguhnya yang disebut orang alim adalah orang yang beramal dengan ilmunya dan ilmunya sesuai dengan amalnya.” Jika orang berilmu tidak mengamalkan ilmunya, dia tetap dianggap…

a. Kafir
b. Bodoh
c. Munafik
d. Musyrik

39. Imam malik pernah berpesan kepada para penuntut ilmu bahwa seseorang tidak akan memperoleh ilmu hingga bersiap untuk dihantam oleh kefakiran dan mau memprioritaskan pencarian ilmu dari yang lainnya. Artinya, jika telah bersiap diri untuk menjadi pencinta ilmu, harus bersiap diri menjadi…

a. Fakir miskin
b. Orang yang tidak berguna
c. Fakir harta
d. Fakir ilmu

40. Yakin dengan kemampuan sendiri, menghadapi tantangan dengan berani, tidak takut gagal, menerima prubahan, menjaga Kesehatan pribadi, mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah dan melakukan sebuah Tindakan yang nyata. Pernyataa-pernyataan tersebut merupakan…

a. Ciri-ciri orang yang pantang menyerah
b. Implementasi hadis menuntut ilmu
c. Cara-cara membentuk karakter pantang menyerah
d. Perilaku yang mencerminkan orang berilmu

B. Pilihan Ganda Kompleks

41. Memanjangkan bacaan karena ada huruf alif didahului huruf berharakat fathah, wau sukun didahului huruf berharakat damah, dan ya sukun didahului huruf berharakat kasrah dengan panjang dua harakat atau satu alif merupakan pengertian dari hukum bacaan…

a. Mad asli
b. Mad layyin
c. Mad tabi’i
d. Mad arid lissukun

42. Menurut Thahir bin Asyur teguran Allah Swt. dalam QS. ‘Abasa ayat 6-10 merupakan ta’limiyah atau Pendidikan terhadap Nabi Muhammad Saw. untuk menghadapi dua situasi yang berbeda. Dua situasi yang dimaksud adalah…

a. Dihadapkan dengan orang kafir untuk didakwahi
b. Dihadapkan dengan orang yang yang solih yang tidak ingin di dakwahi
c. Dihadapkan dengan orang solih namun hanya Sebagian yang ingin di dakwahi
d. Dihadapkan dengan orang Islam yang yang ingin didekatkan keislamannya.

43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Berlapang-lapang dan membeerikan kelapangan kepada orang lain agar bisa duduk
2) Orang yang mendapat perintah dari pemimpin majelis tidak harus menaatinya
3) Allah meninggikikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu
4) Memberi motivasi kepada orang-orang beriman untuk menuntut ilmu.

Dari pernyataan di atas yang termasuk adab-adab menghadiri majelis adalah…

a. 4 dan 2
b. 1 dan 4
c. 3 dan 2
d. 1 dan 3

44. Penuntut ilmu membutuhkan motivasi serta perjuangan yang keras untuk mendapatkan ilmu. Dalam kitab Ta’lim Muta’allim dijelaskan bahwa ada enam bekal yang harus dibawa ketika menuntut ilmu, yaitu…

a. Kecerdasan
b. Harta benda
c. Waktu yang lama
d. Kesabaran

45. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Ikhlas melakukan perjalanan jauh untuk menuntut ilmu
2) Tidak malu bertanya kepada orang yang lebih paham
3) Bergaul dengan orang-orang yang tidak berilmu
4) Rela mengeluarkan biaya deemi menuntut ilmu

5) Giat membaca buku-buku ilmu pengetahuan ketika akan ujian saja

Dari pernyataan tersebut yang termasuk cara mengimplementasikan kandungan hadis menuntut ilmu…

a. 1 dan 2
b. 2 dan 5
c. 3 dan 5
d. 2 dan 4

C. Pernyataan Benar Dan Salah

46. Berhenti sejenak selama dua harakat tanpa bernapas, kemudian melanjutkan bacaan adalah merupakan pengertian dari saktah.

Contoh : surah al-Kahf ayat 1-2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا (1 قَيِّمًا لِّيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيْدًا مِّنْ لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا حَسَنًاۙ (2
Benar

47. Memindahkan harakat suatu huruf kepada huruf lainnya ketika dibaca, tetapi dalam tulisan tetap. Maksudnya, memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya dan setelah itu hamzah tidak dibaca adalah merupakan pengertian dari hukum bacaan tashil.
Salah

48. Niat yang baik dalam bermajelis, memberi bantuan orang yang susah dalam memahami ilmu, menjaga majelis ilmu agar tetap kondusif, menyampingkan rasa empati untuk membantu sesama dan tertib ketika mengikuti kajian dalam majelis ilmu adalah meerupakan pengamalan QS. Al-Mujadalah ayat 11.
Salah

49. Surah ‘Abasa ayat 1-10 menjelaskan tentang peringatan Allah Swt. terhadap sikap Nabi Muhammad Saw. yang mengabaikan Abdullah bin Ummi Maktum, orang tunanetra yang benar-benar ingin belajar agama Islam.
Benar

50. orang yang menuntut ilmu mendapat rida dan doa dari para malaikat. Pada hadis disebutkan malaikat meletakkan sayap-sayapnya sebagai pertanda meridai dan mendoakan para penuntut ilmu. Para malaikat merasa senang dengan para penuntut ilmu. Uraian tersebut merupakan isi kandungan hadis Riwayat Ibnu Majah dari Shafwan bin ‘Assal al-Muradi.
Benar

Demikian Contoh Soal PAT Qur'an Hadist Kelas 9 Lengkap dengan Jawabannya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PAT Qur'an Hadist Kelas 9 Lengkap dengan Jawabannya"