CP (Capain Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2024 Sesuai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek

ruslanwahid.blog- Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka

CP (Capain Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2024


Pada tahun 2024, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan Keputusan Nomor 032/H/KR/2024. Keputusan ini menjadi tonggak penting dalam sistem pendidikan di Indonesia karena menetapkan capaian pembelajaran untuk berbagai jenjang pendidikan dalam Kurikulum Merdeka.

Latar Belakang

Kurikulum Merdeka diperkenalkan sebagai upaya untuk memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam proses belajar mengajar. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal dengan menyesuaikan metode pembelajaran yang lebih relevan dan kontekstual. Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, diperlukan standar capaian pembelajaran yang jelas dan terukur.

Isi Keputusan

Keputusan ini mencakup capaian pembelajaran untuk tiga jenjang pendidikan:

  1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD):

    • Aspek Perkembangan: Keputusan ini menetapkan aspek-aspek perkembangan yang harus dicapai oleh anak-anak pada usia dini, meliputi perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
    • Metode Pembelajaran: Menekankan pentingnya metode pembelajaran yang berbasis permainan dan pengalaman langsung, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dasar anak.
  2. Jenjang Pendidikan Dasar:

    • Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar: Menentukan kompetensi inti dan dasar yang harus dicapai oleh siswa di tingkat pendidikan dasar, meliputi kemampuan literasi, numerasi, sains, dan teknologi.
    • Pendekatan Tematik: Mengadopsi pendekatan tematik yang memungkinkan integrasi berbagai mata pelajaran dalam satu tema, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual.
  3. Jenjang Pendidikan Menengah:

    • Peminatan dan Keterampilan Khusus: Menyediakan ruang bagi siswa untuk memilih peminatan sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta mengembangkan keterampilan khusus yang relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.
    • Pembelajaran Berbasis Proyek: Mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah secara inovatif.

Implementasi dan Pemantauan

Keputusan ini juga mengatur tentang mekanisme implementasi dan pemantauan capaian pembelajaran. Setiap satuan pendidikan diharapkan untuk menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar capaian tersebut. Selain itu, dilakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tersebut dapat tercapai dengan baik.

Download CP (Capain Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2024

Untuk detail lebih lanjut mengenai keputusan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek ini, dapat diakses melalui tautan berikut ini. 

Penutup

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 032/H/KR/2024 merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan menetapkan capaian pembelajaran yang jelas dan terukur, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Posting Komentar untuk "CP (Capain Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2024 Sesuai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek"